Yuk Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Pada Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Yuk Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Pada Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Kita semua tahu jika nasi merupakan makanan pokok pada beberapa negara yang khusunya Indonesia. Tapi tahukah kalian, jika nasi ini tidak hanya berwarna putih saja, nasi yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok ternyata juga ada yang berwarna merah, yang biasanya disebut dengan nasi merah. Yuk kenali lebih lanjut lagi seputar kandungan nutrisi dan manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh.

Fakta Beras Merah

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Pada Beras Merah


Nasi ini berasal dari beras merah yang mana dalam pengolahanya tidak sebanyak dengan beras putih. Beras merah hanya melalui proses pengupasan kulit terluar atau biasa disebut dengan sekam. Proses yang singkat itu menjadikan beras merah lebih terjaga kandungan nutrisinya jika dibandingkan dengan beras putih. 

Beras merah memang dikenal dengan memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam dan kandungan serat yang tidak ditemukan pada beras putih. Oleh karena itu, neras merah biasanya digunakan sebagai makanan pokok bagi orang yang diet.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Beras merah memiliki banyak sekali nutrisi yang mana lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih. Salah satunya yaitu nutrisi berupa serat. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam 200 gram beras merah :

  • Jumlah kaori beras merah mulai dari 230 sampai 250 kalori
  • Karbohidrat sebanyak 45 - 50 gram
  • Serat sebanyak 3 - 3,5 gram
  • Protein sebanyak 5 gram
  • Lemak sebanyak 2 gram
  • Kalium sebanyak 80 mg
  • Magnesium sebanyak 80 mg
  • Natrium sebanyak 2 mg
  • Zat besi sebanyak 1,1 mg

Beras merah sering dikenal dengan biji bijian yang bebas dari kandungan gula atau gluten, sehingga banyak yang menyarankan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Orang yang sedang menjalani program diet maupun pasien yang sedang mengalami alergi pada gluten dapat mengkonsumsi beras merah ini.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Selain mengandung nutrisi yang lebih beragam, ternyata manfaat mengkonsumsi nasi merah bagi kesehatan tidak kalah penting juga loh. Beras merah bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh seperti berikut ini:

1. Mengontrol Berat Badan

Berdasarkan penelitian pada Food Data Central USDA, mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok secara rutin bisa membantu menjaga berat badan. Seseorang yang mgnkonsumsi nasi merah bisa memiliki berat badan yang lebih stabil dan lebih sehat. Efek lain dari mengkonsumsi nasi merah ini adalah mencegah terjadinya obesitas atau bisa disebut dengan berat badan yan berlebihan.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang berada pada beras merah bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan kita, yang mana bisa mengurangi resiko terjadinya sembelit. Kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah juga memiliki fungsi menjaga bakteri baik pada usus, yang mana dapat menjaga pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan denan beras putih. Indeks glikemik ini merupakan skala yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat karbohidrat ber[engaruh pada penambahan kadar gula darah. Indeks glikemik pada nasi merah ini lebih rendah yaitu sekitar 68.

Rendahnya indeks glikemik ini bisa membantu tubuh menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Sehingga sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga orang yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

Masih banyak manfaat yang bisa kalian dapatkkan dengan mengkonsumsi nasi merah. Karena beras merah ini memiliki kualitas nutrisi yang lebih baik, sehingga memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh kita. Kalian dapat berkonsultasi kepada ahli gizi apabila ingin mengkonsumsi beras merah sebagai makanan sehat kalian.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.