Jangan Bingung Begini Tips Memilih Prodi SBMTPN Tahun ini

Jangan Bingung Begini Tips Memilih Prodi SBMTPN Tahun ini

Umuminfo - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Tes masuk perguruan tinggi ( LTMPT )  telah resmi membuka pendaftaran selesksi bersama masuk perguruan tinggi negeri ( SBMPTN ), Dikutip dari CNN SBMPTN kali ini bisa diikuti lulusan dari tahun 2018 -  2020 dan pendidikan menengah serta lulusan paket C.

Informasi pembukaan SBMPTN ini disambut meriah oleh para siswa tentunya, namun sampai saat ini masih ada siswa yang bingung dengan pilihan prodinya, tidak cuma menentukan karier di masa depan saja. dalam pemilihan jurusan kuliah yang tepat juga menjadi peluang dalam kelulusan dalam seleksi SBMPTN tahun ini. berikut strategi pemilihan jurusan kuliah yang tepat. 

Tips Memilih Prodi SBMTPN Tahun ini

Tips Memilih Prodi SBMTPN Tahun ini


1. Sebelumnya,Pastikan kamu sudah mengetahui peraturan terkait prodi di SBMPTN tahun ini

Sama dengan tahun tahun sebelumnya, pada tahun ini SBMPTN masih dibagi menjadi 2 kelompok yaitu SAINTEK dan SOSHUM. Selain itu juga ada kelompok campuran untuk yang ingin mencoba masuk di jurusan SAINTEK atau SOSHUM. Nah berikut dirangkum dari hipwee.

  • jika jurusan yang kamu pilih semua dari kelompok saintek, maka kamu harus mengikuti kelompok saintek
  • jika jurusan yang dipilih dari kelompok soshum, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian soshum
  • jika jurusan yang kamu pilih adalah dari saintek dan soshum, maka kamu harus mengikuti ujian campuran.
untuk pemilihan PTN nya bebas, tidak harus dalam satu domisili tempat tinggal mu, dan jangan lupa bahwa urutan prodi juga digunakan untuk menandakan prioritas pilihanmu. 

2. Cek Peluang jurusan pilihan mu di beberapa PTN yang kamu pilih

Umumnya, panitia akan membagikan data tentang daya tampung dan peminat untuk tahun lalu, yang mana data ini bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan pilihan kamu. Agar peluang kamu lolos semakin besar, gunakan data itu untuk membandingkan peluang jurusan di beberasap universitas yang akan kamu pilih. 

baca juga : pengganti UKK

kamu bisa membuat semacam tabel perbandingan presentase peluangnya, dari presentase itu kamu bisa menentukan mana yang memiliki peluang besar kamu bisa di terima, semakin kecil presentase makan pesaing kamu juga semakin ketat. dari presentase itu, kamu juga bisa menentukan mau pindah jurusan atau mau berusaha keras untuk lolos di jurusan dan universitas yang kamu pilih. 

3. Jangan fokus pada satu jurusan

nah ini yang biasanya teman teman lakuin, terlalu kekeuh dengan satu jurusan, sedangkan untuk lolos pada jurusan tersebut sangatlah kecil. Alangkah baiknya kamu mencari PTN yang memiliki jurusan sama tapi untuk passing grade lebih rendah dan sesuai skor. dan pilih jurusan berbeda tapi masih dalam satu rumpun dengan jurusan yang kamu inginkan.

4. Pertimbangkan hasil UTBK yang pernah diikuti untuk menentukan pilihan jurusan

Sebelum diselenggarakan SBMPTN, LTMPT sudah menyelenggarakan ujian tertulis berbasis komputer ( UTBK ). dari hasil UTBK ini, kamu bisa menentukan pilihan jurusan kamu, jika skor UTBK kamu tinggi, maka kamu bisa memilih jurusan di PTN yang memiliki passing grade yang tinggi juga. namun jika skor kamu rendah, sebaiknya kamu memilih PTN yang peringkatnya di bawahnya saja.

Apabila skor kamu tidak tinggi dan tidak rendah , maka pilihlah jurusan di PTN yang memiliki passing grade yang sedang. kamu bisa mengecek passing grade jurusan kamu di internet, atau bisa konsultasi dengan teman teman kamu atau dengan bimbingan belajar kamu.

5. Ujian mandiri juga bisa kamu jadikan pertimbangkan

Apabila PTN incaran kamu ada jalur mandiri, fokus saja mengincar PTN yang tidak ada ujian mandirinya, ini bisa mengantisipasi jeleknya kamu tidak lolos dalam SBMPTN, maka kamu bisa mencooba jalur ujian mandiri. Apabila kamu mau mengikuti ujian mandiri, kamu dan orang tua juga harus menyiapkan dana untuk biaya, karena di beberapa universitas, bagi mahasiswa yang lolos lewat jalur mandiri harus membayar uang UKT yang lebih tinggi. 

Nah agar kamu nanti gak salah jurusan, persiapkan dari sekarang. tentukan minat dan keinginan kamu, lalu siapkan opsi lain jika ternyata skor UTBK kurang. Jangan lupa untuk latihan soal sebanyak mungkin, agar kamu tidak buta dengan soal soal yang diberikan untuk ujian SBMPTN ataupun ujian mandiri. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.