Banyak yang belum tahu | Berikut Cara Atasi Insomnia atau Susah Tidur

Banyak yang belum tahu | Berikut Cara Atasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia atau susah tidur dapat menyerang siapa saja. Mulai dari insomnia sampai insomnia berat yang bisa membuat kamu nggak tidur selama berhari hari. Walaupun kamu merasa tidak ngantuk dan aktivitas yang kamu lakukan tidak terlalu terganggu dengan kurangnya tidur mu. Namun jika semua itu dibiarkan, insomnia ini akan bisa membahayakan kesetahan kamu. Penyakit serius dan berbahaya sudah menunggumu apabila jam tidurmu masih berantakan. 

Dengan kondisi sulit tifur ini memang bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat tidur. Tetapi apakah akan seperti itu seterusnya ? kan bakal merusak kesehatan kita. Nah sebelum insomnia mu semakin berbahaya, yuk simak cara mengatasi insomnia dengan cara yang alami berikut ini.

Cara Atasi Insomnia atau Susah Tidur


Cara Atasi Insomnia atau Susah Tidur


1. Coba tidur dengan lampu mati ( gelap )

Ketika kamu mengalami susah tidur, sudah berbaring namun cuma guling guling saja dikasur, coba matikan lampu kamar mu. Jika kamarmu terasa panas dan tidak nyaman, pakailah pendingin ruangan. Dengan suasana seperti itu rasa kantuk akan segera datang. 

Hindari TV dan main HP sebelum tidur. Jauhkan benda benda elektronik itu dari jangkauanmu. Sebagai gantinya, kamu bisa mendengarkan suara dari kipas angin atau detak jam. Suara yang konstan seperti itu akan menjadi irama pengantar tidur yang bagus untukmu. 

2. Jangan selalu memandangi jam

Yang paling menakutkan adalah saat esok kamu harus bangun pagi dan samai tengah malam kamu juga belum terlelap. Kamu akan menjadi terus menerus melirik jam dan semakin panik saat waktu semakin berjalan sedangkan rasa kantukmu belum juga datang. Memaksa memejamkan mara juga percuma, karena kamu harus berhenti mengawasi pergerakan jam. Waktu yang terus berjalan justri membuat kamu panik dan gelisah. dan rasa gelisah tersebut justru akan membuat kamu susah tidur.

3. Lakukan olah raga secara teratur

Ketika sirkulasi darah tidak lancar, banyak masalah kesehatan yang akan terjadi. Susah tidur merupakan salah satunya. Biasakan untuk olahraga secara teratur. Kamu bisa joging atau push up dan sit up secara teratur. Kamu juga bisa membuat jadwal main futsal dengan teman teman minimal seminggu sekali. Dengan jadwal olah raga yang teratur, tubuh kamu akan menjadi sehat dan sekaligus untuk mengatasi insomnia kamu. So, coba deh untuk menyisihkan waktu kamu untuk olah raga, ini akan membuat perubahan pada pola tidur kamu. 

4. Kurangi hobi begadang

Insomnia ini juga bisa saja terjadi karena kebiasaan kamu begadang. Mungkin awalnya kamu harus melembur suatu pekerjaan hingga dini hari. Pukul 3 pagi, kamu baru berangkat untuk tidur, dan bangun dua atau tiga jam setelahnya. Jika hal seperti ini terus menerus kamu lakukan, lama kelamaan mekanisme tubuhmu akan mengikuti pola kamu juga. dan hingga akhirnya saat kamu nggak lembur, kamu akan mengalami susah tidur pada jam 9 malam. Itu karena tubuh kamu sudah terbiasa terjaga sampai pukul 3 pagi. Karena itu, mulai dari sekarang, pola tidurmu yang berantakan harus segera diperbaiki. 

Biasakan diri untuk tidur di waktu yang tepat. Nanti lama kelamaan jam tidur kamu akan teratur. 

5. Mandi air hangat sebelum tidur

Setelah seharian bekerja, pasti kamu merasa penat. Tubuh kamu bakal pegal pegal dan merasa lelah karena otot pada tubuh kamu tegang. Dengan mandi air hangat sebelum tidur, ini bisa membuat otomu yang tegang akan menjadi mengundur dan memperlancar sirkulasi darah. Dengan bantuan air hangat ini juga bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dan nyaman. Kantukmu akan cepat datang dan tidur mu akan lebih nyenyak.

6. Minum secangkir cokelat atau susu sebelum tidur

Apabila kamu mengalami insomnia, hindari minum minuman yang bersifat stimulant seperti kopi atau soda. Karena kafein pada kopi akan membuat kamu semkin melek dan tidak tidur. Ganti kopi dengan coklat atau susu untuk mendatangkan kantukmu. Selain itu, susu juga mengandung banyak kalsium, triptofan dan asam amino, sedangkan cokelat mengandung zat yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonim dalam otak kita. Keduanya dapt memberikan efek menenangkan yang bisa membuat kamu cepat tidur. 

7. Konsumsi pisang dan madu

Jika kamu bosa dengan coklat dan susu, kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi pisang dan madu seleum tidur. Kandungan glukosa dalam madu bisa menekan kadar orexin dalam tubuh kita, yaitu hormin yang berkaitan dengan kewaspadaan. Madu juga dapat meningkatkan kadar triptofan yang bisa menimbulkan rasa ngantuk. Dengan menambahkan madu pada secangkir teh camomile sebelum tidur, ini akan membuat tubuhmu rileks dan mengantuk. 

Sementara itu pisang juga memiliki kandungan magnesium, kalium dan potassium yang tinggi. Pisang bisa mengendurkan otot-otot yang tegang dan menciptakan rasa tenang. Pisang juga bisa memicu peningkatan hormon melatonim, yang merupakan hormon pengatur jam tidur. 

8. Baca buku yang membosankan

Membaca buku yang membosankan atau buku yang kurang kamu sukai merupakan solusi cerdas untuk membuat kamu ketiduran. Sebenarnya membaca buku untuk bisa tidur nggak disarankan ya. karena sebaiknya kita tidur dengan pikiran yang tenang dan rileks, bukan dengan pikiran yang lelah karena membaca buku. Tapi perlahan kamu akan memiliki pola tidur yang konstan. Hingga pada akhirnya kamu akan terbiasa tidur cepat tanpa membaca buku yang membosankan lagi. Tapi pastikan buku yang kamu baca itu membosankan ya. Jika buku yang kamu baca itu menarik, yang ada kamu malah keasikan dan tidak tidur-tidur. 

Apabila Cara Atasi Insomnia atau Susah Tidur diatas tidak bisa membuat kamu mengatasi insomnia kamu. Mungkin sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter. Jangan biarkan terlalu lama, karena dalam jangka panjang, insomnia ini bisa membahayakan untuk kesehatan. Dan jika insomnia kamu berhubungan dengan kebiasaan, mulai sekarang jangan begitu lagi. Coba untuk atur waktu kamu dengan bijak, agar insomnia kamu nggak menyerang lagi. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.