Pengertian dan Cara Kerja FTP Serta Kelebihan dan Kekurangan FTP

Pengertian dan Cara Kerja FTP Serta Kelebihan dan Kekurangan FTP

Sudah tidak asing lagi dengan kata kata FTP, lalu apa sih FTP itu ? FTP memliki peranan penting dalam pertukaran informasi dalam satu komputer ke komputer lain. Tanpa adanya FTP kita tidak akan bisa yang namanya mengunduh, mengunggah, browsing dan menonton video. 

Pengertian FTP

Pengertian FTP

Pengertian FTP

File transfer protocol (FTP) adalah protokol yang memiliki tugas untuk menjembatani pertukaran nformasi di dalam suatu komputer. Jika kamu mengunduh dan mengunggah file, maka semua aktivitas itu dalat dilakukan dengan adanya bantuan FTP.

Ada dua hal penting dalam FTP, yaitu FTP server dan FTP client. FTP server sendiri adalah server yang menjalankan software dengan fungsi memberikan layanan menukar file yang selalu siap apabila ada permintaan dari FTP client. Sedangkan FTP client merupakan komputer yang kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Komputer kamu harus terhubung ke FTP server untuk bisa melakukan tukar file seperti download, upload, rename, delete dan lainya. 

Kelebihan dan Kekurangan FTP 

Kelebihan FTP

Kelebihan menggunakan FTP dalam melakukan pertukaran informasi dalam suatu komuter ke komputer lainya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan, sehingga kamu tidak khawatir lagi dengan adanya peretasan. 
  • Dalam penyimpanan FTP, kamu tidak perlu kawatir lagi data yang dikirimkan akan dihapus oleh komputer lain.
  • Meski memerlukan verifikasi, kamu tidak usah bingung lagi, karena sudah ada software yang membantu kamu untuk verifikasi, dan petujuknya, dalam FTP ini hanya memerlukan dua langkah verifikasi saja.
  • Dalam menjemabatani pertukaran data, kamu adan dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang kamu krirm atau terima.
  • FTP bisa melakukan backup data dan file, termasuk juga resote pada sebuah website
  • Transfer data dan informasi melalui FTP sangat mudah dan efisien
  • FTP dapat digunakan sebagai indirect atau implicit remote computer.

Kekurangan FTP

selain mengetahui kelebihan FTP, alangkah baiknya kamu juga mengetahui kekurangan FTP
  • Sangat bergantung pada sistem keamanan enkripsi, tanpa itu, FTP tidak aman digunakan untuk transfer data dan informasi.
  • Desain yang tidak begitu kuat, sehingga bisa membahayakan administrator, akrena minimnya informasi tentang faktor resiko yang dihadapi.
  • Kesalahan dalam menyampaikan informasi sering terjadi sehingga administrator sulit untuk memahami infromasu yang diterima

Cara kerja FTP

FTP sendiri bekerja dengan mengandalkan autentikasi standar yang meminta pengguna komputer memasukan username dan password untuk bisa mengakses data. setiap kali kamu ingin mengunduh, mengunggah dan melakukan aksi lain, maka kamu memerlukan akses dari FTP untuk perintah yang akan kamu lakukan. Nah password dan username itulah yang menjadi kunci aksesmu untuk mengakses data lainnya. Dengan username dan password yang diberikan oleh FTP, kamu bisa meindahkan, menyalin, membuat, dan menghapus data yang ada didalam direktori penyimpanan komputer kamu.

Namun, sebelum adanya pertukaran data, FTP client biasanya akan melakukan permintaaan koneksi terhadap FTP server. Jika FTP client terhubung ke FTP server, barulah disitu terjadi aktivitas yang kerap kamu lakukan. Jadi bisa disimpulkan jika FTP ini memiliki peran penting dalam seluruh aktivitas yang kamu lakukan dengan komputer. Tanpa adanya FTP maka kegiatan yang kamu lakukan selama ini tidak akan terjadi. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.