Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Ketika Bangun Tidur

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Ketika Bangun Tidur

Kamu pernah mengalami sakit perut ketika banun tidur  ? Memang sakit perut ini sangat mengganggu ketika akan melakukan aktivitas pagi, ternayata hal ini dapat disebabkan karena terlalu banyak makan dengan menu yang tidak sehat sebelum tidur malam. 


Bahakan nyeri yang timbul di daerah perut bagian bawah ini bisa menjadi sindrom iritasi usus besar loh, kata Steven Feisher, MD kepala gastroenterologi dan direktur endoskopi intervensi di pusat penyakit pencernaan di Medstar fanklin square medical pusat di baltimore,MD

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Ketika Bangun Tidur


Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Ketika Bangun Tidur

Bangun dengan sakit perut dipagi hari mungkin merupakan sistem pencernaan kamu yang mencoba untuk memulai setelah tidur malam, dikutip dari portaljember, berikut cara mengatasi sakit perut ketika bangun tidur.

1. Hindari minum pagi 

Jika refluks asam menyebabkan beberapa masalah perut seperti sakit perut dipagi hari, pertimbangkan untuk mengurangi atau lebih baik berhenti meminum kopi di pagi hari setelah bangun tidur. 


Karena kafein adalah minuman keras ganda pada orang dengan masalah pencernaan, kata Dr. Fleisher. 


Hal ini dapat mengendurkan tekanan pada katup anatara kerongkongan dan perut, sehingga lebih mudah bagi asam lambung untuk meningkat.

2. Buatlah sarapan

Mengkonsumsi sesuatu diperut kamu dapat membantu dalam meringankan masalah perut, kata Jonathan cochenm MD professor klinis kedokteran di NYU langune school of medicine dan mitra di concorde medical group di ney york city.


Hindari sarapan dengan sandwich telur berminyak, sarapanlah dengan yang mudah dicerna. 


Ketika kamu merasakan sakit perut di pagi hari, cobalah untuk makan makanan yang tidak memicu rasa sakit yang lebih, contohnya makanan seperti nasi, kentang, haver(oat), karena ini bisa membantu meredakan rasa sakit pada perut. Dan makanan berpati tidak akan dicerna dalam waktu yang lama di lambung. Selain itu, makanan berpati juga tidak memicu pengeluaran asam lambung yang berpotensi membuat sakit perut yang di alami semakain memburuk.

3. Kompress dengan air hangat

dengan mengkompress ini bisa membantu meredakan sakit perut kata Dr. Fleisher

4. Gunakan pengoabatan rumahan

Minyak papermint, jahe, dan kunyit dapat meredakan nyeri jika kamu mengalami perut kembung.


Obat tersebut bisa membantu perut kosong dan membantu penyerapan makanan kata Dr.Cochen

5. Cobalah komsumsi pisang

Pisang telah bertahun tahun dikonsumsi untuk meredakan rasa sakit perut, kandungan potasium pada pisang ini bisa membantu mengatasi dehidrasi dan meredakan iritasi pada lambung, Pisang juga memiliki kandungan gula lami yang bisa mengurangi rasa lapar yang disebabkan oleh perut sakit dipagi hari. 


Tips jika Sakit Perut Ketika Bangun Tidur


Untuk mencegah sakit perut, makanlah lima-enam kali sehari daripada kamu harus makan dalam porsi yang banyak. Hindari makanan berlemak dan pedas, serta obat oabatan seperti aspirin yang bisa membuat gejala sakit perut semakain memburuk


JIka kamu mengalami sakit perut setelah memakan produk yang mengandung susu, kemungkinan kamu menderita intoleransi laktosa. 


Jika sakit perut yang kamu alami disertai dengan pendarahan saat buang air besar, diare berkelanjutan dan mntah-muntah, rasa sakit yang hebat, demam atau penurunan berat badan, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan


Sakit perut yang dialami di pagi hari, dapat disebabkan oleh inveksi bakteri H. Pylori. Bakteri ini daot menyebabkan luka pada lambung. Pengobatannya dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik.


Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.