Cara Mudah Merawat Ikan Cupang yang Kembung Agar Sehat Kembali

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang yang Kembung Agar Sehat Kembali

Bagi sahabat yang mengetahui atau selama ini merawat ikan cupang, pasti tahu tentang masalah perut kembung pada ikan cupang ini. dimana perut ikan cupang berukuran kecil dan rentan dengan masalah perut kembung. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah danpenyebab ikan cupang menjadi kembung ini dan bagaimana sih mengatasi ikan cupang yang kembung in, yuk simak artikel berikut ini.

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang yang Kembung 

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang yang Kembung

1. penyakit kembung pada cupang

Ikan cupang menjadi kembung ini umumnya terjadi karena ikan cupang kekenangan dan banyak aktivitas bakteri dalam perutnya. Jika tidak segera kamu obati, maka bisa beresiko kematian, dikarenakan kembug pada ikan cupang ini bisa mengganggu system kerja organ lain. 

Ikan cupang yang mengalami perut kembung ini akan menjadi malas untuk makan, dan malas bergerak. Jika bergerak akan terlihat sangat lambat karena di dalam tubuhnya terganggu dan mudah akan terserang penyakit seperti infeksi dan radang lambung. 

2. Alirakan air Terus Menerus

Ikan cupang yang mengalami sakit dan perut kembung, lebih baik dipisahkan ke kolam yang pengaliran dan kondisinya selalu bersih, lakukan pengaliran ini terus menerus sampai volume 80% dan lakukan secara berkala. Hal ini bisa memberikan ruang gerak pada kan cupang agar proses metabolism tubuhnya tetap berjalan dan memiliki kemampuan untuk bergerak 

3. Pisahkan ikan yang sakit.

Berikan ikan yang sakit dengan keadaan kolam yang bersih dan kolam yang kecil agar ia tidak terlalu banyak terpapar udara, dan jangan lupa untuk memastikan air yang diberikan untuk bebas dari bahan kimia dan memiliki pencahayaanyang baik serta keadaan suhunya antara 21 – 26 derajat. 

4. Berikan Obat Garam

Berikan pengobatan ikan cupang yang kembung dengan garam untuk  menerralisir bakteri yang ada di dalam lambungnya. Cara ini bisa dilakukan dnegna bahan alami. Berikan garam sebanyak 1sdt dan 1 galon air, jumlah garam dapat disesuaikan dengan jumlah air yang ada di kolam.

Garam ini akan menetralkan air dan bisa membunuh bakteri serta memberikan perasaan tenang pada ikan. Rasa sesak dan sakit pada lambung akibat bakteri ini akan berkurang. Jika terjadi masalah sembelit maka system pencernaan akan perlahan sembuh sebab air yang di tempatan berada pada pH yang tepat. 

5. Beri Pakan

Jangan lupa untuk tetap meberikan makan, berikan sedikit saja. Bisa sekitar setengah dari porsi makanan biasanya. Hal ini tidak masalah, dan ikan cupang akan tetap aman , dan biar ikan cupang memproses dan menguraikan oakan yang sebelumnya menumpuk.
Untuk lebih baik lagi, jika kamu memberikan pakan ikan cupang ini dengan bahan alami yang tinggi akan serat agar ikan cupang dapat dengan mudah menyerap makanan. 

6. Beri Antibiotik

Berikan antibiotic pada air kolam yang di tempati ikan cupang ini. jika ikan cupang mengalami tanda – tanda infeksi, seperti perutna berubah menjadi warna kemerahan dan tidak mau makan, maka larutkan antibiotic untuk membasmi bakteri, antibiotic ini tersedia di toko keperluan hewan.

7. Usahakan Air Selalu Baik

Jangan lupa untuk selalu membersihkan air setelah dicampurkan oleh antibiotic dalam kurn waktu 2 haari, agar ikan cupang berada di dalam air yang normal. 

8. Lakukan Evaluasi

Jika yang saya tulis ini benar, maka ikan cupang kamu akan secara perlahan akan sembuh dan biasanya ditandai dengan nafsu makan yang baik. Jika proses kesembuhannya lebih dari 1 minggu, maka kemungkinan terdapt cacar atau cedera pada organ dalam sehingga ini bisa membutuhkan waktu yang lama. Jika terjadi hal seperti itu, tetap lakukan pengobatan seperti yang telah dijelaskan diatas , yaitu menjaga kualitas air dan memberikannya antibiotic dan pakan yang berserat tinggi.

9. Perawatan Lanjutan

Ketika ikan cupang kembung sudah sembuh, maka lakukan perawatan lanjutan dengan cara memberikan pakan yang tinggi serat dan kaya dengan nutrisi dengan jumlah yang wajar.jangan lupa untuk mengganti air setidaknya 2 – 3 hari sekali dan jangan lupa untuk melakukan penimbangan berar badan ikan secara berkala untuk mengetahui perkembangan dan kualitas kesehatannya. 

Demikian yang dapat adimasrosid berikan , semoga artikel mengenai cara mengatasi ikan cupang yang mengalami perut kembung ini bisa membantu kamu. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.