Tutorial Mengambil Long Screen Shot pada Android 12

Tutorial Mengambil Long Screen Shot pada Android 12

Android 12 beta ke 3 kini hadir dengan beberapa fitur yang sudah lama diminta dan tentunya dengan peningkatan kualitas di sana - sini, yang salah satunya yaitu tangkapan layar bergulir atau bisa disebut dengan long screen shot. 

cara mengambil long screen shot


Kalian bisa memotong dan mengedit tangkapan layar yang telah kalian ambil, tapi untuk yang dulu ada batasan ukuran yang sesuai dengan layar ponsel kalian. Sekarang setelah adanya update, kalian bisa memilih "tangkapan lebih banyak" dan ambil lebih dari dua kali lipat ruang layar daripada yang dulu.


Cara Mengambil Long Screen Shot pada Android 12

Sebelum kalian dapat memperluas tangkapan layar, kalian harus menginstall dahulu android 12 beta pada ponsel kalian, jika sebelumnya kalian telah menginstall beta, kalian hanya perlu mengupdate ke beta 3 dengan menggunakan pembaruan OTA. Caranya cukup buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem, lalu periksa apakah tersedia atau tidak, jika tersedia maka tinggal unduh dan install. Setelah itu, berikut cara untuk mengambil long screen shot :

  1. Ambil tangkapan layar pada aplikasi apapun dengan menggunakan pintasan tangkapan layar pada android kalian
  2. Untuk mengambil tangkapan layar diandroid, umumnya menggunakan pintasan dengan menekan dan menahan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan, sampai layar kalian berkedip. 
  3. Setelah itu akan muncul 3 tombol, Bagikan, Edit dan Tangkap lebih banyak . Lalu pilih tangkap lebih banyak untuk menlanjutkan.
  4. Setelah kalian mengetuk opsi itu, layar akan mengecil, sehingga kalian bisa melihat ukuran tangkapan layar maksimum yagn bisa ditangkap pada halaman yang kalian pilih. Tarik jendela tangkapan layar ke bawah sampai yang kalian butuhkan. 
  5. Setelah sudah mendapatkan sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan, tinggal tekan simpan untuk mengirimnya ke folder screenshot android kalian.

Nah begitulah Cara Mengambil Long Screen Shot pada Android 12.  Semoga membantu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.