Ini Dia 10 Puncak Gunung Paling Menawan di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Ini Dia 10 Puncak Gunung Paling Menawan di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Puncak gunung adalah tujuan dari setiap pendaki gunung. Si puncak gunung kita akan menemui keindahan alam dari ketinggian dan dapat dinikmati oleh mata serta dirasakan oleh hati. Itulah sebagian kecil karya Tuhan. 

Daftar 10 puncak gunung dengan pemandangan menawan ini bukan semata mata jika di dindoneisa hanya ada 10 puncak gunung terindah ini ya. Karena pada dasarnya, Indonesia memiliki banyak sekali gunung dengan pesona yang tak terlupakan. Namun tidak ada salah jika kita mencoba mengangkat beberapa diantaranya yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. 

10 Puncak Gunung Paling Menawan di Indonesia

Pada kesempatan kali ini, adimasrosid akan mencoba membahas 10 puncak gunung yang memiliki pemandangan yang menawan. Dengan harapan menambah khasanah pengetuan betapa indahnya alam ini. 

1. Puncak Jayawijaya – Papua

Puncak Jayawijaya – Papua

Pada urutan pertama puncak gunung terindah yaitu terdapat di Carstenz Pyramide atau yang lebih dikenal dengan puncak jayawijaya. Nama tersebut diambil dari seorang petualangan dari belanda, yaitu Jan Carstenz, yang merupakan orang perama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis, pada tahun 1623. Ini terletak di daerah tropis yang merupakan pegunungan yang diselimuti salju, kamu dapat meralat anggapan tersebut jika setelah berkunjung ke puncak jayawijaya. Puncak jaya wijaya memiliki ketinggian + 4.884 meter diatas permukaan laut, jadi sangat memungkinkan puncak ini diselimuti salju.

Namun, salju abadi ini diperkirakan bakal menyusut , bahkan bisa mongering. Dalam sejumlah penelitian menyimpulkan jika endapan es dipegunungan jaya wijaya ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan. Ini dikarenakan pemanasan global. Jadi bukan tidak mungkin laggi nanti pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi pada gunung Kilimanjaro di Tanzania.

2. Gunung kalimutu – Nusa Tenggara Timur

Gunung kalimutu – Nusa Tenggara Timur

Urutan ke 2 puncak gunung paling menawan yaitu terdapat di puncak kalimutu, yang berada di daerah kelimutu yang dikelilingi dengan flora endemic yang jarang ditemukan dibagian lain flores. Bagian lain dari gunung ini kering dan bagian tanahnya kering dan tidak stabil. Masyarakat setempat percaya jika gunung kalimutu adalah suci.

Pendaki hanya dapat berjalan disekitar danau kelimutu namun tidak semua daerah dapat dijeljahi, karena ada beberapa daerah berbahaya. Apabila kamu ingin pergi trekking, ada jalur dari moni ke kelimutu yang lebih pendek dari rute mobil.

Danau kelimutu ini adalah bagian dari taman nasional kelimutu. Puncak tertinggi di taman nasional ini adalah 5679 kaki yang terletak di gunung kelibara dan gunung kelimutu. 

3. Gunung Bromo – Jawa Timur

Urutan ke 3 puncak gunung paling menawan yaitu gunung bromo. Gunung bromo ini terletak di taman nasional bromo tengger semeru dan memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5250 hektar pada ketinggian 2329 mdpl. Disana kamu dapat berkuda dan mendaki gunung bromo melalu anak tangga sambil melihat metahari terbit. 

Dari puncak gunung pananjakan pada ketinggian 2770 mdpl, wisatawan adri seluruh dunia datang untuk melihat sunrise di gunung bromo. Pemandangan sungguh menkjubkan dan yang akan membuat kamu dengar hanya suara kamera wasatawan saat sibuk mengkap momen yang tidak bisa di dapatkan di tempat lain. 

Menikmati hamparan lautan pasr yang luas, menyaksikan kemegahan gunun semeru yang menjulang tinggi, dan menatap indahnya matahari beranjak keluar dari peraduanya atau sebaliknya melihat matahari terbenam dari bukit bromo dalah pengalaman yang tidak akan terlupakan. 

