Tips Sukses Untuk Memelihara Anakan Kelinci Bagi Pemula

Tips Sukses Untuk Memelihara Anakan Kelinci Bagi Pemula

Bagi kamu yang ingin memelihara anak kelinci, baik itu dari hasil membeli maupun mngadopsi atau bahkan kamu menemukan anak kelinci yang ditinggalkan induknya. Maka kamu harus merawatnya dengan benar karena anak kelinci rentan terhadap penyakit sebab usia yang masih kecil dan sudah terlepas dari induknya.

Sama dengan hewan lain. Anak kelinci juga memerlukan perawatan yang baik. Dalam artikel ini adimasrosid akan mencoba memberikan beberapa tips buat kamu yang ingin memelihara kelinci yang bisa kamu gunakan sebagai panduan dalam memelihara kelinci.

Cara Memelihara Anak Kelinci 

Tips Sukses Untuk Memelihara Anakan Kelinci Bagi Pemula

1. siapkan kotak untuk sarang

Hal yang harus kamu siapkan jika ingin memelihara kelinci dirumah adalah sebuah kotak untuk sarang mereka. Bayi kelinci yang baru lahir belum memiliki bulu dan butuh kehangatan. Siapkan kotak besar sekaligus alasnya, agar kelinci bisa selalu merasa hangat dan nyaman. Jika kamu tidak memiliki kota besar, kamu bisa menggunakan kardus dengan penutup sekitar 2.5 cm agar bayi kelinci tidak keluar dari kotak. Masukan rumput ke dalam kotak yang tidak mengandung peptisida, bisa juga jerami atau ijuk sebagai alas kotak. Letakan kotak pada area sepi dan gelap karena jika terlalu banyak aktivitas disekitarnya, ini akan membuat anak kelinci menjadi stress

2. beri makanan pada anak kelinci

Anak kelinci bisa memulai mengunyah jika sudah berusia 2 minggu. Bayi kelinci akan menyusu selama 8 minggu . hindari menyapih anak kelinci terlalu dini karena system imunya bekum kuat. Hindari juga memberikan makanan sayuran hujau pada bayi kelinci selama beberpa bulan, karena ini akan menyebabkan komplikasi pencernaan. Jika anak kelinci sdah mulai besar ,maka kamu bisa memberikan wortel dan selada romaine dan juga kale.

3. beri susu kucing atau anjing

Anak kelinci bisa juga diberikan susu untuk bayi anjing atau bayi kucing sebanyak 2 kali sehari. Susu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko hewan peliharaan dan juga tambahkan sedikit antibiotic untuk menjaga pencernaan anak kelinci.
Hentikan pemerian susu formula jika anak kelinci sudah berumur 6-9 minggu ya. Secara perlahan ganti pemberian susu formula dengan makanan berupa potongan kecil apel dan pisang

4.  hindari memberi makanan terlalu banyak

Hindari memberikan makanan yang terlalu banyak pada anak kelinci, berikut takaran pemberian makanan untuk bayi kelinci sesuai dengan umurnya

  • Kelinci baru lahir hingga 1 minggu: 2 sampai 2.5 cc/ml untuk setiap pemberian makan yang dilakukan 2 kali sehari.
  • Kelinci umur 1 sampai 2 minggu: 5 sampai 7 cc/ml setiap kali pemberian makan yang dilakukan 2 kali sehari.
  • Kelinci umur 2 sampai 3 minggu: 7 sampai 13 cc/ml untuk setiap pemberian makan sebanyak 2 kali sehari.
  • Kelinci berumur 2 sampai 3 minggu sudah bisa diberikan jerami timothy, jerami oat atau makanan dengan bentuk pelet yang ditambahkan dengan air.
  • Kelinci umur 3 sampai 6 minggu: 13 sampai 15 cc/ml untuk setiap kali makan yang diberikan 2 kali sehari.

