Cara Memblokir Game Online Pada Jam kerja diMikrotik Menggunakan Address List

Cara Memblokir Game Online Pada Jam kerja diMikrotik Menggunakan Address List

Umuminfo - Siapa sih yang tidak suka dengan game ? apalagi game online. Namun tak sedikit dari kita yang bekerja masih bermain game pada jam kerja, apalagi di tempat kerja kita terdapat wiFi, wuhh tambah senang dong kita bermain game di sela jam kerja. Namun kita sebagai administrator jaringan sering sekali mendapatkan perintah untuk memblokir game online pada saat jam kerja ataupun jam sekolah bagi administrator jaringan di sekolahan. 

Jadi intinya ketika masih dalam jam kerja, karyawan tidak bisa bermain game online dengan koneksi kantor, akan tetapi ketika diluar jam tersebut karyawan boleh bermain ame sesuka mereka. Nah rute seperti itulah yang akan kita buat rule pada firewall filter nanti. 

Untuk percobaan pertama, mari kita buat firewall filter yang berfungsi untuk men-drop game yang saat ini memiliki banyak sekali pemain, seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk memblokir game tersebut ? nah pertama kita membutuhkan port game dan kedua protokol game tersebut. lalu bagaimana cara untuk mendapatkan port dan protokol dari game tersebut ?

Pertama, kalian bisa melakukan Torch pada saat client menjalankan game tersebut, sehingga kalian akan mendapatkan port dan protocol yang digunakan. 
Cara Memblokir Game Online
untuk cara yang lebih gampang, kalian tinggal browsing di internet mengenai port dan protocol game online yang akan kalian blokir, disana biasanya malah lebih lengkap untuk informasi yang kalian cari. Setelah berhasil mendapatkan port dan protocol dari game online, kemudian kita akan membuat rule di IP >> Firewall >> Filter 
Cara Memblokir Game Online
Chain = kita isi forward karena paket berasal dari luar router menuju ke luar router. Paket yang melewati router.
Protocol = Protocol game yang akan kalian blokir, bisa TCP atau UDP
Dst. port = Port Tujuan
In. ZInterface = Interface yang menuju ke client.
Action = dd dst to address list, yang berfungsi untuk mendapatkan ip server dari game online tersebut
Addrest list = untuk memberi nama pada List IP


berikut kita ambil contoh game online nya adalah mobile legend, berikut adalah list IP server dari mobile legend yang dapat dilihat di menu IP >> Firewall >> Address List
Cara Memblokir Game Online
Setelah mendapatkan list IP server dari mobile legend, lalu kita buat firewall filter untuk memblokir game online di hari kerja, yaiitu senin- jumat jam 08.00 - 17.00. Masih pada tab firewall kemudian klik Add. 
Cara Memblokir Game Online
Chain = masih sama menggunakan Forward, karena traffic hanya melewati ruter saja, atau dari luar router menuju ke luar router
Protocol = Protocol dari game online tersebut. bisa TCP atau UDP
In. Interface = interface menuju ke client
Cara Memblokir Game Online
Dst. Address List = Pilih list IP pada Address List yang sudah kita buat sebelumnya. 
Time = silahkan kalian sesuaikan dengan kebutuhan kantor kalian, pastikan time pada router sudah benar.
Action = Drop



Nah berikut adalah filter rule yang sudah kita buat
Cara Memblokir Game Online
Untuk melakukan pemblokiran game yang sedang hit lainnya, seperti PUBG, ROS, Free Fire bisa kalian lakukan dengan langkah yang sama. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.