Tips Menjaga Pola Tidur Agar Tetap Fit dalam Berpuasa

Tips Menjaga Pola Tidur Agar Tetap Fit dalam Berpuasa

umuminfo - puasa sendiri termasuk kedalam salah satu cara untuk melakukan detoksifikasi dalam tubuh secara alami, namun proses detoksifikasi ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak didampingi dengan penerapan aya hidup sehat selama kita menjalan puasa. 

Tips Menjaga Pola Tidur Agar Tetap Fit dalam Berpuasa


Selain dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka puasa, dirangkum dari line today, ada 5 cara menjaga pola tidur ketika berpuasa, agar tubuh kita tetap fit. 

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur

Tips yang paling mudah adalah dengan tidak melewatkan makan ketika sahur. karena makan ketika sahur ini dapat menambah asupan energi selama kita menjalankan puasa selama seharian.

Nah, agar puasa kalian tidak sering mengantuk, sebaiknya kalian menjauhi makanan yang berlemak atau makanan yang berasal dari olahan susu yang sulit dicerna. Apabila kamu mengkonsumsi makanan dengan jenis tadi, maka perut kalian akan terasa sakit dan heart burn bisa terjadi di sekitar dada akibat asam lambung naik.

2. Tidur lebih awal dari biasanya

Cara menjaga agar kalian tetap fit dalam berpuasa selanjutnya adalah dengan tidur lebih awal dari biasanya. Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga perlu diperhatikan. Umumnya, mengantuk ketika berpuasa ini disebabkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup.


Jika kamu harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka sebaiknya kamu tidur lebih cepat dari biasanya, dan lebih baik kurangi untuk kebiasaan begadang. 

3. Tidur sebentar setalah sahur

Agar tubuh kamu tetap fit dan dapat meregenerasi diri selama berpuasa, tidur lah sebentar ketika kamu setelah makan sahur. Walaupun hanya sebentar, yang terpenting adalah berkualitas tidur kamu. 

Maka dengan begitu kamu akan memberikan waktu bagi tubuh kamu untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh kamu bisa kembali bernergi lagi. Jadi tidak ada salahnya kamu kembali tidur setalah makan sahur.

4. Buat suasana tidur yang senyaman mungkin

Ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan cara mematikan gadget maupun tv. jangan biarkan keduanya menganggu waktu tidur kamu. Selain itu, pastikan kamu mematikan lampu sebelum tidur. Karena ini dapat membuat kamu lebih rileks dan mudah terlelap dalam tidur. 

5. Istirahat siang hari

Dengan tidur siang, kamu bisa mengisi kembali energi dan memberikan sudut pandang yang lebih positif. Cara menjaga pola tidur saat berpuasa laiinya adalah dengan beristirahat disiang hari, paling tidak berikan waktu luang selama 20 - 30 menit untuk tidur tidur siang. Sementara untuk waktu terbaik tidur siang adalah pukul 14.00 - 15.00. Kemungkinan di jam jam ini adalah saat dimana seseorang mulai mengantuk.

Tidur siang merupakan cara yang efektif untuk relaksasi dan memulihkan tenaga. Nah itu lah cara menjaga pola tidur siang selama perpuasa. Dengan menerpakan beberapa tips diatas, kamu dapat membuat tubuh kamu menjadi energik dan bugar ketika menjalan puasa di bulan ramadhan ini. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.