6 Tips Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif

6 Tips Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif

Memiliki berat badan yang ideal memang impian bagi semua orang. Maka tidak heran jika banyak yang melakukan diet dan banyak juga metode diet yang banyak beredar yang diklaim ampuh dalam menurunkan berat badan.

Namun faktanya, tidak semua pola diet yang sekarang populer ini mampu menurunkan berat badan dengan efektif. Bahkan, pola diet yang sembarangan bisa membuat berat badan kamu malah meningkat atau bisa bisa tubuh kamu menjadi sering sakit.

6 Tips Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif

6 Tips Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif

Menurut ahli diet dari Cleveland Clinic, Anna Kippen, hal terpenting dalam menurunkan berat badan adalah dengan membentuk kebiasaan makan makanan yang baik. Nah Berikut tips sehat untuk menurunkan berat badan dari kippen.

1. Jangan mengurangi porsi makan secara drastis

Sama seperti makan berlebihan, Kippen mengatakan bahwa mengurangi asupan makanan justru merusak kesehatan kita. 

Karena dengan mengurangi asupan makanan memang bisa membuat berat badan kita cepat turun. Namun, pola diet dengan semacam ini juga bisa membuat berat badan kita kembalinaik dengan cepat, yang dalam istilahnya sering disebut dengan diet yoyo.

Bahkan dengan mengurangi asupan makanan bisa membuat kita datang kepada resiko berbagai penyakit kronis, Perlu diingat, diet bukan berarti membuat tubuh kita kelaparan ya.

Namun yang perlu kita perhatikan ketika diet menurunkan berat badan adalah menajaga kualitas makanan yang kita konsumsi bukan kuantitasnya.

2. Perhatikan asupan kalori

tidak banyak orang yang menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori, padahal kita hanya perlu mempertahankan keseimbangan kalori yang masuk dan yang kita bakar ketika kita melakukan aktivitas. 

"Tubuh perlu mempertahankan keseimbangan kalori untuk mencapai berat badan ideal namun jumlah  kalori yang cukup tidak menjamin tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup," ucap kippen 

Menurut kippen, kita hanya perlu memilih makanan berdasarkan kepadatan nutrisi yang terkandung di dalamnya. yang berarti kita bisa memilih asupan kalori sehat yang juga mengandung banyak vitamin, meineral, serat, protein, dan lemak sehat.

Makanan yang kaya nutrisi sangat dibutuhkan oleh sel tubuh agar bisa berfungsi dengan baik dalam mencegah penyakit yang datang. Selain itu, makanan yang kaya nutrisi juga membuat kita kenyang lebih lama. 

3. Konsumsi sayuran segar

Bukan rahasia lagi jika mengkonsumsi sayuran memang cara terbaik dalam mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat.

Selain itu, kandungan serat dalam sayuran juga membantu dalam kesehatan pencernaan tubuh kita. Namun, kita harus hati hati dalam memilih sayuran, karena banyak makanan berbahan sayuran yang justru bisa merusak diet kita, contohnya seperti keripik bayam atau keripik wortel.

Pilihlah sayuran yang segar, karena sayuran segar kaya dengan nutrisi yang tinggi dan sayuran segar juga rendah kalori namuan bisa membuat kita merasa kenyang .

4. Pilih buah utuh daripada jus

Minuman yang terbuat daru buah jjuga seringkali mengandung gula yang tinggi yang bisa membuat lonjakan gula darah dan sekresi insulin. Konsumsi gula tinggi akan membuat timbunan lemak dalam tubuh bisa meningkat. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan yang bergula tinggi juga bisa membuat rasa lapar dan nafsu makan yang tinggi loh.

Sebaiknya, pilihlah buah utuh dan segar, karena kandungan vitamin, mineral, dan seratnya yang tinggi. Kandungan gula dalam buah segar juga tergolong lebih rendah.

5.Kurangi konsumsi gula

Asupan gula yang berlebihan bisa memicu obesitas, diabetes tipe II dan berbagai penyakit kronis lainnya. 

Sebelum membeli atau memakan sesuatu lebih baik kita membaca label makanan yang tertera, dan alangkah baiknya kita makan makanan yang hasil dari masakan kita sendiri. Karena banyak makanan kemasan yang diklaim sehat, namun ternyata justru mengandung gula yang cukup tinggi.

6. Hindari produk rendah lemak

Kenapa rendah lemak ? mengkonsumsi makanan dengan lemak yang tinggi bukan berarti akan menambah timbunan lemak dalam tubuh kita. 

Faktanya, Lemak adalah sumber utama bahan bakar untuk tubuh dan membantu penyerapan vitamin A,D,E,K serta karoten.

Lemak juga bisa membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan juga bisa menekan nafsu makan kita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita perlu mengkonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, almond, dan sarden.

Selain itu hindari makanan yang diproses tinggi karena mengandung banyak lemak tidak sehat yang malah bisa menambah berat badan kita dan juga bisa memicu berbagai penyakit.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.