Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Konek Internet

Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Konek Internet

Kita semua pasti sudah tahu jika kata "internet" memang tidak bisa dipisahkan pada era digital ini, baik itu untuk keperluan kerja atau hiburan saja. Dalam mengakses internet, kebanyakan orang cenderung mengandalkan smartphone mereka. Menurut hasil survei Asosiasi Penyelanggaraan Jasa Internet Indonesia(APJII) pada tahun 2017, sebanyak 50,08% dari total 262 juta orang Indonesia menggunakan smartphone android untuk mengakses internet. Jadi, kamu bisa bayangkan apa yang terjadi jika HP kita tidak bisa konek dengan internet. Aktivitas sehari hari pasti akan terganggu kan ?

Diinternet kita juga bisa menemkan konten untuk pembelajran, sebagai media hiburan, untuk bekerja, dan untuk mengakses sosial media seperti chattin, dsb. Nah berikut ini rangkuman yang akan menghadirkan bagaimana cara mengatasi HP smartphone yang tidak bisa tersambung dengan internet. 

Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Konek Internet

Cara Mengatasi Smartphone Android  Tidak Bisa Konek Internet


1. Cek tanggal dan waktu smartphone

Tangal dan waktu pada smartphone mungkin terkesan sangat sepele kan? dari itu lah yang membuat banyak orang yang mengabaikan pengaturannya. Padahal, pengaturan waktu dan tanggal yang kurang sesuai bisa menjadi salah satu penyebab android kita tidak bisa konek dengan internet. 

Padahal cara untuk mengaturnya cukup bisa dibilang sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan lalu pilih setelan tambahan, pilih opsi tanggal dan waktu. Setelah itu atur tanggal dan waktu Smartphone kamu sesuai dengan kalender. Dengan begitu, tanggal dan waktu pada smartphone kamu sudah sesuai dengan operator, sehingga kamu bisa menikmati jaringan internet.

2. Pancing sinyal operator

Apabila dengan mengganti tanggal dan waktu masih belum bisa konek dengan internet, kamu bisa mencoba memancing sinyal operator pada smartphone kamu, karena dengan cara ini bisa membuat sinyak yang tadinya lemah menjadi lebih kuat karena adanya pembaruan jaringan. Beriikut cara untuk memancing sinyal operator
  • Masuk ke pengaturan > mode pesawat.
  • Tunggu beberapa menit, lalu nonaktifkan lagi mode pesawat nya
  • Kamu juga bisa melakukan dengan cara turn of atau restart smartphone kamu. 
  • Biarkan selama beberapa menit, kemudian nyalakan lagi.

3. Mengalihkan jaringan secara manual

Saat ini, mode jaringan internet apa yang sedang kamu gunakan? pada umumnya, kebanyakan orang indonesia mengaktifkan jaringan mode 4G LTE pada smartphone mereka, karena dianggap bisa membuat koneksi internet paling cepat. Nah, jika HP kamu tidak bisa internetan, coba alihkan dulu jaringannya secara manual. Pindahkan dulu ke jaringan 2G atau 3G untuk sementara waktu, lalu kamu bisa mengganti lagi ke 4G LTE. 

Jika mengganti jaringan masih belum bisa, kamu bisa mengubah type network untuk smartphone kalian dengan cara melakukan dial ke *#4636#*#* lalu pilih sim mana yang kalian pakai untuk internet, setelah itu silakan ganti pada network type nya.

4. Coba hapus cache memori

Seiring dengan lamanya pemakain android atau HP secara terus menerus, akan berdampak dengan semakin banyaknya cache memori yang akan tertumpuk di android kamu. Nah cache yang menumpuk ini bisa berisiko mengganggu koneksi internet juga. 


Cara ini dilakukan agar cache pada ponsel kamu tidak menumpuk terllau banyak agar koneksi internet tidak terganggu. Untuk membersihkannya kamu bisa masuk ke pengaturan > setelan tambahan > manajemen aplikasi > cari nama aplikasi > hapus cache. atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3 seperti "Clean Master"

5. Reset APN

Setelah melakukan cara diatas tapi masih belum bisa juga. Coba kamu reset APN yang ada di android kamu. Setiap provider atau operator internet biasanya menyediakan jenis APN yang berbeda beda juga. Tujuannya agar kamu bsia menggunakan internet pada perangkat smartphone kamu secar a langsung. Jadi perubahan APN bisa merubah koneksi internet bahkan justru hilang. Karena itu, coba lakukan reset APN pada smartphone kamu. 

Smartphone android yang tidak bisa konek dengan internet sudah menjadi masalah yang umum pada era saat ini. Namun, bukan berarti kamu bleh berdiam saja, kamu bisa melakukan cara diatas untuk  mengatasi smartphonemu yang tidak bisa konek dengan internet agar bisa nyaman dalam aktivitas sehari hari kamu. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.