Tips Mengenali Potensi Diri - Agar Siap Memasuki Dunia Kerja dan Tetap Berprestasi

Tips Mengenali Potensi Diri - Agar Siap Memasuki Dunia Kerja dan Tetap Berprestasi

Diera kompetitif ini, seorang fress graduate akan memasuki dunia profesional dan harus menyiapkan berbagai kompetensi.

cara mengenali potensi diri



Hal seperti ini sangat diperlukan karena dunia kerja merupakan "tabungan" masa depan yang akan berdampak pada kehidupan. Lalu, apa yang terjadi jika kita tidak yakin dengan kompetensi diri sendiri ?

Untuk menjawab pertanaan itu, sering kali kita mencari jawabanya dengan mendengarkan seminar motivasi atau mungkin berkeluh kesah, baik kepada teman maupun orang tua. Kata kata yang sering diucapkan oleh mereka adalah "carilah potensi dirimu" atau "gali potensi diri".

Menurut Dra. Astrid Regina Sapiie "potensi diri adalah sesuatu yang berada dalam diri yang dikembangkan akan menjadi sebuah pencapaian prestasi "

Mengenai penting atau tidaknya mencari potensi diri, terdapat dua tanggapan yang berbeda menurut Astrid.

Pertama, jika seseorang telah menemukan potensi dirinya, maka dia semakin mudah menentukan perjalanan hidup ke depan yang nantinya akan membawa kebahagiaan. 

Kedua, ada yang mengatakan bahwa potensi diri didapatkan seorang konsisten menjalani hidup dengan terus mencari, menemukan dan mempelajari hal hal baru.

Dari perjalanan itu, seseorang akan mengkuras minatnya hingga akhirnya mendapatkan potensi yang sesuai.

Astri juga menjelaskan bahwa seseorang dapat mengenali potensi dirinya sedari kecil asalkan orang orang yang memberikan umpan balik. Selain itu, seseorang berlatih juga harus memiliki tekad untuk terus menerus sehingga ada dalam dirinya muncul. 

"Tidak ada umur tertentu untuk menyadari potensi dirinya. Hal tersebut tergantung dari apa yang ia lakukan dalam hidupnya, juga kepedulian terhadap orang orang disekitarnya." jelas Astrid

Menurut situs multisolusi, ada beberapa cara mengenali potensi diri, yaitu :

1. Kenali potensi diri sendiri

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui bidang apa saja yang kita senangi, sesuatu yang jika kita lakukan akan menjadi lebih semangat. 

2. Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Agar bisa dengan mudah mengenali potensi diri, kalian juga perlu mengenali kelebihan dan kekurangan kalian sendiri. Mulailah dengan membuat daftar isi kelebihan dan kekurangan. Lalu amati dan pahami kekuatan dan kelemahan kalian, agar kalian tahu dimana potensi kalian sesungguhnya. 

3. Berani menghadapi kegagalan

Maksimalkan kekuatan mental dengan berani menghadapi kegagalan. Banyak orang yang menganggap kegagalan sebagai akhir sebuah perjuangan, padahal kegagalan sebenarnya adalah awal sebelum datangnya keberhasilan itu sendiri. Cara kita menyikapi kegagalan itulah yang akan menentukan seberapa sukses kita. 

4. Perluas wawasan

Untuk dapat mengambangkan potensi diri, anda harus mau terus belajar dan memerluas wawasan. Jangan merasa sudah terbaik dalam satu hal, kalian harus punya sikap rendah diri agar bisa berkembang.

Perluas wawasan dengan segala macam informasi bermanfaat yang ada disekitar kalian. Pada era digital ini, mendapatkan informasi tentu sangat mudah karena adanya internet. Manfaat kemudahan itu dan jangan ragu mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin untuk meraih impian. 

Potensi diri itu harus digali, tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli dalam bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Apabila kalian sudah mengathui potensi diri kalian, itulah modal kesuksesan. Jika kalian dapat mengembangkan potensi kalian menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.