Sering Nyeri Pundak ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pundak Secara Efektif

Sering Nyeri Pundak ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pundak Secara Efektif

Pundak terasa berat dan pegal setelah kalian melakukan aktivitas ? jangan anggap ini sepele, bisa jadi ini pertanda jika tubuh kalian mengalami penyakit yang serius. Pundak pegal dan terasa sakit ini merupakan keluhan bagi kebanyakan orang. Terutama mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di balik meja. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pundak Secara Efektif


Tapi tahukah kalian, jika nyeri pundak ini tidak boleh kita anggap enteng. Karena nyeri pundak bisa jadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius. Berikut kondisi apa saja yang bisa menyebabkan sakit pundak dan cara mengatasinya. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pundak Secara Efektif

1. Sendi Aus akibat pemakaian berlebih

Pundak merupakan anggota tubuh yang memiliki sendi, jika arena tersebut sering digunakan untuk kegiatan berat, jaringan halus yang ada di dalamnya akan mudah rusak. Sehingga pada akhirnya sendi akan aus dan kalian akan merasakan nyeri diarea tersebut. Kegiatan berat yang dimaksud adalah olahraga, membawa beban, mencangkul dan lainnya. 

2. Sakit pundak akibat terkilir / keseleo

Ketika ada cedera ligamen, ini bisa menyebabkan pundak terasa sakit juga loh, Ligamen sendiri merupakan jaringan yang ada diantara dua atau lebih tulang pada sendi. Tidak hanya sakit, area yang cedera akan mengalami peradangan sehingga kalian akan mengalami kesulitan menggerakan bahu.

Hal ini bisa disebabkan karena hantaman benda keras pada area pundak, entah itu akibat kecelakaan atau tejatuh. Untuk meringankan rasa sakit ketika mengalami keseleo, kalian bisa membuat minya sereh untuk memijat area pundak. 

3. Pundak terasa berat / kaku

Kondisi ini sering dikenal sebagai pundak kaku ( adhesive capsulitis ). Dimana kondisi ini bisa mengakibatkan bahu sulit untuk digerakan dan jangkauan gerakanya pun terbatas. Hal ini terjadi karena penebalan, pembengkakan, dan pengetatan di jaringan bahu akibat cedera atau aktivitas berat. 

Tidak hanya itu, pundak kaku bisa disebabkan juga karena penyakit lain seperti stroke dan diabetes. Namun, tentu saja kalian harus cermat dalam mengamati apakah ada gejala diabetes lainyya yang mengiringi nyeri pundak

4. Pundak pegal akibat osteoarthritis

Pundak terasa berat juga bisa saja terjadi karena pengapuran sendi atau sering disebut dengan istilah osteiarthritis. Terutama bagi yang sudah memasuki usia pertengahan, pengapuran sendi ini akan berkembang perlahan. 

Untuk memperlambat hal ini cukupi asupan kalsium tubuh kalian, dan kosumsi beberaa makanan sumber kalsium alami.

5. Sakit pundak karena saraf terjepit

Jika nyeri pundak kalian diiringi dengan rasa mati rasa dan seperti ditusuk jarum, bisa jadi ini adalah saraf yang terjepit yang mengakibatkan jaringan yang bengkak di area bahu. Sehingga bisa menyebabkan rasa sakit di bahu dan kesulitan untuk bergerak. 

6. Dislokasi area pundak

Percaya atau tidak, pundak merupakan area yang paling sering mengalami dislokasi, merujuk pada kondisi dimana tulang terlepas keluar dari soket sendinya akibat hantaman benda keras di bahu. 

Untuk mengatasi kondisi ini, kalian bisa mencari bantuan medis dan ahli, jika hal ini dibiarkan, disolkasi bisa menyebabkan kerusakan lain di bahu, misalnya robekan ligamen, saraf dan lainnya.

7. Sakit pundak sebelah kanan akibat batu empedu

Nah, jika kantong empedu kalian bermasalah, ini bisa ditandai dengan rasa sakit di pundak sebelah kanan, kemudian diikuti dengan sakit perut kanan atas atau bawah tulang belikat. Ini di sebabkan adanya batu empedu yang ada di dalam kantong dan menimbulkan penyumbatan. Untuk mengatasi hal ini, kalian harus seera mencari bantuan medis ya. 

8. Sakit pundak kiri tanda splenomegali

Apakah kalian merasa sakit dipundak kiri ? Jika kondisi ini diiringi neri perut yang tampak seperti gejala maag, bisa jadi ini bukan akibat dari penyakit lambung, melainkan gangguan di organ limpa kalian, Tepatnya rasa sakit ini ditimbulkan oleh splenomegali yang merupakan pembesaran organ limpa akibat penyakit atau infeksi.

Cara  mengatasi nyeri pundak ringan

Jika gejala nyeri yang kalian rasakan masih terhitung ringan, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Cara ini terhitung mudah untuk dilakukan sendiri dirumah, yuk cek dibawah ini. 

1. Metode RICE ntuk mengatasi nyeri pundak

  1. Rest ( istirahat ) = jangan melakukan aktiitas berat atau menggerakan pundak selama 48 jam setelah cedera
  2. Ice ( kompres Es ) =  tempelkan es pda pundak yang cedera kurang lebih 20 menit dengan intensitas 4-8 kali sehari
  3. Compression ( tekanan ) = Beri tekanan lembut pada daerah yang terasa sakit
  4. Elevation ( diangkat ) = Jaga area yang cedera tetap lebih tinggi dari jantung, topang pundak dengan bantal yang empuk dan tebal utuk menyangga posisi ketika kalian tidur.

2. Perbaiki posisi tubuh ketika beraktivitas

Jika sering membungkuk ketika melihat monitor, unakanlah meja yang lebih tinggi agar mata sejajar dengan layar. 

Ketika berjalan, pastikan untuk membuka bahu dan membusungkan dada, jangan menekuk punggung. Hal ini sedikit membantu memperbaiki postur tubuh yang jelek, tidak hanya itu, jangan berdiam dalam satu posisi lebih dari satu jam ya, ubahlah posisi kalian sesering mugkin untuk menjaga sirkulasi darah di area persendian. 

3. Kompres dengan air hangat

aktivitas ini juga cukup mengurangi nyeri pundak lo, hal ini merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat air hangat yang bisa kalian dapatkan. Suhu hangat pada air akan membantu sirkulasi darah dan mensuplai oksigen mencapai area pundak yang sakit lebih cepat. Tapi, ini hanya efektif untuk cedera yang terjadi dalam rentang waktu kurang dari 48 jam ya.

4. Peregangan sederhana ketika pundak terasa berat

Rasa pegal dipundak juga bisa kalian atasi dengan melakukan pergeangan sederhana, gerakan seperti desk angels, shoulder rolls, upper trapezius stretch dan armit stretch  bisa kalian lakukan sendiri dan dimana saja. 

Nah itu lah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pundak Secara Efektif. Semoga membantu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.