5 Kebiasaan Berikut ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Cepat Rusak Loh

5 Kebiasaan Berikut ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Cepat Rusak Loh

Bagaimana kondisi smartphone mu saat ini ? Apa masih dalam keadaan baik baik saja ? atau sudah mulai usang ? Biasanya kerusakan smartphone sering disebebkan karena kecerobohan pemiliknya. Akibat keteledoran kita sendiri, kita harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya servis atau bahkan untuk biaya ganti smartphone. 


Deangan segala kemampuan yang diberikan oleh smartphone, kamu tentu saja ingin smartphone kamu awet dan tidak gampang rudak kan ?. Namun jika salah dalam menggunakannya atau dengan pemakaian yang salah, dapat membuat kinerja HP kamu kurang optimal loh. Selain itu, kebiasaan yang salah saat menggunakan smartphone tanpa disadari sering kamu lakukan juga loh. Kecerobahan tersebut yang membuat kemampan handphone kamu perlahan akan memburuk dan cepat rusak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu perlu memberikan perlakuan khusus agar HP kamu tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah kebiasaan yang harus kamu hindari karena bisa membuat HP kamu mudah rusak.


5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Smartphone Kamu Cepat Rusak


5 Kebiasaan Berikut ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Cepat Rusak Loh

1. Charging smartphone semalaman

Baterai merupakan salah satu komponen HP yang mudah menurun kinerjanya. Padahal baterai pada smartphone adalah sumber utama yang digunakan. Namuan, tidak jarang pengguna mengalami aterai menjadi cepat habis atau berkurangnya daya smartphone. Hal ini terjadi karena kebiasaan kurang baik yang kamu lakukan. 


Salah satu kebiasaan yang sering kamu lakukan adalah mengisi daya baterai smartphone ketika hendak tidur. Hingga akhirnya ponsel tersebut tersambung ke listrik semalaman. Jika kamu terlalu sering melakukan hal ini, maka usia baterai smartphonr kamu pun bisa cepat menurun. Hal ini dikarenakan durasi pengisian daya baterai smartphone umumnya hanya memerlukan 1 - 2 jam saja. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan mengecas HP semalaman dan usahakan matikdan perngkat saat mengisi daya sampai baterai penuh ya.

2.  Lupa mematikan Bluetooth atau WiFi ketika sudah tidak digunakan

Kebiasaan ini bisa membuat smartphone kamu mudah rusak loh. Selalu mengaktifkan mode bluetoth dan WiFi membuat smartphone kamu terus menerus mencari koneksi, sehingga bisa berakibat pengguna daya baterai yang cukup banyak. Hal seperti ini akan berdampak pada baterai yang akan menjadi cepat panas dan rusak, Agar hal ini tidak terjadi, kamu harus selalu mematikan bluetooth dan WiFi pada smartphone setelah selesai menggunakannya. 

3. Lupa menutup aplikasi yang tidak terpakai

Kamu pasti pernah membuka berbagai aplikasi di smartphone kamu, tapi lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Padahal aplikasi yang digunakan tidak dapat menutup secara otomatis dan akan tetap berjalan dilatar belakang layar smartphonr kamu. Tanpa disadari ternyata beberapa aplikasi yag tidak ditutup tadi akan aktif bekerja meskipun HP  sedang tidak kamu mainkan. Kebiasaan seperti ini akan membuat baterai kamu cepat habis,  sehingga kamu perlu mengecas HP secara terus menerus.

4. Membiarkan suhu terlalu panas atau terlalu dingin

Menaruh smartphone di dashboard mobil bisa membuat gadget kamu overheat. Bukan hanya suhu panas yang harus kamu hindari, tetapi juga dengan suhu dingin. Rata rata suhu di internal smartphone berkisar antara 37-38 derajat celcius, ungkap laman AVG,  sementara suhu ideal yang dianjurkan adalah 0-35 derajat. 


Selain itu bermain game juga bisa membuat baterai kamu cepat panas dan menimbulkan overheat, Apalagi jika dilakukan hingga berjam jam, disisi lain, jika suhu di amrtphone kamu terlalu rendah, elektron dalam cairan elektrolit tidak bisa menghasilkan arus yanh cukup untuk memberikan daya. Pastikan agar suhunya tetap ideal ya. 

5. Mengabaikan Cache

Chace merupakan data yang disimpan secara sementara dimemori handphone kita setelah menggunakan sebuah aplikasi. Cache ini berguna untuk mempercepat kinerja aplikasi saat dibuka. Setiap aplikasi mem[unyai ccache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan dalam smartphone. Menghapus cache ini adalah cara bagus untuk mengosongkan ruang penyimpnan sementara agar memori tidak penuh. 


Namun pengguna smartphone sering kali mengabaikan hal ini, karena dinilai kurang begitu penting. Padalah sistem akan terus menerus membangun file cache ketika kamu memakai aplikasi aplikasi lain. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, maka cache akan menumpuk dan kemudian menggangggu kinerja sistemoperasi handphone kamu. 


Cara mengosongkan semua file cache aplikasi pada smartphone sangatlah mudah, kamu hanya perlu menemukan fitur setting kemuadian klik storage lalu pilih cache data kemudian hapus cache yang ingin kamu bersihkan.


Nah itulah 5 Kebiasaan Berikut ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Cepat Rusak. Setelah mengetahui ini, usahakan untuk menghindari hal ini agar smartphone kita tetap awet dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.