Tips Meningkatkan Kinerja dan Kecepatan Akses Smartphone

Tips Meningkatkan Kinerja dan Kecepatan Akses Smartphone

Tips Meningkatkan Kinerja dan Kecepatan Akses Smartphone


Saat ini hampir semua kalangan sudah menggunakan smartphone / android platform. Karena perangkat ini tersedia dalam berbagai harga. Namun, pemakaiannya untuk keiatan sehari - hari bisa membuat kinerjanya semakin lama semakin melambat. Nah, jika smartphone kamu sudah mulai mengalami gejala lambat ( lemot ), pasti akan membuat kamu merasa jengkel bahkan sampai penat. Berikut ini kita akan membagikan tips untuk meningkatkan kinerja smartphone. 

Update Sistem Operasi Smartphone Kita


Tips Meningkatkan Kinerja dan Kecepatan Akses Smartphone


Salah satu penyebab lambatnya android atau smartphone kita adalah kurngnya optimalisasi pada sistem operasi nya. Dengan memperbarui sistem operasinya, android atau smartphone akan lebih optimal. Pada umumnya ada beberapa smartphone yang dapat memperbarui sistem operasinya (OS) secara otomatis, namuan, kita juga bisa memperbaruinya secara manual dengan cara masuk ke 

pengaturan > tentang telepon > pembaruan

Menggunakan Custom ROM

Untuk cara ini mungkin kita harus lebih hati hati lagi, tapi apa salahnya dicoba. Dalam menggunakan custom ROM ini kita bisa malakukan cara in ketika sistem operasi bawaan smartphone kita sudah tidak lagi update dan membuat berat pada sistem android atau smartphone kamu. Apabila terjadi seperti itu, kamu bisa menggantikan sistem operasi bawaan. Akan tetapi cara ini harus malakukan instalasi yang tidak biasa dan kamu harus mengerti beberapa istilah berikut ini. 

  • Bagaimana cara root/super user bekerja
  • Pemilihan custom ROM yang cocok untuk smartphone
  • Bagaimana cara instalasi custom recovery
  • Bagaimana cara melakukan flashing

Namun, jika kalian belum paham dengan istilah diatas,saya sarankan untuk tidak malakukan cara yang satu ini. 

Mematikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi merupakan upaya untuk menarik data baru dan menyajikannya kepada pengguna - yang sudah tentu ini menggunakan internet dan akan menguras baterai kamu. Sinkronisasi merupakan salah satu yang menyebabkan smartphone akan lemot juga loh.

Kita juga bisa mengakses pengaturan singkronisasi di Settings > Account > Auto-sync. Bagi kamu yang tidak mau mematikan sinkronisasi otomatis ini, kamu bisa mngurangi frekuensi singkronisasinya.



Periksa Memori yang Tersedia

Banyak aplikasi yang diunduh adalah alasan utama kinerja smartphone android menjadi lambat, Batas minimal untuk kinerja android tanpa hambatan adalah 20%. Jadi jika smartphone kamu memliki kapasitas penyimpanan 8 GB maka harus tersedia 1 GB memori yang tidak terpakai, agar proses meningkatkan kinerja smartphoe bisa lebih lancar dan memerikan ruang nafas bagi android atau smartphone kita.

Periksa Ruang Kosong yan Terpakai Aplikasi

Kapasitas RAM yang tersedia akan sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi RAM yang tersedia, maka  semakin aman dari kata 'lemot'. Terlebih lagi bagi kita yang sering bermain game. 

Meningkatkan kineja smartphone akan menjadi langkah yang sangat jrusial, terutama yag berhubungan dengan kapsaitas. Jika kalian hendak menginstall aplikas, maka kalian terlebih dahulu harus mengetahui ruang penyimpanan yang di gunakan oleh aplikasi tersebut. dan apakah menguras RAM kita atau tidak. 

Jarang Restart Android / Smartphone

Cara ini paling mudah dalam pengaplisiannya. Dengan cara merestart smartphone kalian, smartphone mu akan bisa kembali bekerja dengan normal, atau kalian bisa langsung mengaplikasikan langkah ini setelah kalian malakukan langkah langkah sebelumnya. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.