Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tidak Terbuang

Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tidak Terbuang

Umuminfo - Bagaimana sih mengolah ikan agar nutrisi pada ikan tetap terjaga, karena ikan merupakan salah satu sumber makanan yang menyehatkan, kan tidak lucu juga apabila kita salah dalam memasak ikan, salah salah malah nutrisi pada ikan terbuang. 

Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tidak Terbuang


Dengan mengkonsumsi olahan ikan kita akan mendapatkan sejumlah manfaat bagi tubuh kita, salah satunya yaitu dapat mengurangi resiko stroke jantung, hingga depresi. Bahkan menurut asosiasi jantung amerika serikat, sampai menyarankan untuk mengkonsumsi dua porsi ikan setiap minggu, agar kiat mendapatkan manfaat dari makanan laut ini. 

Namun itu semua menjadi sia sia apabila kita tidak tepat dalam mengolah ikan. karena salah dalam mengolah kita bisa membuang manfaat nutrisi dan gizi yang terkandung didalam ikan. Lalu bagaimana sih mengolah ikan yang tepat agar kandungan nutrisi dan gizi nya bisa terjaga dan bisa diserap dalam tubuh kita ? berikut adalah rangkuman dari situs kompas tentang bagaimana mengolah ikan secara menyehatkan yang dapat kita praktekan dirumah secara mandiri. 

1. Dikukus

mengolah ikan dengan cara dikukus adalah cara yang paling efisien dalam mengolah ikan agar dapat menjaga kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan. Nah dalam mengukus ikan pun ada beberapa tipsnya. yaitu, kukus olahan ikan menggunakan api kecil selama kurang lebih 15-20 menit, ini agar menjaga kandungan gizi dalam ikan. 

Sebaiknya proses ini jangan terlalu lama, agar tidak terjadi yang namanya oksidasi kolesterol pada asam lemak omega-3 yang dipanaskan dan justru dapat membahayakan bagi kesehatan kita. 

2. Dipanggang

Kedua adalah mengolah ikan dengan cara dipanggang, untuk menjaga kandungan gizi dalam ikan, panggang olahan ikan menggunakan alumunium foil. Pangganglag ikan dengan waktu secukupnya, jangan terlalu lama untuk menghindari timbulnya senyawa berbahaya, karena senyawa seperti amina heterosiklik(HAs) dan hidrokarbon aromatik polisiklik(PAH) dapat muncul karena proses pemanggangan makanan yang terlalu lama. 

3. Ditumis

Mengolah masakan ikan dapar juga dengan cara ditumis, olahan ikan yang ditumis menggunakan sedikit minyak dan dicampuri dengan sanyuran bisa menjadi salah satu metode pengolahan ikan yang baik bagi kesehatan kita

Agar kandungan gizi pada ikan tetap terjaga, tumis ikan dengan menggunakan api sedang, dan ingat jangan terlalu lama. 

4. Disup

Selanjutnya kita dapat mengolah ikan dengan cara dibuat sup untuk menjaga nutrisinya tidak terbuang, dan kita bisa mendapat kandungan gizi yang optimal. 

Masakan ikan dengan disup akan semakin bergizi jika ditambahkan dengan sayuran lain seperti wortel dan biji-bijian. 

5. Direbus

Selain itu kita juga bisa memperoleh khasiat ikan secara optmal dengan cara mengolahnya dengan melalui proses perebusan, Sebagian besar ikan umumnya hanya perlu direbus selama kurang lebih 10 menit untuk bisa dinikmati. 

Manfaat mengolah ikan

Cara mgnolah ikan diatas idealnya mampu mempertahankan kandungan gizi ikan agar tidak hilang dalam proses pemasakannya. Metode diatas penting dilakukan karena ikan merupakan sumber makanan yang kaya dengan berbagai nutrisi, seperti protein berkualitas tinggi, yodium, vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Nah kandungan gizi yang ada ikan dapat memberikan dampak positif bagi tubuh kita, antara lain :

1 Dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler

mengkonsumsi ikan satu kali dalam seminggu disebut dapat mengurangi resiko penyakit kardiovasikuler. seperti jantung dan stroke. 

Beberapa penilitan mengungkapkan kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan tubuh kita seperti aliran darah yang tersumbat dan juga bisa meniumbulkan resiko stroke dan jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 pada olahan ikan dapat ditemukan pada ikan salmon,trout,sarden,tuna dan makarel

2. Menjaga kesehatan otak dan mata

ikan juga dipercaya dapat menjaga kesehatan otak, sejumlah penelitian mengungkapkan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan bermanfaat untuk menjaga perkembangan dan kesehatan otak.

Mengkonsumsi masakan ikan secara rutin setidaknya sekali dalam seminggu juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit degenaratif misalnya Alzheimer. dan juga bisa menurunkan resiko gangguan penglihatan.

3. Mencegah diabetes dan asma

Kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D pada olahan ikan ini dianggap bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes tipe 1 pada anak dan diabetes autoimun pada orang dewasa. Kandungan vitamin D pada ikan berlemak seperti salmon ini juga berperan dalam membantu meningkatkan kualitas tidur.


Selain itu berdasarkan penelitian, mengkonsumsi ikan secara rutin juga dapat menurunkan resiko anak terkena hingga 24%, namun manfaat yang sama tidak ditemukan pada orang dewasa.

Berdasarkan manfaa diatas, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mengkonsumsi masakan ikan secara rutin. Namun perlu diingat, proses pengolahan ikan ini harus dilakukan dengan benar agar tidak ada nutrisi yang terbuang. 



Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.