Cara Melakukan Sinkronisasi Waktu menggunakan GPS pada Routerboard Mikrotik

Cara Melakukan Sinkronisasi Waktu menggunakan GPS pada Routerboard Mikrotik

Global Positioning System atau biasa disingkat GPS ini merupakan teknologi yang digunakan untuk menentukan koordinat lokasi. GPS ini bekerja dengan cara mentranmisi sinyal dari satelit ke perangkat yang sudah mempunyai fitur GPS atau GPS Receiver. 

Pada mikrorik sendiri sudah ada package yang bisa menerima data dari GPS, tapi sebagian besar routerboard belum memiliki hardware modul GPS Receiver. Yang nantinya data dari GPS akan digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti sinkronisasi waktu yang akan adimasrosid bahas pada artikel kali ini. 

Pada percobaan kali ini kita akan praktek menggunakan RB 751U-2HnD dan modul USB GPS external, karena pada dasarnya router ini belum memiliki GPS receiver.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan fitur GPS dengan cara mendownload package GPS yang terdapat di dalam file rar extra packages yang bisa kalian download di laman mikrotik https://mikrotik.com/download . Silakan pilih package yang susuai dengan arsitektur router dan bersi rputer OS yang kamu gunakan , lalu download. Setelah selesai, silakan install package GPS pada system >> GPS 

sinkronasi waktu dengan GPS


Lalu pasangkan GPS external tadi ke router vis USB. Pastikan jika GPS sudah terbaca pada mikrotik, caranya pergi ke menu system >> Resource >> USB
Gbr cek fitur gps
fitur GPS pada mikrotik

Apabila hardware sudah terbaca, langkah berikutnya adalah mengaktifkan GPS di mikrotik dengan cara mencentang Enable pada menu System >> GPS. Jangan lupa untuk mengaktifkan set system time agar pengaturan waktu pada routerboard akan mengikuti waktu dari data GPSnya. 

cara install GPS

Setelahh itu, maka mikrotik dapat menerima informasi data GPS yang dapat dilihat pada System >> GPS.
install GPS

Setelah data di dapatkan. Untuk Time pada routerboard ini tidak langsung berubah, sama dengan lokasi kita saat ini. dikarenakan GPS mengacu pada UTC time, karena pada saat ini saya berada di lokasi Yogyakarta, maka saya menggunakan GMT +7, silakan kamu sesuaikan time zone di menu system >> clock.

setting zona waktu GPS


Untuk kelebihan sinkronisasi dengan GPS dari pada NTP adlah ketka menggunakan GPS , kita tidak harus selalu menghubungkan router ke internet, sehingga akan sangat cocok jika digunakan jika jaringan tidak dibangun untuk akses internet. Misalkan saja diterapkan pada intranet. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.