Yang Belum Tau Nih ! Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Dari Telkomsel Hingga 50 GB

Yang Belum Tau Nih ! Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Dari Telkomsel Hingga 50 GB

Sejak bulan september kemarin, pemerintah mulai memberikan bantuan kuota internet gratis untuk menunjang pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 melalui provider XL, Indosat sampai dengan Telkomsel. 

Hal ini dilakukan pemerintah demi menunjang pembelajaran jarak jauh, atau belajar dirumah dimasa pandemi covid-19. Kuota gratis ini diberikan untuk murid guru dosen hingga mahasiswa. 

Bantuan kuota internet gratis ini dibilang cukup besar juga loh, mulai dari 35 GB untuk murid perbulan, dan guru sebesar 42 GB perbulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen masing masing mendapatkan 50 GB perbulan. 

Kemendikbud berencana memberikan subsidi kuota gratis selama 4 bulan mulai dari september hingga desember 2020. 

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Dari Telkomsel


Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Dari Telkomsel

Cara cek kartu

Denny Abidin selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel, menyampaikan jika untuk pelajar atau mahasiswa ataupun pengajar dapat melakukan pengecekan. Kemudian mendaftarkan nomor elkomselnya melalui admin ataupun perwakilan dari sekolah dan kampus. 

Nantinya nomor tersebut akan didaftar diaplikasi data pokok pendidikan ( Dapodik ). Adapun khusus untuk bulan september pihaknya menjelaskan pendaftaran diperpanjang hingga 15 september 2020. Denny mengatakan sejak awal pandemi Telkomsel telah menghadirkan paket produk ilmupedia dan cpnference sebagai dukungan untuk kelancaran proses pembelajaran jarak jauh ( PJJ )

Kuota kemendikbud

Mengutip dari kompas Kepala biro kerja sama dan hubungan masyaakat ( BKHM ) kemendikbud, Evy mulyani menyampaikan hingga jumat ( 11/09/20 ) sudah ada 21,7 juta siswa yang terdaftar di data pokok pendidikan ( Dpodik ) dari 44 juta siswa. 

Serta sudah sebanyak 2,8 juta nomor guru dari 3,3 juta guru di indonesia, adapun untuk mahasiswa nomor ponsel yang terdaftar ada sebanyak 2,7 juta nomor dari 8 juta mahasiswa, selain itu 161 ribu dosen dari 250 ribu dosen. 

Bantuan kouta internet gratis tersebut di bagi menjadi 2 jenis, yaitu berupa kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum sendiri merupakan kuota data yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, Sedangkan untuk kuota belajar adalah kuota data yang bisa digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar dalam web ( https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ )

Untuk masa aktif kuota internet gratis tersebut adalah 30 hari. Untuk pemberian kkuota gratis ini hanya untuk 1 nomor kertu perdana. Dengan jadwal penerimaan kuuota internet gratis sebagai berikut :

1. Bulan kedua
  •  Tahap I, pada tanggal 22 - 24 oktober 2020
  •  Tahap II, pada tanggal 28 - 30 Oktober 2020

2. Bulan ketiga dan keempat
  • Tahap I , diberikan pada tanggal 22 - 24 november 2020
  • Tahap II, diberikan pada 28 - 30 November 2020

Evry menyebutkan program bantuan kuota gratis ini diperuntukan untuk memfasilitasi pembelajaran daring bagi guru dan siswa dimasa pandemi. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.