3 Peristiwa Bersejarah Bagi Kaum Muslim Saat Bulan Ramadhan

3 Peristiwa Bersejarah Bagi Kaum Muslim Saat Bulan Ramadhan


Kita tahu bahwa ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, namun tidak hanya itu saja, ramadhan juga menjad momentum bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia. Mengapa ? karena pada bulan ramadhan ini ada 3 peristiwa yang penting, apa saja itu ?

3 Peristiwa Bersejarah Bagi Kaum Muslim Saat Bulan Ramadhan

3 Peristiwa Bersejarah Bagi Kaum Muslim Saat Bulan Ramadhan

1. Diturunkannya Alqur’an

Disaat nabi berusia 40 tahun, tepatnya pada 17 Ramadhan 13 Tahun sebelum hijriyah, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya pada Gua Hira. Pakar astronomi, Syekh Mahmud Basya, mengatakan bahwa waktu itu bertepatan dengan awal februari tahun 610 masehi.

Mendekati masa-masa turunnya wahyu yang pertama, Nabi sering berkhalwat di Gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah secara khusuk disana selama berharihari bahkan berbulan-bulan. Ditengah-tengah itu Nabi SAW di datangi Malaikat Jibril, ia lalu berkata “ Bergembiralah wahai Muhammad, Aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah untuk umat ini “

Pada hari itu turunlah wahyu pertama, yakni surah al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW dan hingga saat ini di peringati dengan Nuzulul Quran.

2. Terjadinya perang badar

Perang yang disebut Gazwah Badr al-Kubra merupakan perang yang menjadi pembeda karena menandai awal kejayaan umat muslimin. Dalam perang ini, Nabi membawa 313 pasukan msulim untuk menghadapi 950 pasukan non muslim.

Perbedaan jumlah yang begitu mencook ini tidak membuat kecil nyali pasukan tentara muslim. Dengan tekad yang kuat untuk membela Nabi, kaum muslim berhasil mengalahkan pasukan kafir tersebut. Dari pasukan muslim, gugur sebanyak 14 orang yang menjadikannya Syahid. Sedangkan dari pasukan kafir, terbunuh dan tertawan masing-masing 70 orang, dan salah satunya Abu Jahal.

Selepas perang badar, Nabi memerintahkan untuk mengebumikan umat msulim yang gugur, demikian juga dengan kaum kafir yang telah terbunuh. Peristiwa perang badar ini menurut para ahli sejarah terjadi pada jumat 17 Ramadhan 2 hijriyah atau bertepatan dengan 13 maret 624 masehi.

3. Penaklukan kota makkah atau sering disebut dengan fathu makkah.


Peritiwa ini terjadi pada 20 ramadhan tahun 8 hijriyah. Hari itu merupakan waktu yang bersejarah bagi umat islam karena Rasulullah dan para sahabat berhasil menaklukan kota makkah dalam sebuah perang yang disebut dengan perang Fathu Makkah ( Penaklukan Makkah). Perang ini dipicu karena perbuatan orang Quraisy yang merusak satu erjainjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah.

Pada saat itu, orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Nabi. Dalam pertempuran ini, Nabi mengerahkan 10 ribu pasukan Muslim dan mengutus Khalid Bin Walid sebagai panglima perang. Nabi selalu berpesan untuk tidak memulai menyerang sebelum di serang.

Ketika perang terjadi, Nabi beserta bala tentara berpernag dengan keadaan berpuasa, tetapi tidak menjadikan mereka lemah. Senaliknya, pasukan muslim berhasil menaklukan tentara Quraisy hingga mereka menyatakan memyerah.

Pasca perang tersebut. Nabi memerintahkan untuk mengahancurkan berhala di sekitar ka’bah yang berjumlah 360 buah, dilanjutkan dengan kumandang takbir oleh kaum muslimin, Shalatnya Nabi di makam Ibrahim dan meminum air zamzam.

Meski telah memenangkan dan telah merebut kebebasan makkah, Rosululoh tidak serta merta menghabisi para musuh.  Namun Nabi memaafkan mereka dan mengizinkan mereka untuk bebas walaupun mereka merupakan orang yang selalu berusaha menyakiti dan membunuh Nabi.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.