Tips Menjalani Kehidupan Aman di Era New Normal

Tips Menjalani Kehidupan Aman di Era New Normal

UmumInfo - Sampai saat ini Pandemi COVID-19 belum bisa dikatakan menghilang atau belum tentu juga kapan berakhirnya. Namun , kehidupan ini harus tetap berjalan, kita tidak bisa selamanya mengisolasi diri, karena pada dasarnya, kita sebagai manusia tetaplah harus makan, dan makan ini juga memerlukan uang. 

Karena jika manusia selamanya mengisolasi diri, mungkin ekonomi akan runtuh, industri akan tersendat, dan masyarakat akan kehilangan penghasilan mereka, pengangguran meningkat dan ditakutkan akan terjadi kekacauan di mana mana.

Untuk itu, masyarakat harus mulai untuk membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan virus corona penyebab covid-19 dan tetap harus mengikuti protokol kesehatan agar tidak terjangkit, dan kita selalu sehat. Inilah yang disebut dengan kehidupan dengan pola kenormalan, atau the new nromal life.

Tips Menjalani Kehidupan Aman di Era New Normal

New normal life ini secara sederhana hanya melanjutkan kebiasaan selama menisolasi diri kemarin lalu diaplikasikan ke kehidupan yang lebih luas. Mulai dari interaksi secara online, pemabayaran secara digital, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Berikut ini sejumlah Tips yang di sampaikan Europol, badan khusus kriminalitas uni Eropa yang dirangkum dari situs kompas, untuk menjalani kehidupan yang aman di masa penerapan the new normal life atau pola normal baru.

Europol membaginya menjadi 4 segmen keamanan, apa saja itu ? yuk simak tips menjalani hidup aman di era new normal ini.

Tips Menjalani Kehidupan Aman di Era New Normal

1. Rumah

Diera new normal ini masyarakat harus sudah bisa memulai kembali untuk beraktifitas di luar rumah seperti biasa. Disisi lain, potensi kejahatan pun akan terus meningkat, karena mencari yang menjadi semakin sulit di era ini. 


Maka dari itu, ketika kita hendak meninggalkan rumah, ingat untuk selalu mengunci pintu dan mengecek semua jendela, untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal. Selain itu kita harus berhati hati dalam membagikan lokasi rumah kita, karena kejahatan bisa terjadi dengan cara memanfaatkan informasi tersebut.

Dan satu lagi, jauhkan benda benda berharga dari pandangan orang lain. Baik itu yang berada di rumah atau yang berada di dalam diri anda. 

2. Data

Dalam keseharian diera new normal ini nantinya masyarakat bakal akan lebih berkomunikasi dengan menggunakan piranti online/ Untuk itu berhati - hati terhadap segala bentuk kejahatan didunia maya. Jika melakukan video call, pilih penyedia yang jelas keamananya. Backup semua data anda, dan biarkan software selalu untuk memperbarui.

Lalu gunakan kata kunci yang kuat untuk semua akun anda, baik akun bank atau akun sosial media. dan juga kita harus berhati-hati dalam menerima informasi dan menyebarkan informasi. Pastikan informasi yang kita terima itu bukanlah berita hoax.

3. Anak

Diera new nromal ini jangan biarkan anak anda sendirian dalam melalui kondisi seperti ini. kita sebagai orang dewasa harus mendampinginya, beri merka pengetahuan mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak perlu. 

Lalu buatkan peraturan pada mereka untuk selalu menggunakan gawai diarea umum dan bukan privat seperti kamar. Tujuannya adalah agar kegiatan mereka bisa selalu diawasi

4. Keuangan

Untuk yang terakhir adalah keuangan, Dijaman yang rentan ini, ada baiknya berbagai macam transaksi keuangan dilakukan dengan cara digital dengan menggunakan kartu kredit. Proses transaksi yang dilakukan secara offline memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bertemu dan berinteraksi dengan mereka, serta uang mereka, dan yang dikawatirkan bisa sebagai media untuk tempat virus berada. 

Namun jika kita melakukan transaksi melalui digital jangan lupa untuk menggunakan koneksi yang aman, agar kita terhindar dari aksi kriminal. dan jangan melakukan transaksi dengan orang yang tidak diketahui dengan jelas.


Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.