Jangan Salah ! Begini Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Cegah Virus Corona

Jangan Salah ! Begini Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Cegah Virus Corona

Umuminfo - Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang selalu digunakan sejak lama dalam menjaga kesehatan dan kebersihan diri kita adalah dengan mencuci tangan. Perilaku inilah yang seharusnya selalu kita praktekan dalam kehidupan kita. 

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Cegah Virus Corona


WHO sendiri menyarankan untuk langkah dasar dalam pelindungan diri terhadap virus corona yaitu dengan menggunakan masker, dan mencuci tangan sesering mungkin, karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dapat membunuh virus yang menempel pada tangan kita.  Karena tangan merupakan media yang sangat ampuh dalam berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk memegang benda benda yang seringkali tidak ketahui dengan pasti kebersihanya. Seperti memegang handle pintu atau memegang kendaraan. Kita tidak tahu apakah itu ada bakteri atau virus yang menempel disana. Lalu kemudian setelah memegang itu kita mengusap muka, jelas itu sudah menjadi proses perpindahan virus atau bakteri. 


Mencuci tangan sangat diutamakan pada waktu waktu penting, seperti sebelum makan, sebelum menyiapkan susu bayi dan setelah beraktivitas. Cuci tangan merupakan langkah yang aling mudah dan aman dalam melindungi diri dari virus corona covid-19, tapi tidak banyak yang tahu bagaimana sih cara mencuci tangan yang benar. Karena mencuciz tangan perlu memenuhi cara yang benar agar kita yakin bawa seluruh permukaan tangan kita sudah bersih. Berikut cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Cegah Virus Corona

cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar untuk Cegah Virus Corona

1. Basahi tangan dengan air mengalir, gosok sabun pada telapak tangan, lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
2. Usap dan gosok juga kdua punggung tangan secara bergantian
3. Gosok sela - sela jari tangan hingga bersih
4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
5. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian
6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudia gosok perlahan. Lalu bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan. 

Berikut waktu yang penting untuk selalu mencuci tangan pakai sabun

1. Sebelum makan 
2. Setalah BAB
3. Sebelum menjamah makanan 
4. Sebelum menyusui
5. Setelah beraktivitas

Nah bagi kalian yang pernah berkunjung ke tempat atau negara dengan virus corona covid-19, sebaiknya anda melakukan langkah berikut ini :

1. Tetap dirumah jika anda mulai merasa tidak sehat, bahkan gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler

Menghindari kontak dengan orang lain dan mengunjungi fasilitas medis akan memungkinkan fasilitas ini beroperasi lebih efektif dan membantu melindungi anda dari orang lain dari kemungkinan covid-19 atau virus lainnya.

2. Jika kalian mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas segaera kunjungi fasilitas medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius laiinya. Hubungi fasilitas medis sebelumnya dan beritahu apabila anda telah melakukan perjalanan ke daerah atau negara lain dan kontak terbaru anda dengan pelancong.

Karena dengan menelepon terlebih dahulu, ini akan membantu petugas medis menyiapkan layanan yang terbak untuk anda, dan juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran covid-19 dan virus lainnya. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.