Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android dan Windows

Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android dan Windows

Kecepatan internet memang sangat di perlukan oleh para pengguna perangkat android ataupun windows, selain untuk hanya browsing, bermain game sampai dengan bekerja. Bahkan menurut informasi yang di rangkum di gig.id, di negara Indonesia telah menduduki posisi delapan sebagai negara yang memiliki koneksi internet yang lambat. Selain di pengaruhi operator provider internet, kecepatan internet juga bisa dipengaruhi beberapa faktor juga baik itu pada windows dan android. Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana mempercepat koneksi internet di android ataupun di windows. Yuk simak

Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android dan Windows


Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android dan Windows
(Image By KJNNT)


1. Cara mempercepat koneksi internet pada android

Menggunakan ad-blocker

    Salah satu penyebab kecepatan internet pada perangkat android atau smartphone menjadi lambat mungkin bisa saja karena kalian tidak memblokir iklan yang ada. Jika hal ini terjadi, kalian memang belum memblokir iklan yang ada di smartphone kalian. Kalian bisa menggunakan Ad blocker seperti UC Browser atau bisa juga opera browser. 

Menggunakan jaringan 4G only atau 3G only

    Jika dengan cara yang pertama kalian masih belum juga bisa mempercepat koneksi internet pada android kalian, kalian bisa mngatur kecepatan jaringan internet dengan dua opsi jaringan ini. Unyuk bisa mengaktifkan jaringan 4G atau 3G caranya cukup mudah, kalian tinggal ke pengaturan > pilih more > kemudian mobile network, lalu pilih network mode > pilih jaringan 4G only atau 3G only sesuai dengan kebutuhan kalian. Atau kalian juga bisa mengatur ini dengan cara melakukan dial ke *#*#4636#*#*

     kalian juga bisa menggunakan aplikasi 3G atau 4G speed optimizer yang mana berfungsi untuk mempercepat akses internet sampai dengan 200%. Karena aplikasi seperti ini bisa bekerja dengan memberikan tweek secara khusus sehingga bisa memberika keleluasaan dalam memilih dan mengatur kecepaan akses internet sesuai dengan keperluan kalian. Namun untuk menggunakan aplikasi seperti ini , android kalian harus sudah di root dulu.

Menghapus cache

    Aplikasi yang memiliki cache jika lama dibiarkan bisa juga memberatkan performa pada perangkat smarphone kalian loh. Selain mengganggu performa, juga bisa membuat proses layanan data internet kalian menjadi berat, jika cache sudah lama menumpuk. Nah agar koneksi internet pada perangkat android kalian semakin cepat, maka rajin raji lah untuk membersihkan cachenya. Untuk megahpusnya juga cukup mudah, pada zaman sekarang ini, sudah banyak smartphone yang sudah memberikan aplikasi untuk membersihkan cache seperti ini. Atau kalian juga bisa melakukan manual dengan cara masuk ke menu settings > storage dan cache > pilih clear cache

Menggunakan VPN

    Ada banyak sekali VPN yang ada di playstore, kalian cukup memilih satu yang memiliki ratting tertinggi atau juga bisa memina rekomendasi dari teman kalian yang sudah sering menggunakan VPN. Selain untuk mempercepat akses internet, menggunakan aplikasi VPN juga bisa di gunakan situs situs yang di blokir oleh pemerinta. PAstikan untuk terhubung dengan IP Address dilokasi / negara yang sesuai ya. 

Setting user agent

    Cara yang terakhir untuk mempercepat koneksi internet pada android adalah dengan melakukan setting user agent. Walapun sudah banyak sekali situs yang sudah responsive dalam menyesuaikan tampilan secara otomatis jika dibuka lewat perangkat smartphone. Namun terkadang ada juga pihak yang tetap memaksa memakai tampilan web untuk komputer di ponsel. Hal seperti ini lah yang justru membuat akses internet menjadi rada berat. 

    Nah untuk mengakali hal yang seperti itu, kalian bisa megganti user agent pada browser mobile kalian. Setting ini bertujuan untuk melakukan kompress data agar bisa menyesuakan tampilan mobile.


