Full Review Harga Dan Spesifikasi Vivo NEX

Full Review Harga Dan Spesifikasi Vivo NEX

Setelah banyak dinanti, Vivo akhirnya resmi meluncurkan smartphone barunya yang dinamai Vivo NEX pada acara peluncuran di China. Vivo NEX adalah versi produksi smartphone Vivo Apex yang dipamerkan perusahaan di acara Mobile World Congress yang digelar awal tahun ini.

Full Review Harga Dan Spesifikasi Vivo NEX

Seperti yang rumorkan sebelumnya, perangkat ini hadir dalam tiga varian yang terdiri dari Vivo NEX, NEX A, dan NEX S. Perbedaan dari ketiga varian ini adalah dari prosesor yang digunakan, dimana Vivo NEX S yang dicap sebagai model tertinggi di dukung oleh chip dari Qualcomm yaitu Snapdragon 845. Sementara Vivo NEX standar mengandalkan Snapdragon 701 yang baru-baru ini Qualcomm perkenalkan.

Spesifikasi Vivo NEX

Smartphone Vivo NEX datang dengan layar layar AMOLED Ultra FullView 6.59 inci dengan resolusi 1080 x 2316 Full HD + dan aspek rasio 19,3:9. Vivo telah berhasil mencapai rasio layar-ke-tubuh sebesar 91,24% untuk perangkat barunya ini, sehingga hampir tidak ada bezel di bagian atas dan sisi panel layar.

Vivo NEX datang dengan layar layar 6.59 inci


Perangkat ini dilengkapi oleh teknologi pemindaian sidik jari di layar generasi ketiga yang yang diklaim perusahaan memiliki akurasi 50% lebih tinggi dan 10% lebih cepat.

Dalam hal kamera, Smartphone NEX memiliki pengaturan dual-kamera terdiri dari kamera utama 12MP yang didukung oleh sensor primer Sony IMX363 dengan ukuran piksel 1,4 micrometer dan aperture f / 1.8. Sedangkan untuk kamera sekunder, ada sensor 5 megapiksel dengan aperture f /2.4.

Di bagian depan, telah disematkan kamera sebesar 8MP dengan aperture f / 2.0 dan fitur Face Beauty bertenaga AI. Yang menarik, Karena bezel sempit yang mengelilingi layar, Vivo harus mengeluarkan solusi unik untuk kamera depan, dimana ia menggunakan kamera pop-up yang secara otomatis akan muncul ketika digunakan.

kamera pop-up yang di Vivo NEX


Perusahaan mengatakan bahwa ia menggunakan motor mikro stepping dengan IC penggerak independen dan algoritma kontrol presisi untuk mengontrol proses ini dengan tepat. Selain itu, ini juga nantinya akan membuat suara ketika akan digunakan untuk memberi tahu pengguna.

Beralih ke performa, Seperti yang kami katakan, varian tertinggi untuk model perangkat ini yaitu Vivo NEX S didukung oleh Snapdragon 845 dengan GPU Adreno 630 bersama 8GB RAM dan 256GB penyimpanan internal seperti yang kami informasikan sebelumnya.

Untuk varian menegah yang disebut Vivo NEX, memiliki spesifikasi yang sama dengan varian tertinggi, namun ia tiba dengan penyimpanan internal yang lebih kecil yaitu 128GB. Sedangkan untuk varian termurah, yaitu Vivo NEX A, didukung oleh Snapdragon 710 yang memiliki clock 2,2 GHz dengan RAM 6GB dan 128GB built-in storage.

Berbicara konektivitas, ketiga model ini sama-sama mendukung Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac dual-band, Bluetooth 5.0 Low Energy, GPS dengan A-GPS, GLONASS, NFC, 4G VoLTE, USB Type-C, dan baterai 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 22,5W. Meskipun mengemas baterai yang begitu besar, NEX sangat tipis dimana ia hanya memiliki ketebalan 6,59 mm.

Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan asisten suara milik perusahaan yang disebut “Jovi”, asisten suara ini akan bekerja pada teknologi kecerdasan buatan yang akan membantu pengguna untuk beberapa fungsi seperti membaca peta pintar, ensiklopedi, belanja, terjemahan, pemindaian, dan yang lainnya.

Dalam keterangannya, Vivo mengatakan bahwa Jovi akan terus belajar berdasarkan pemahaman tindakan pengguna. Ada tombol khusus di sisi kamera yang bisa digunakan pengguna untuk memicu asisten suara AI Jovi.

Smartphone Vivo NEX berjalan di sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan UX kustom Energi UI yang baru dirancang perusahaan. Selain itu, perangkat ini juga mendukung pengoptimalan engine level, tata letak antena teknologi HPUE, dan sistem pendinginan sensor zero.

Ponsel ini juga memiliki Vivo Game Engine yang dibuat dalam kemitraan dengan Tencent Games. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain imersif berdasarkan pada perangkat lunak dan pengoptimalan perangkat keras dan juga dioptimalkan untuk menjalankan game yang dibuat menggunakan Unreal Engine.

Lebih lanjut, Vivo NEX juga dilengkapi audio 3D 7.1-channel, berkat kemitraan dtsX. Ini juga memiliki Vivo Hi-Fi V1 Sistem Dalam Paket teknologi untuk suara berkualitas hi-fi melalui earphone.

Vivo NEX: Harga dan Ketersediaan

Vivo menjual smartphone barunya ini di China dengan harga mulai 3.898 yuan (sekitar Rp.8,4 juta) untuk varian termurah yaitu Vivo NEX A dengan Snapdragon 710. Untuk varian menengah yang disebut Vivo NEX, ia dibanderol 4.498 Yuan (sekitar Rp.9,7 juta).

Sedangkan yang termahal, Vivo NEX S yang didukung oleh chip Snapdragon 845, dijual dengan harga 4.998 Yuan atau sekitar Rp. 10,8 jutaan. Ketiga varian tersebut akan hadir dalam dua pilihan warna yaitu Diamond Black dan Ruby Red.

Vivo tidak mengatakan apa pun tentang ketersediaannya di pasar global, karena pada saat acara peluncuran, mereka hanya mengatakan bahwa itu akan tersedia di China. Tapi tentunya semua rencana akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.