5 Kesalahan Saat Sedang Wawancara Pekerjaan Yang Berakibat Fatal

5 Kesalahan Saat Sedang Wawancara Pekerjaan Yang Berakibat Fatal

Buat teman teman yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan, pasti kamu semua mengalami rasa gugup ketika melakukan wawancara, ntah yang baru wawancara untuk pertama kali atau yang sudah sering, tapi menurut saya , untuk yang sering wawancara pasti sudah tidak mengalami gugup lagi, karena menurut pengalaman saya, semua pertanyaan yang ditanyakan itu mirip mirip kok, dan hanya itu itu saja. Jadi buat kamu yang baru untuk pertama kali nggak usah gugup, karena tidak gigit kok si HRD nya . haha

Jika kamu merasa takut dan gugup ketika wawancara kerja itu pasti nanti akan dinilai kurang baik oleh HRD atau bos. Melamar pekerjaan sendiri dibutuhkan persiapan yang matang, agar ketika kamu bisa diterima kerja diperusahaan yang kamu inginkan. Persiapan itu tidak hanya sebatas CV saja loh, melainkan juga sikap kamu juga sangat dinilai.

Ketika interview itu pasti suasananya akan mendebar dan menjadi penentu kamu diterima atau tidak, Agar kamu tidak gagl , coba deh kamu hindari kesalahan kecil ketika interview berikut ini, 

5 Kesalahan Saat Sedang Wawancara Pekerjaan Yang Berakibat Fatal

5 Kesalahan Saat Sedang Wawancara Pekerjaan Yang Berakibat Fatal

1. Tidak paham profil perusahaan yang di lamar. 

Kesalahan kecil yang sering terjadi biasanya si pelamar tidak paham jika akan ditanyakan profil perusahaan, merekan mengira hanya di tanyakan skill saja. Tapi jangan salah, biasanya HRD juga akan menanyakan kepada kamu tentang perusahan yang kamu lamar. 

Maka dari itu, saya sarankan untuk mencari informasi perusahaan yang kamu lamar terlebih dahulu. kamu bisa mencarinya di web perusahaan dan menaksirkan lebih lanjut apa saja yang bisa kamu berikan kepada perusahaan tersebut. 

2. Kurang menjaga penampilan

Nah selain tahu tentang profil perusahaan kamu juga harus memperhatikan penampilan kamu ketika melakukan interview. Karena penampilan ini merupakan cermin dari kepribadian anda. 

Jadi kamu dituntut untuk tampil profesional ketika memasuki tahap interview kerja. Usahakan kamu memakai pakaian yang sopan, apa adanya, dan hindari kesan acak acakan. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah bau badan.

Jangan sekali kali kamu memasuki ruangan interview dengan bau badan yang tidak enak. Tentu itu akan membuat pihak yang meng - interview kamu akan merasa tidak nyaman dan proses interview kamu tidak akan maksimal. 

3. Datang terlambat

Setiap perusahaan tentu tidak ingin mempunyai karyawan yang suka datang telat, jadi jika kamu baru akan interview saja sudah telat, tentu perusahaan akan mengira kamu adalah orang yang tidak profesional. Walaupun itu terlihat sepele, tapi kebiasaan ini akan menjadi fatal jika kamu lakukan. biasanya saya ketika interview itu datang paling tidak 15 menit sebelum interview dimulai, disana saya bisa sedikit menyiapkan untuk berkas dan sedikit browsing lagi profil perusahaan. 

4. Tidak yakin dengan diri kamu sendiri

Mungkin sebagian pelamar akan membuyarkan fokus dan niatmu, Padahal kamu tetap memiliki kesempatan yang sama dengan mereka, Kamu tidak perlu minder karena melihat pelamar lain yang terlihat lebih siap.

Jika kamu memang menginginkan pekerjaan disana, jangan ragu untuk bertanya hal hal tentang posisi yang akan kamu lamar, selain untuk menyeleksi kemampuan dan mengambil yang terbaik, pada dasarnya tujuan wawancara itu adalah saling tukar informasi antara kamu dengan perusahaan sebelum kerja. 

5. Perhatian tidak lepas dari smartphone

Rata rata pelamar masih saja tidak pernah lepas dari pandangan smartphone, padahal kesalahan yang kecil loh, tapi akan berakibat fatal. 

Hindari untuk memainkan smartphone ketika sudah berada di ruang interview. Karena hal ini berakibat pada pengangguran poin pada tahap penilaian.

Sikap ini secara tidak langsung akan menunjukan kalau kamu itu merupakan tipe orang yang arogan dan kurang menghargai orang lain yang sejatinya adalah orang penting di perusahaan tersebut. 

Kamu boleh saja bermain HP hanya untuk menyiapkan materi saat kamu interview nanti, tentu dilakun sebelum jam interview dimulai. 

Nah itu lah 5 Kesalahan Saat Sedang Wawancara Pekerjaan Yang Berakibat Fatal, jadi kamu yang interview sebaiknya kamu siapkan dengan matang dan mental serta materi kamu. Jangan sampai kesalahan kecil yang kamu lakukan akan membawa dampak yang tidak baik ke diri kamu. Semoga bermanfaat ya, salam adimasrosid. 

1 comment

  1. buat kalian yang ingin mendapatkan usaha tanpa modal
    dan mendapatkan keuntungan yang berlimbah coba langsung saja
    bergabung di Donacopoker atau bisa langsung ke webset resminya di www.donacobet.com
    agen poker online indonesia terpercaya atau bisa juga langung ke kontak kami dengan
    pelayanan 24jam nonstop
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.