Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Salah satu masalah pada gigi yang paling sering dijumpai banyak orang adalah karang gigi. Munculnya karang gigi ini biasanya di sebabkan karena sisa makanan yang tertinggal pada gusi. Agar gigi tetap bersih dan sehat, pastikan kalian tahu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan karang gigi. Karena jika tidak bersih akan menimbulkan tumpukan dan beberapa penyakit seperti radang gusi sampai dengan infeksi.

Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Sebelum kalian datang ke dokter, untuk menghilangkan karang gigi dengan cara scaling, kalian bisa mencoba melakukan perawatan sendiri dirumah. Dengan cara cara berikut ini, niscaya karang gig kalian bakalan rontok sedikit demi sedkit. 

Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

1. Sikat gigi secara teratur

Para ahli menganjurkan setiap orang untuk melakukan gosok gigi sebanyak 2 kali sehari. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Agar benar benar bersih , gosok gigi kalian selama dua menit. Namun cara seperti ini hanya akan berhasil jika karang gigi kalian masih kinyis kinyis, atau belum terlalu mengeras. 

2. Membersihkan sela gigi setelah makan

Benang gigi sangat efektif untuk membersihkan sela sela dan bagian terdalam pada gigi yang mungkin sulit dijangkau oleh bulu sikat. Rutin lah membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi agar karang gigi kalian tidak menumpuk. 

Disisi lain, cara seperti ini bisa mengurangi resiko penyakit gusi dan bau mulut juga loh, idealnya, membersihkan gigi dengan benang gigi, bisa kalian lakkan setelah gosok gigi.

3. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride

Selain flouride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate dan triklosan juga mampu membantu untuk menghilangkan karang gigi dan noda kekuningan pada gigi. Agar cara ini semakin efektif, kalian bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur juga ya.

4. Bersihkan gigi dengan kulit jeruk

Cara seperti ini mapu membersihkan karang gigi secara alami, kandungan asam pada kulit jeruk isa membantu untuk mencegah timbulnya karang gigi. Selain digosokan pada gigi selama 2-3 menit, kalian bisa membuat juga pasta kulit jeruk yang dicampur dengan pasta gigi kalian. 

5. Asam pada jus lemon mampu mengahancurkan plak dan memutihkan gigi 

Walaupun cara ini diperbolehkan, namun jangan menggunakan cara seperti ini dengan berlebihan, karena asam pada jus lemon bisa menyebabkan erosi pada gigi. Sebelum melakukan gosok gigi, celupkan sikat gigi  pada lautan jus lemon, lal sikat gigi kalian secara perlahan selama satu menit. 

6. Baking soda

Selain bisa membersihkan karang gigi, baking soda ternyata juga bisa kalian gunakan untuk memutihkan gigi kalian. Ambil sejumput baking soda, lalu buatlah menjadi pasta, setelah itu gosok gig kalian dengan pasta yang telah kalian buat selama 2 menit. 

7. Hindati kebiasaan merokok

Cara yang terbaik untuk membersihkan karang gigi yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok. Kandungan bahan kimia yang ada pada rokok bisa memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan orang yang merokok cenderung memiliki karang gigi yang lebih pekat jika dibandingkan dengan yang tidak merokok. Nah jika kalian ingin gigi sehat dan bersih,  hentikan kebiasaan ini ya. 

Itu lah Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, selain melakukan cara diatas, kalian juga dianjurkan untuk tidak makan sembarangan. Karena ada beberapa makanan yang menimbulkan plak dan karang gigi. Jika cara ini masih kurang ampuh, kalian bisa berkunjung ke dokter dan melakukan scaling. 


3 comments

  1. wah terima kasih tipsnya kak, kalo mau kedokter gigi lumayan juga biayanya..

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih tipsnya kak, kalo mau kedokter gigi lumayan juga biayanya..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.