Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Wifi Rumah

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Wifi Rumah

umuminfo - WiFi adalah perkembangan terpenting dalam evolusi internet. Koneksi internet nirkabel dengan menggunakan Wifi dengan koneksi yang cepat tentu sangat membantu kegiatan sehari - hari.  

Apabila koneksi WiFi tiba tiba menjadi lambat dirumah ataupun dikantor, hal ini juga akan membuat kita frustasi, dan tentunya juga akan mengganggu kegiatan atau bahkan pekerjaan kita. Berikut adalah 6 cara meningkatkan kecepatan wifi dirumah anda. 

6 tips meningkatkan kecepatan wifi dirumah anda

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Wifi Rumah

1. Tempatkan router di lokasi yang tepat

Router memang terlihat cantik jika dapat di taruh di dalam ruangan, tapi jangan sekali kali menempatkan router di tempat yang tersembunyi, Agar kecepatan WiFi lebih maksimal, tempatkan router di bagian ruang tengah rumah anda, ini agar router mendapatkan sinyal yang dapat menjangkau seluruh ruangan dirumah anda.  dan sedikit tips, jangan menaruh router di area yang berdekatan dengan perangkat elektronik, karena ini akan mengganggu sinyal WiFi.


Jika kamu menginnginkan sinyal yang baik, tempatkan router di tempat yang terbuka, tidak terhalang tembok, arahkan antena secara tegak lurus ( apabila bisa ), dan jauhkan juga dari perangkat wireless lain di rumah anda. karena sinya Wifi bisa juga bisa terpengaruh dengan perangkat wireless lain seperti speaker bluetooth. jadi sebisa mungkin jauhkan router dari gangguan lain. 

2. Ganti Chanel dengan lalu lintas yang tidak terlalu ramai

Jika kamu memilki tetangga, router dan acces points mereka bisa saja mengganggu milik kamu, dan akan membuat sinyal wifi menjadi lambat. Router dapat beroperasi pada sejumlah chanel atau saluran yang berbeda beda, maka anda bisa merubah chanel wifi anda. Gunakan alat seperti Analyzer Lite, Wifi Analizer atau melalui PC anda. Caranya dengan masuk ke  CMD lalu ketik "nets wlan show all ", nanti akan menampilkan daftar yang berisi jaringan wireless dan chanel yang di gunakan di ekitar rumah kamu, 

dengan seperti ini kamu dapat melihat apakah jaringan kamu down karena terlalu banyak lalu lintas pada chanel yang anda pilih. dan segeralah ganti chanel ke manual jika router anda memiliki kendala seperti ini. 

3. Ganti Router

Jika kamu menggunakan roter lama, misalkan dengan jenis standar 802.11n atau 802.11g, router tsb memiliki batas bandwidth yang cukup rendah, maka cobalah ganti ke router yang berstandar 802.11ac, karena ini dapat mendukung bandwidth hingga 1Gpbs


Membeli router baru mungkin akan membingungkan, mengingat semua klasifikasi nirkabel, harga dan fitur apa yang berbeda. berikut beberapa gambaran dasarnya :

jika kamu membeli router baru, kamu akan mendapatkan pembaruan firmware yang terbaru juga, ini dappat membantu mencegah dari eksploitasu dan maslah lainnya. Router 802.11ac mungkin tidak memberikan range yang lebih jika dibandingkan dengan router 802.11n, namun perngkat 802.11ac akan memberikan kinerja yang lebih baik. 

4. Buat antena DIY

Ada beberapa trik dalam membuat antena DIY yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kecepatan wifi di rumah kamu. salah satunya dengan membuat antena dari kaleng minuman.

caranya yaitu dengan ambil kaleng minuman lalu potong bagian atas dan bawah kaleng, lalu potong kaleng di tengah sehingga menjadi lembaran metal. Taruh potongan kaleng itu di belakang antena eouter dengan bentuk seperti parabola seperti gambar diatas, dan biarkan bagian depannya terbuka. dengan trik ini akan membantu sedikit dalam kecepatan koneksi wifi dirumah kamu.

5. Ganti password secara berkala

Jika WiFi kamu menggunakan keamanan dengan jenis WPA2, maka gantilah password secara berkala, agar terhindar dari orang orang yang numpang di wifi anda. 

dan sesekali reboot lah router anda, jika kamu merasa wifi anda lambat buatlah jadwal agar router anda bisa reboot otomatis, karena dengan melakukan boot ulang router anda, hal ini bisa meningkatkan kecepatan wifi rumah kamu.

6. Ubah pengaturan smartphone kamu

Jika kamu menggunakan smartphone android, khususnya Xiaomi, ada cara mudah untuk mempercepat koneksi WiFi tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, 

Caranya masuk ke aplikasi setting, lalu poloh opsi wifi lalu scrol ke bawah hingga menemukan opsi advanced setting. klik opsi tersebut lalu, pilih opsi WiFo speed mode untuk memberikan prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu, Apabila anda memilih opsi reguler mode, ini akan membagi secara rata kecepatan koneksi ke semua aplikasi yang ada di android kamu. Untuk opsi Extreme mode, ini bisa memperioritaskan bandwidt ke aplikasi yang berjalan di foreground, sedangkan aplikasi yang berjalan di background kemungkinan tidak bisa mengakses internet untuk sementara.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.