4. Rangsang perut kelinci

Anak kelinci membutukan rangsangan agar bisa buang air kecil dan besar. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara membelai lembut alat kelamin kelinci dan juga area dubur dengan menggunakan cotton bud atau kapas. Ini wajib dilakukan untuk menganti rangsangan yang biasanya dilakukan oleh indukan kelinci

5. Biarkan kelinci bermain diluar

Ketika bayi kelinci sudah berjalan. Maka anak kelinci hars menghabiskan waktu untuk bermain di rerumputan selama berjam jam. Ini agar anak kelinci tidak stress dan membantu tumbuh kembangnya menjadi sehat dan bahagia. 

6. Perkenalkan makanan baru

Ketika sudah berusia 4 hari dan sudah isa minum susu formula sendiri, maka kamu bisa memberikan makanan yang lain, seperti berikut ini :

  • Potong roti berukuran kecil kecil
  • Rumput segar yang baru saja dipetik
  • Jerami kering yang serupa dengan rumput.
  • Jerami timothy
  • Jerami clover
  • Potongan buah apel tanpa biji
  • Oat.

8. sediakan air minum bersih

Anak kelinci yang sedang tumbu dewasa juga membutuhkan air bersih dan segar loh. Air bersih ini akan membantu pencernaan anak kelinci dan menjaganya agar selalu sehat dan tidak dehidrasi atau kekurangan air.

9. Hindari Beberapa Jenis Makanan Berbahaya Untuk Kelinci

Seperti jenis hewan lain, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh kelinci. Meski kelinci adalah hewan herbivora, namun bukan berarti bisa mengkonsumsi segala jenis tumbuhan.

  • Hindari memberikan kacang kacangan: Makanan jenis kacang kacangan atau gandum  seperti jagung, gandum, biskuit dan juga segala jenis kacang memang sangat disukai kelinci, namun membuat anak kelinci hanya makan makanan yang dianggapnya enak. Hal ini bisa membuat nutrisi anak kelinci berkurang yang kemudian tulang melemah dan gigi kelinci bisa tumbuh terlalu besar yang akhirnya membuat kelinci obesitas.
  • Hindari diberikan sayuran hijau: Anak kelinci yang masih berumur dibawah 6 bulan sebaiknya tidak terlalu banyak diberikan sayuran berwarna hijau. Sayuran hijau bisa diberikan hanya sebagai camilan dan untuk buah bisa dipotong kecil kecil namun juga pemberiannya harus dibatasi karena tinggi akan gula.
  • Jika kelinci kesulitan mencerna, maka berikan air, jerami dan serealia yang direbus lama dan jumlah banyak pada anak kelinci yang sangat baik juga dilakukan sebagai cara mengobati kelinci sembelit. Jangan berikan makanan lainnya lebih dahulu dan batasi menu makan kelinci. Sesudah pencernaan kelinci kembali normal, maka bisa diberikan jenis makan lain satu per satu dengan bertahap.
  • Hindari memberikan wortel terlalu banyak sebab mengandung tinggi oksalat yang bisa membuat anak kelinci menderita batu kandung kemih.

10. Berikan Mainan Untuk Kelinci

Anak kelinci sangat senang bermain diluar karena merupakan hewan aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sekaligus baik dilakukan sebagai cara mengobati kelinci yang stress. Untuk itu, berikan banyak jenis mainan untuk anak kelinci agar bisa tetap aktif. Beberapa mainan yang bisa diberikan untuk anak kelinci adalah:

  • Mainan gratis seperti gulungan kertas tisu toilet yang dijejali dengan jerami yang nantinya bisa digulingkan atau dilemparkan bahkan digigit oleh anak kelinci.
  • Mainan kucing juga bisa diberikan untuk mainan kelinci seperti bola plastik ukuran kecil dengan lonceng di bagian dalam yang sangat menyenangkan untuk anak kelinci.
  • Anda juga bisa membuat mainan bayi seperti cincin kunci yang bisa digunakan anak kelinci untuk dilempar atau digoyangkan.


Oke demikian tips untuk memelihara bayi kelinci yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Jika ada tips lain silakan berkan komentar ya. Kami tunggu. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.