Cara Alami Untuk Memulihkan dan Mencegah Gigi Berlubang

Cara Alami Untuk Memulihkan dan Mencegah Gigi Berlubang

Sama dengan tubuh bagian lain, gigi juga perlu perhatian dan perawatan yang tepat.  Apabila kita tidak suka datang ke tempat dokter gigi, kita bisa mencoba salah satu cara mencegah kerusakan gigi dengan praktek sendiri dirumah. Dokter sangat menyarankan untuk menggabungkan perawatan kebersihan gigi dengan beberapa makanan sederhana. Untuk merawat gigi, kita harus pergi ke dokter dan itu juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Memulihkan dan Mencegah Gigi Berlubang

Lalu, bagaimana cara perawatan yang bisa kita lakukan sendiri dirumah agar gigi tidak rusak dan berlubang ? Inilah beberapa cara sederhana dan alami yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan memulihkan kerusakan gigi berlubang. 

Cara Alami Untuk Memulihkan dan Mencegah Gigi Berlubang 

1. Ubah kebisaan makan

Dalam salah satu studi yang di erbitkan dari the british medical journal,  menunjukan bahwa perubahan diet dapat mengembalikan kerusakan gigi.  Selain itu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dapat menyebabkan gigi kita menjadi rusak dan asam phytic akan menghambat penyerapan kalsium. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti susu, yogurt, keju. Selain itu banyak meminum seperti air putih, smoties buah dll.

 2. Mengunyah permen karet tanpa kandungan gula.

Ternyata mengunyah permen karet dapat mencegah kerusakan pada gigi, asalkan permen karet yang kita konsumsi tidak mengandung gula. Saat mulut kita mengunyah permen karet, mulut kita terisi dengan air liur dan secara alami dapat membersihkan sisa makanan yang terselip dalam gigi  yang dapat membuat gigi kita rusak dan berlubang

3. Membersihkan gigi secara teratur

Untuk membersihkan gigi, kita bisa menggunakan sikat gigi dengan ukuran yang sedang dan pastikan bulu sikat gigi dapat masuk dan menjangkau ke sela sela gigi geraham. Lalu bilas sikat gigi setelah di pakai dan jangan tinggalkan sikat gigi pada ruangan toilet karena bakteri dapat bersarang di atasnya. 

Tips  : Buang penutup sikat gigi, karena dapat menampung microorganisme dan bakteri

4. Lakukan Perawatan gigi

 Lakukan sikat gigi setidaknya 2 menit setiap hari dan sebanyak minimal 2 kali. Gunakanlah benang gigi untuk membersihkan sisa sisa makan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

5. Kunjungi dokter gigi 

Dokter gigi dapat memberihkan plak dan karang gigi yang kadang tidak dapat dilakkan hanya dengan menyikat nya.

6. Tambahkan suplemen dan vitamin 

Kita dapat mengkonsumsi makanan yang kaya dengan serat seperti buah , kacang, dan sayuran, 
Makanan  yang terbaik untuk gigi yaitu, apel, pisang, kubud, dan kacang polong. Selain itu kita juga dapat menambahkan makanan yang mengandung vitamin B dan zat besi serta makana laut yang mengandung vitamin D

5. Minyak kelapa


Minyak kelapa secara alami melindungi gigi dari pembusukkan dan membersihka bakteri dari gigi. .Walau tidak mengembalikan kerusakan gigi, minyak kelapa membantu gigi berlubang. Menggunahakn minyak kelapa bisa dua kali lebih efektif dibanding dengan menyikat dan membersihkan gigi.

6. Buat pasta gigi


Pasta gigi alami bisa kita buat dengan bahan baku bubuk kalsium, stevia, garam kaut, baking soda. Setelah itu bisa juga dicampurkan dengan minyak kelapa untuk pengganti minyak gigi

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.