Sering Terbangun Jam 3 Pagi ? Ini Penyebabnya

Sering Terbangun Jam 3 Pagi ? Ini Penyebabnya

Apakah kalian sering terbangun jam 3 pagi ? Sebagian orang bahkan mungkin sering terbangun beberapa kali dalam semalam, namun jarang yang menyadarinya. Karena, mereka bisa saja tidur lagi dengan cepat. 

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang terbangun jam 3 pagi, mungkin karena siklus yang singkat, stress sampai dengan kondisi medis lain. Jika hal ini terjadi setiap hari, bisa jadi ini merupakan tandaterjadinya insomnia. 

Sering Terbangun Jam 3 dan Sikulus Tidur


sering terbangun jam 3 pagi


Sepanjang malam ketika tidur, setiap manusia akan mengalami yang namanya siklus tidur yang terus berulang. Pada fase ini, wajar jika terbangun beberapa kali dalam satu malam. Tahapan tersebut merupakan :

  • Transisi dari terjaga ke tertidur
  • Light Sleep
  • Deep Sleep
  • Rapid eye movement

Panjang dari tahapan diatas akan berbeda sepanjang malam. Contohnya, deep sleep bisa saja berlangsung lebih lama ketika baru terlelap. Sementara itu, fase rapid eye movement akan semakin intens menjelang pagi hari.

Namun bisa saja, sering terbangun jam 3 pagi itu karena siklus tidur seseorang yang lebih singkat. Jika kebanyakan orang terjaga sampai pukul 5-6 pagi, mereka yang bangun jam 3 pagi mungkin memiliki fase tidur yang sedikit berbeda. 

Penyebab Terbangun jam 3 Pagi

Selain berkaitan dengan siklus tidur, ada juga faktor yang lain, yang mana itu bisa saja membuat seseorang tersebut terbangun ketika jam 3 pagi. Nah berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Stress

Jika kalian sering terbangun jam 3 pagi, bisa jadi karena stress yang memicunya. Terlebih lagi jika kebiasaan tersebut terjadi tiba tiba, padahal kalian sebelumnya tidak pernah sama sekali. Karena ketika kalian berada dalam kondisi ini, tubuh kalian akan mengaktifkan gejala saraf simpatik yang mana akan membuat seseorangterbangun pada tengah malam atau dini hari. 

Disaat yang sama, tekanan darah dan detak jantung kalian akan juga ikut mengingkat, perubahan tersebut akan membuat sulit untuk kembali terlelap. 

Untuk pemicu stress ini bisa saja terkait dengan pekerjaan, hubungan, sekolah, kesehatan, sampai dengan kondisi finansial. Apabila terus menerus terjadi, sebaiknya kalian cari pola terapi yang tepat untuk mengurangi stress tersebut. 

2. Insomnia

Selalu terbangun jam 3 pagi juga merupakan salah satu ciri dari insomnia. Diagnosis dari kondisi ini adalah sulitnya untuk kembali tertidur ketika terbangun di tengah malam setiap harinya. Orang berusia lanjut biasanya lebih rentan dalam mengalami ini. Dengan tingkat terjadinya sebesar 40%.

3. Penuaan

Tubuh yang menua juga berperan dalam siklus tidur loh, penuaan ini akan membuat fase tidur seseorang akan berubah. Belum lagi jika mengkonsumsi obat yang membuat pola tidur terganggu. 

Secara alami, kualitas tidur seseorang ketika sudah menua memang akan menurun. Periode tersebut berada pada fase deep sleep berkurang. Itulah sebab orang yang berusia lanjut lebih rentan terbangun akibat faktor eksternal seperti cahaya atau sinar bising. 

Selain itu, waktu tidur yang sudah terjaga bisa saja berubah seiring dengan penuaan. Semua itu bisa saja bergeser lebih awal, sehingga, mungkin saja terbangun jam 3 pagi, yang mana biasanya baru terbangun jam 6 pagi.

4. Konsumsi obat

Jenis obat seperti antidepresan, beta blockers, kartikosteroid dan obat peredam demam yang di jual dipasaran bisa saja berpengaruh terhadap tidur juga loh. Tidak menutup kemungkinan jika seseorang yang mengkonsumsinya bisa terbangun jam 3 pagi. 

Apabila hal ini terjadi setelah rutin mengkonsumsi obat, segera diskusikan dengan dokter untuk mencari alternatifnya. Selainitu, perubahan gaya hidup juga bisa berdampak positif pada kualitas tidur.

Namun ada beberapa gaya hidup atau kebiasaan yang mungkin saja bisa menjadi pemicu terbangun saat dini hari:

  • Makan sebelum tidur
  • Tidur di tempat yang kurang kondusif
  • Melihat komputer atau HP ketika menejalang tidur. 
  • Merokok
  • Mengkonsumsi kopi atau alkohol menjelang tidur
  • Tidur siang yang terlalu lama
  • Kurang bergerak

Dengan mengubah beberapa kebiasaan diatas bisa berdampak terhadap kualitas hidup.


5. Kondisi medis lain

Beberapa yang berpotensi dalam hal ini adalah :

  • Sleep apnea
  • GERD
  • Arthritis
  • Restless leg syndrome
  • Depresi
  • Neuopati
  • Pembesaran prostat

Jika hal ini terjadi, penanganan terhadap kondisi medis akan membantu meredakan gejala terbangun di tengah malam. Diskusikan dengan dokter untuk mengetahuinya.

Sebenarnya tidak ada obat atau ramuan kusus agar bisa terlelap dan tidur nyenyak tidur sepanjang malam. Perlu diinga, obat tidur tanpa resep, bukan merupakan solusi untuk masalah sering nya terbangun jam 3 pagi. 

Ada beberapa strategi yang mungkin efektif bagi kalian. Selain itu pastikan tidak ada cahaya ketika tidur yang mana itu bisa mengganggu istirahat kalian. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.