2. Cara mempercepat koneksi pada windows

Non-aktfikan pembaruan peerto per

    Pembaruan peer to peermerupakan fitur pada windows yang mana komputer kalian akan berbagi pembaruan windows peer to peer dengan komputer lain melalui internet, yang akan membahayakan koneksi internet kalian, oleh karena itu, masalah internet yang akan menjadi lambat. Untuk menon-aktifkan ini kalian bisa melakukan berikut ini :
  1. Tekan logo windows dan R secara bersamaan, lalu ketika update kontrol di kontak dan tekan enter
  2. Pilih advenced options.
  3. Klik delivery optimization ( pilih bagaimana pemaruan dikirim tergantung pada build windows 10 kalian )
  4. Matikan izin unduhan dari PC lain ( Perbarui dari lebih dari satu tempat ) ke mati
  5. Periksa apakah masalah internet kalian sudah teratasi atau belum, maka lanjut ke step berikutnya

Non-aktifkan auto update windows

    Jika menggunakan windows 10, kalian pasti akan mengetahui jika setelan pabrikan sistem operasi tersebut akan mengatur agar pembaruan berjalan otomatis, walaupun ini bertujuan baik, hal seperti ini juga banyak yang menilai "mengganggu" bagi pengguna lain. Oleh karena itu, terdapat banyak cara untuk mematikan auto update windows 10. Berikut salah satu cara nya
  1. Masuk ke Settings, klik update & security
  2. Klik advanced options
  3. Centang pada bagian defer upgrades
    Karena hal ini hanya menunda untuk pembaruan saja, kalian harus menon-aktifkan fitur ini saat berada dalam jaringan dengan kuota tak terbatas, mungkin dalam koneksi WiFi. Agar windows kalian tetap update. Nah untuk caranya juga sama yang diatas ya. Bedanya tinggal di uncentang pada step terakhir  

Non-aktifkan auto tunning pada windows

    Windows auto tunning adalah fitr untuk memungkinkan transfer data yang lebih efisien. Tapi hal ini juga bisa mengganggu jaringan dan efeknya bisa menyebabkan hilangnya koneksi internet kalian. Untuk mematikannya bisa melakukan langkah berikut ini. 
  1. Tekan logo windows lalu ketik "cmd"
  2. Salin dan tempel antarmuka netsh tcp show global ke jendela dan tekan enter
  3. Kemudian periksa apakah receiver windows auto tunning level diatur ke normal
  4. Jika ya, anda harus menyalin dan menempel etsh int tcp set global autotuninglevel = dissabled ke dalam jendela dan tekan enter untuk menonaktikannya

Perbarui dirver WiFi pada windows

    Kalian bisa memperbarui driver kalian secara otomatis dengan menggunakan Driver Easy versi gratis atau yang versi Pro. Berikut cara menggunakan Driver Easy 
  1. Unduh dan instal Driver Easy.
  2. Jalankan Driver Easy dan klik tombol Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver yang bermasalah.
  3. Klik Perbarui Semua untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal versi yang benar dari SEMUA driver yang hilang atau kedaluwarsa di sistem Anda (ini memerlukan versi Pro - Anda akan diminta untuk meningkatkan ketika Anda mengeklik Perbarui Semua).Anda juga dapat mengklik Perbarui untuk melakukannya secara gratis jika Anda mau, tetapi sebagian manual.
  4. Restart komputer Anda dan lihat apakah masalah Windows 10 Slow Internet telah diselesaikan. Jika ya, selamat! Jika issus masih berlanjut, lanjutkan ke Perbaiki 4, di bawah ini.

Sesuaikan pengaturan bandwidth internet

    Secara default windows akan mencadnagkan 20% bandwidth kalian untuk pembaruan windows, aplikasi sistem dan untuk tujuan lain, sehingga kalian ahnya memiliki 80% bandwidth koneksi internet. Jika hal ini tidak menggunakan pembaruan windows setiap hari dan batas reservasi meperlambat internet kalian. Kalian bisa menghapus batas tersebut dengan menyetel nilai ke 0. Nah berikut carnaya. 

  1. Pada keyboard Anda, tekan Ctrl, Shift dan Esc secara bersamaan untuk membuka Task Manager.
  2. Klik File> Run new task.
  3. Salin & tempel gpedit.msc ke dalam kotak, centang kotak sebelum Buat tugas ini dengan hak akses administratif dan klik OK.
  4. Di bawah Konfigurasi Komputer, klik dua kali pada Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler. Kemudian klik dua kali pada Limit reservable bandwidth.
  5. Klik opsi Enabled dan setel nilai Bandwidth limit (%) ke 0. Kemudian klik Apply > OK. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.