Cara Mengatasi WiFi yang Sering Eror

Cara Mengatasi WiFi yang Sering Eror

Sering terganggunya jaringan internet di rumah atau di kantor yang berbasis koneksi Wifi yang mana menggunakan perangkat router memang bikin jengkel kan ? Hanya karena masalah sepele itu, sering kali banyak hal menjadi terganggu, baik itu mulai dari pekerjaan, hiburan sampai kegiatan belajar daring yang mungkin terhenti.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, peran Wifi juga makin krusial. Jadi kalau Wifi eror atau terganggu, sudah pasti hal tersebut akan membawa masalah lain oleh penggunanya.

Masalah seperti itu bisa saja disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena faktor dari luar seperti keadaan cuaca atau faktor dari dalam seperti router atau perangkat yang bermasalah. Jika masalah ini terjadi karena cuaca, tentu kita hanya bisa berharap cuacanya bisa segera membaik. Namun jika masalah ini disebabkan karena router yang bermasalah, maka cara paling mdah adalah dengan cara mereset router yang ada pada rumah kita atau dikantor kita. Nah berikut tips tips untuk mengatasi WiFi yang sering eror atau gangguan .

Cara Mengatasi WiFi yang Sering Eror


Cara Mengatasi WiFi yang Sering Eror

1. Analisa masalah dahulu

Pada tahap awal, kita harus melakukan analisa terlebih dahulu, Apakah masalah ini terjadi karena sinyal WiFi yang bermasalah. Atau mungkin karena hal lain, seperti ISP yang kalian gunakan. 

Mulai dengan memeriksa kecepatan koneksi dengan menggunakan speedtest.com atau nperf.com. Jika kalian bisa mendapatkan kecepatan tranmisi data yang bagus di dekat router kalian, tapi buruk di tempat yang jauh dari router kalian, mungkin masalah ini terjadi pada pihak kalian. 

Banyak sekali aplikasi yang bisa menentukan seberapa bagus sinyal jaringan WiFi yang kalian gunakan,baik itu pada android ataupun pada desktop. Cukup cari dengan keyword "Penganalisa WiFi ( WiFi Analyzer)" di mesin penelusur yang kalian gunakan, maka akan terlihat banyak sekali pilihan yang bisa membantu. Silakan pilih salah satu. 

2. Pindahkan posisi router

Apabila msalah ini terjadi karena mungin posisi router yang terhalang. Coba pindakan posisi router yang kalian gunakan. Ini merupakan metode yang paling sederhana, tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. 

Mungkin saja, router yang kalian gunakan terletak di ceruk atau sudut mati seperti lemari, terutama bahan yang terbuat dari logam. Coba pindahkan ke tempat yang lebih terbuka, karena logam dan beton merupakan bahan yang tidak bisa berteman baik dengan WiFi. Dan jahkan juga dari benda seperti kulkas dan microwave. Karena jika itu menggunakan 2,4GHz akan bersaing untuk mendapatkan frekuensi yang sama dengan yang digunakan oleh router kalian. 


Jangan lupa arahkan posisi antena router kalian juga. Karena posisi antena juga cukup mempengaruhi hal ini. Posisi yang terbaik yang bisa kalian adalah dengan posisi tegak. Karena dengan begitu, router WiFi kalan akan mendapatkan jangkauan horizontal terbaik.

3. Konfigurasi saluran

WiFi biasanya beroperasi pada serangkaian pita sempit,  yang biasanya disebut dengan saluran, dari spectrum radio. Sedangkan pita yang populer adalah 2,4 GHz yang mana bisa saja tersumbat oleh derau dari jaringan tetangga dan perangkat lain. Pada saat kita mereboot router kita, maka router kita akan memilih saluran yang paling bebas dari gangguan. Ini sebanding dengan cara navigasi memlilih rute dengan kemacetan yang paling sedikit. 

Walapun ini bisa otomatis dikerjakan oleh router kalian, tetapi mungkin saja bisa diberikan intervensi. Misal kalian bisa mengkonfigurasi router untuk mencari saluran yang tersumbat secara manual. Tapi hati hati jika hendak melakukan ini. Kemacetan spektrum bisa saja berubah ubah, karena tidak hanya router kalian yang ada. Router tetangga kalian juga terus menerus dan secara otomatis akan berpindahsaluran.

Beberapa router juga bisa memungkinan penguna untuk mengubah kekuatan sinyal WiFi. Periksa apakah setelan router kalian di setting ke nilai maksimal? jika tidak, maka itu dapat dilakukan untuk memaksimalkan sinyal WiFi kalian.

4. Lakukan hard reset

Ketika modem / router kalian menyala, tekan dan tahan lama tombol reset pad bagian belakang router sekita 6-10 detik. Setelah itu lepaskan tombol tersebtu dan tunggu sampai router kalian menala lagi. Coba kembali sambungkan perangkat kalian ke WiFi tersebut. 

5. Reset dengan router web based utility

Kalian juga bisa melakukan reset router melalui cara berikut ini. 
  • pastikan router kalian keadaan menyala
  • sambungkan komputer atau laptop kalian ke router dengan menggunakan kabel LAN
  • buka web browser yang kalian pakai
  • masuk ke alamt IP 192.168.1.1 ( bisa saja berubah setiap router )
  • Isi username dan password yang kalian pakai
  • masuk ke halaman system tool
  • pilih menu factory default
  • silakan klik restore
  • lalu klik OK
Setelah proses ini selesai, maka router kalian akan kembali ke dalam pengaturan pabrikan. Dengan username dan password default, yaitu admin. kembali login ke alamat tadi dan lakukan pengaturan sesuai yang kalian pakai.

6. Gunakan kabel

Kita semua pasti sudah terbiasa dengan kenyamanan WiFi, sehingga lupa dengan Ethernet berkabel yang sudah ada sejak lama dan lebih bagus juga. Menghubungkan dengan kabel seringkali merupakan solusi paling mudah dan murah untuk masalah WiFi yang tidak kunjung temu titik masalahnya. 

Menggunakan kabel bisa memberikan 2 manfaat juta, pertama, kalian akan menyelesaikan masalah diruangan yang sulit meneria WiFi dan kedua, jika kalian mentransfer setidaknya beberapa perangkat kabel, kualitas koneksi nirkabel pada perangkat lain akan cenderung meningkat. 

Nah semoga bermanfaat artikel kali ini. dan semoga tidak terjadi eror atau gangguan pada router WiFi kalian.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.