Gigimu Bermasalah? Berikut 5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Gigimu Bermasalah? Berikut 5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Umuminfo - Kita tahu menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting. Selain rajin menyikat gigi, ada beberapa makanan yang diklaim ampuh dalam menjaga kesehatan gigi. Karena dengan gigi yang sehat, kamu tidak akan takut lagi dengan namanya nggilu ketika mengkonsumsi makanan seperti es krim dan coklat. Selain itu, gigi juga berpengaruh dalam menjaga penampilan, senyuman yang memukau akan muncul dari gigi yang sehat dan terjaga

5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak yang mengabaikan kesehatan gigi, organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat jika penyakit gigi dan mulut berupa karies gigi memengaruhi separuh dari populasi dunia. Selain itu, menurut situs cnn indonesia, penyakit periodontitis atau inveksi gusi serius yang dapat mengakibatkan kehilangan gigi yang diperkirakan menjadi penyakit ke 11 terbanyak di dunia. 

Fakta mengenai masalah kesehatan gigi juga dicatat oleh World Dental Federation ( FDI ), tercatat sebayak 60-90 persen anak usia sekolah dan hampir 100 persen orang dewasa mengalami kerusakan gigi yang sering menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Selain menyikat gigi 2 kali sehari , gunakan juga obat kumur untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa setelah disikat. 

baca juga : Tips hidup aman di era new normal

Selain menyikat gigi, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang diklaim dapat menyehatkan gigi, berikut dirangkum dari mendical daily, makan terbaik untuk menjaga kesehatan gigi.

 5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

1. Apel

Mengkonsumsi apel sehari disebut dapat menjauhkan kamu dari urusan dengan dokter gigi. Karena buah buahan segar seperti apel berperan sebagai sikat gigi alami yang membantuk membersihkan gigi dari plak dan karang gigi.

2. Jeruk

Jeruk dan semua jenis buah buahan yang mengandung vitamin C seperti lemon dan nanas dapat melindungi gusi dari kerusakan. Karena vitamin C berperan penting dalam kesehatan gusi, selain itu vitamin C juga membantu dalam membangun kekebalan tubuh dengan cara memerangi segala infeksi, termasuk juga pada gusi

baca juga : banyak yang salah | begini cara mencuci tangan yang benar

3. Stroberi

Untuk mendapatkan gigi yang putih alami, kamu bisa menggosokan stroberi pada gigi kamu, karena stroberi memiliki kandungan asam malat yang didalamnya merupakan enim pemutih

4. Pisang

Pisang juga menjadi buah yang kaya nutrisi seperti kalium, magnesium, dan mangan. dengan begitu, konsumsi pisang dapat menjaga kesehatan gigi kamu. Selain itu, kulit pisang juga diketahui dapat membantu dalam membuat gigi lebih putih dan dapat menangani gigi sensitif. Gosokan kulit pisang pada gigi setiap hari selama dua pekan untuk mendapatkan gigi putih bersinar. 

5. Ubi jalar

Ubi jalar juga menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan gigi, ubi jalar disebut dapat melindungi enamel gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.