Tips Memblokir SMS / Pesan Spam yang Berisi Undian Berhadiah dan Pinjaman Online

Tips Memblokir SMS / Pesan Spam yang Berisi Undian Berhadiah dan Pinjaman Online

Mungkin kita semua bakalan merasa jengkel jika menerima SMS yang berisi Spam. Kalian pasti sering mendapatkan SMS yang berbentuk spam, misalkan undian menang, tipuan atau yang lainnya. Mungkin itu dikirm dengan menggunakan komputer secara random. Akan tetapi hal seperti ini juga bisa memungkinkan si pengirim untuk mencuri data pengguna yang masih aktif, maka kita harus berhati - hati dengan SMS Spam tersebut. 

SMS spam, walau sepertinya hanya sepele, tapi jika dibiarkan berlarut bisa sangat menyebalkan bukan ?.  Ponsel yang berdering setiap hari akibat pesan spam seperti memenangan hadian undian, minta pulsa, atau persetujuan pembelian suatu barang, tentu itu akan membuat kotak masuk SMS kita bakal cepat penuh. Jika hal seperti ini terjadi, bisa saja pesan yang seharusnya itu penting dari seseorang atau operator justru tenggelam oleh tumpukan SMS Spam atau pesan yang berisi spam tersebut. 

Berdasarkan CNN Indonesia, sebagian besar pesan teks spam itu datang dari telepon lain. Namun, isi pesan tersebut bisa berasal dari komputer dan dikirimkan ke HP target tanpa ada biaya pengirim, yang bisa dilakukan melalui email atau akun pesan instan.  Lalu bagaimana cara memblokir SMS Spam atau pesan spam yang kita terima? Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan jika menerima SMS atau pesan Spam tersebut ? Yuk simak berikut ini,

Tips Memblokir SMS atau Pesan Spam Pada Perangkat Android dan iPhone


Memblokir SMS Spam yang Berisi Undian Berhadiah dan Pinjaman Online

1. Install Aplikasi Spam Blocker

Kalian bisa menggunakan aplikasi spam blocker untuk menghentikan SMS Spam itu. Salah satunya kalian bisa menggunakan Block Text yang dirilis oleh key messages. Aplikasi tersebut akan mengehentikan atau memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal. 

Dalam aplikasi tersebut juga bisa membedakan mana nomor probadi dan mana nomor yang digunakan oleh scammer atau telemarketer. Selain itu, sebagian aplikasi spam blocker juga bis amemblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal juga. 

2. Menggunakan fitur bawaan HP 

Beberapa smartphone yang terbaru saat ini sudah menyediakan fitur blokir SMS Spam. Caranya cukup mudah, kalian hanya tinggal masuk ke aplikasi pesan > lalu tekan dan tahan pesan yang kalian ingin blokir. Lalu pilih opsi "Add to spam numbers".

Untuk di perangkat iPhone, buka teks dari nomor yang ingin kalian blokir dan ketuk nomor pengirim. Klik icon info (i) dan klik nomor teleponya. Kalian bisa memilih opsi "Blokir Penelpon" atau bisa juga "Blokir Kontak", pilih sesuai kebutuhan kalian ya.

3. Menggunakan Settingan Bawaan HP

Banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui dengan adanya fitur yang berguna untuk memblokir SMS spam dari orang tidak dikenal. Dengan menggunakan fitur ini, kalian bisa menghilangkan pesan spam dan teks robot dengan cara memfilter spam di perangkat HP kita. 

Pada iPhone caranya, Masuk Pengaturan > Pesan > Pilih memfilter pengirim tidak dikenal dan aktifkan pengaturan

Untuk peragkat android,  Pilih menu telepon > ketuk icon titik tiga di sebelah kanan atas > pengaturan > blokir > blokir pesan > pilih blokir pesan dari nomor tidak dikenal. 

Kalian juga bisa mengatu kata kunci untuk sms spam dan memasukan kata atau kalima yang ingin kalian saring. 

