Berikut Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan | No 7 Dambaan Wanita

Berikut Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan | No 7 Dambaan Wanita

Kunyit dengan madu sering sekali menjadi bahan obat herbal. Karena kandungan vitamin dan nutrisinya yang baik  bagi tubuh, Berikut Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan


Kunyit dan madu sudah sama sama terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, Lalu bagaimana jika keduanya digabungkan ? Tentu manfaatnya sangat baik untuk tubuh , apalagi dimasa wabah pandemi seperti ini. 


Sebagai bahan alami, kunyit maupun madu dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. menurunkan kolesterol, bahkan mencegah kanker. Berikut Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan yang sayang kalau kalian lewatkan. 


Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan


Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat minum kunyit dan madu yang bisa kita dapat adalah meningkatnya sistem imun. Karena kunyit atau madu semua memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Sifat tersebut akan membantu tubuh lebih siap dalam menghadapi serangan dari berbagai penyebab penyakit mulai dari bakteri hingga virus.

2. Meurunkan kolesterol

Kunyit dan madu juga sama- sama memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di tubuh. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko utama dalam terjadinya penyakit jantung dan stroke. 

3. Menyehatkan Paru-paru

dengan rutin mengkonsumsi kunyit juga dinilai baik untuk kesehatan paru paru loh. Rempah yang satu ini disebut berpotensi bisa meredakan gejala penyakit paru kronis. Bahkan menurut penelitian, kunyit juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma., fibrosis paru, sampai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).


Walau begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat meminum kunyit dan mandu .

4.  Menjaga daya ingat

Madu mengandung polifenol yang bisa membantu dalam meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat secara signifikan. Sementara itu, antioksidan yang terdapat dalam kunyit bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan salah satu [enyakit degeneratif yang paling banyak terjadi dan membuat pengidapnya pikun. 

5. Baik untuk pengidap diabetes

Manfaat minum kunyit madu untuk pengidap diabetes juga tak kalah baiknya/ Kunyit dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy atau penyakit ginjal diabetes. 


Namun peran kunyit tersebut didapatkan ddari penelitian menggunakan hewan uji. Sampai saat ini penelitian klinis dimanusia masih perlu lebih banyak dilakukan. Sementara itu, madu juga bisa menjadi alternatif pemanis yang sedikit lebih sehat dibandingkan gula. 

6. Meredakan peradangan

Baik kunyit maupun madu sama sama memiliki kandungan anti peradangan yang menyehatkan untuk tubuh. KAndungan antiinflamasi dalam kunyit bahkan bisa menjadi altenatif obat antiradang seperti ibuprofen. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. 


Dalam beberapa kondisi peradangan ditubuh yang dinilai bisa diredakan oleh kunyit anatara lain : radang sendi atau arthritis, penyakit radang usus, dan radang pankreas. 

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas berlebihan. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini di kulit. 

8. Membantu meredakan batuk

Kamu juga bisa memberikan campuran kunyit dan madu bagi anak untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh sekaligus meredakan batuk. Disebuah penilitian yang dilakukan pada 300 anak berusia 1-5 tahun, madu terbukti bisa meredakan batuk yang menyerang di malam hari. Sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur anak tersebut.

9. Mencegah kanker

Deretan Manfaat Minum Kunyit Madu Bagi Kesehatan yang terakhit adalah mencegah kanker. Sifat antiperadangan dan antioksidan yang dimiliki oleh keduanya berperan besar untuk mendapatkan khasiat yang satu ini. 


Meski alami, kunyit dan madu tetap bisa memicu alergi pada beberapa orang. Sehingga kamu harus tetap berhati hati dalam mengkonsumsinya. Apabila kamu memliki riwayat penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila ingin mengkonsumsi campuran kunyit dan madu sebagai obat atau suplemen.  Karena bahan bahan ini bisa saja menganggu kerja obat yang sedang rutin anda minum. 


Cara membuat minuman kunyit madu


Bagi kamu yang ingin mencoba mulai minum kunyit dan madu secara rutin, Berikut resep yang bisa kamu coba :


Bahan :

  • 2 sendok teh kunyit bubuk atau parut
  • 1 sendok teh madu
  • air secukupnya

Cara membuat :
  • Rebus air hingga mendidih, jumlah air bisa disesuaikan dengan selera, ingin yang encer atau yang pekat
  • Campurkan kunyit dan rebus selama kurang lebih 10 menit
  • Saring air rebusan kunyit dan masukan ke gelas. Campur madu dan aduk hingga rata. Jika ingin menambahkan rasa, kamu bisa menambahkan perasan lemon, jeruk nipis atau jahe.

Manfaat minumkunyit dan madu memang terlihat menggiurkan, Tapi kamu juga perlu ingat bahawa campuran keduanya bukanlah satu staunya jalan untuk meningkatkan imun maupun menyembuhkan penyakit.


Tetaplah menjalani pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, memakai masker, mengonsumsi makanan bergizi , dan rutin berolah raga. Jika sakit, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.