4. Gunung Kerinci – Sumatera Barat dan Jambi

Gunung Kerinci – Sumatera Barat dan Jambi

Urutan ke 4 puncak gunung paling menawan yaitu gunung kerinci yang terdapat di kabupaten kerinci provinsi jambi dan merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yang dikelilingi hutan taman nasional kerinci seblat. Keindahan yang ada di sana sering dijuluki “ Sekepal tanah surga yang tercampakkan ke bumi

Gunung kerinci memiliki tinggi 3805 mdpl. Yang memanjang dari utara ke selatan dengan lebar 13 km dan panjangnya 23 km, serta ukuran kawahnya menjcapai 600 m yang berada di timur puncak gunung dengan air yang berwarna kuning yang memukau.

5. Gunung  Rinjani Lombok – Nusa Tenggara Barat

Gunung  Rinjani Lombok – Nusa Tenggara Barat

Urutan ke 5 puncak gunung paling menawan yaitu gunung rinjani yang merupkan perwakilan dari tipe ekosistem hutan hujan pegnungan rendah samapi pegunungan tinggi dan savana.

Gunung rinjani merupakan gunung tertinggi urutan ke 3 di Indonesia dengan ketinggian 3720 mdpl . berdasarkan kepercayaan masayarakat sekitar, ada Dewi Enjeni yang merupakan ratu jin penguasa gunung rinjani. Mereka menyaini jika dewi enjani lahir dari perwakilan manusia sasak dengan jin, yang berparas cantik dan masih keturunan raja selaparang. 

6. Gunung Semeru – Kabupaten Malang dan Lumajang

Gunung Semeru – Kabupaten Malang dan Lumajang

Urutan ke 6 puncak gunung paling menawan yaitu gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dengan puncak ketinggianya mencapai 3676 mdpl. Biasanya para pendaki akan betah digunung semeru ini karena pemandangan yang indah, terutama di sekitar ranu kumbolo. 

7. Puncak Trikora – Pegunungan Sudirman – Papua

Puncak Trikora – Pegunungan Sudirman – Papua

Urutan ke 7 puncak gunung paling menawan yaitu gunung trikora, masi terdapat di daerah papua, puncak trikora ( wilhemina peak ) ini bisa kamu temukan di sebelah timur barisan sudirman. Puncak trikora ini dulunya dselimuti salju namun sejak tahun 1962 tidak terlihat lagi. Puncak trikora ini sempat digadang sebagai gunung tertinggi ke 2 setelah jayawijaya dengan ketinggian 4750 mdpl. Namun data dari SRTM ( Shuttle Radar Topography Mission ) menunjukan jika puncak ini kalah tinggi dengan puncak mandala. 

8. Puncak Gunung Tujuh – Jambi


Urutan ke 8 puncak gunung paling menawan yaitu puncak tujuh yang memiliki danau indah dan unik ini. danau tersebut berada di puncak gunung tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di asia tenggara dengan luas 960 hektar. 
Air dari danau gunung tujuh ini menjadi sumber mata air dari sebuah air terjun gunung tujuh, air terjiun telun berasap,  dan sungai batang sangir. Danau ini tercipta karena letusan gunung api gunung tujuh kerinci, yang menyebabkan terbentuknya kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. 

9. Gunung Pusuk Buhit – Sumatra Utara

Urutan ke 9 puncak gunung paling menawan yaitu puncak gunung pusuk buhit. Bagi kamu yang tidak ingin melakukan pendakian, namun ingin mgnikmati keindahanya, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata sejarah yang dipercaya berkaitan dengna sala muasal suku batak.
Gunung ini merupakan gunung api yang aktif sampai artikel ini dibuat, yang merupakan sisa dari letusan dari supervolcano gunung toba yang sudah meletua puluhan ribu tahun lalu.

10. Gunung Merapi – Jawa Tengah 

Gunung Merapi – Jawa Tengah

Urutan ke 10 puncak gunung paling menawan yaitu gunung merapi. Walaupun gunung ini sering meletus, namun gunung merapi ini sangat berperan penting bagi kehidupan orang jawa dan kesultanan. Puncak merapi menjanjikan daya pikat saat menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam dengan pemandangan alami dari jajaran gunung ungaran, telomoyo dan merbabu. 

Oke demikian 10 puncak gunung paling menawan yang harus kamu kunjungi. Selamat mendaki

referensi
https://id.wikipedia.org/

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.