4. Laporkan ke pihk berwenang

Jika menggunakan cara diatas, kalian masih saja belum berhasil. Kalian bisa mencoba melaporkan nomor spam ke otoritas yang berwenang. Karena per desember 2018, kementerian komunikasi dan informatika (Kemkominfo) membuka layanan aduan nomor telepon yang sering melakukan penipuan atau dianggap menyebarkan pesan spam. 

Silakan laporkan nomor pengirim SMS spam tersebut ke akun witter @aduanBRTI dan nomor tersebut akan diblokir oleh badan regulasi telekomunikasi indonesia (BRTI). Kalian cukup mengunggah screenshot isi pesan beserta nomor yang dianggap melakukan spam, lalu mention ke @aduanBRTI. Semakin banyak laporan, maka semakin cepat nomor tersebut akan diblokir.

5. Ganti nomor HP

Ini adalah cara pamungkas jika semua cara yang sudah kalian lakukan tidak membuahkan hasil. Pastikan mempertimbangkan matang matang jika ingin melakukan hal ini. Jika nomor baru telah terpasang di perangkat kamu, jangan sembarang untuk mengisi data pribadi di situs website yang tidak jelas kredibilitasnya. Biasaya dengan iming iming hadiah. Orang orang akan dengan meyerahkan data pribadinya. Lindungi privasi kalian dengan tidak sembarangan menyebarkan data pribadi ya

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mendapatkan SMS atau Pesan Spam


Hal yang tak boleh dilakukan jika mendapatkan SMS Spam

1. Jangan langsung di balas

Pernahkah kalian membalas pesan itu dengan maksud hanya iseng-iseng saja ? Mungkin, sebagian orang pernah, namun asal kalian tahu, jika mendapatkan sms spam tersebut, jangan langsung membalas walaupun hanya iseng iseng saja. Membalas pesan tersebut bisa mejadi tanda tanda bagi sipengirim jika nomor tersebut aktif. Dan itu juga isa menjadi bumerang bagi kalian juga, karena bisa saja pengirim menjual nomor anda ke orang lain. Oleh karena itu, orang lain pun bisa memborbardir nomor kalian dengan pesan tipu tipu yang mengatasnamakan suatu corporate dan akan mendapakan hadiah besar.

2. Perlakukan informasi pribadi seperti uang

Nah, kalian harus mengetahui juga pesan teks spam bisa memikat kalian untuk mengungkapkan informasi pribadi kalian. Seperti banyak nya uang, hutang pada bank, jaminan sosial, dan kartu kredit. Maka hati hati jika ada yang mengirimkan pesan seperti itu ya, alangkah baiknya jangan kalian balas saja. 

3. Jangan klik tautan apapun yang ada di dalam pesan tersebut

Dalam kasus ini, si pengirim bisa saja mengirmkan situs palsu yang sudah di modifikasi. Jika kalian mendapatkan pesan yang berupa tautan seperti itu, maka harus kalian curigai. Lebih baik curiga dari pada asal klik saja, yang mungkin akan mengakibatkan melapetaka bagi kita. 

Link tersebut juga bisa menginstall malware yang bisa mengumpulkan informasi pada ponsel kamu. Setelah si pelaku sudah berhasil menginstall malwarenya, pasti dengan mudah untuk mendapatkan informasi pribadi anda yang ada pada ponsel kalian. Dan malware tersebut juga ada yang bisa mengakibatkan tagihan yang tidak kalian inginkan pada ponsel kalian. Maka mulai sekarang jangan asal klik ya.

4. Lakukan review tagihan posel secara teratur 

Poin yang ini cukup menyita waktu bagi orang yang sibuk. Namun, pada poin ini juga cukup penting juga, dan sayang untuk ditinggalkan. Nah, dari itu semua, alangkah baiknya kita rutin dalam mengecek tagihan telepon kita secara teratur. Misalkan ada kejanggalan maka langsung saja hubungi perusahaan telepon. Kemudian, cari tahu apakah kalian menerima atau mengirim pesan soam di ponsel kalian. 

Nah cara cara diatas bisa kalian lakukan untuk berjaga jaga agar tetap aman, ingatlah untuk tetap harus waspada dan hati hati. Jika ada pesan yang mencurigakan, lebih baik jangan di balas.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.