Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google | Agar Blog Menjadi Rangking 1 Google

Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google | Agar Blog Menjadi Rangking 1 Google

Siapa yang tidak ingin jika blog atau websitenya masuk di page one google ? untuk para blogger saya kira pasti berlomba – lomba untuk merebutkan posisi ini. agar saat melakukan pencarian, blognya masuk di urutan teratas. Memang ini bukan perkara yang mudah, namun jika kita konsisten dalam mengurusi blog kita, saya yakin agar blog kita masuk di page one google bukan lagi perkara yang sulit. 

Bahkan saat ini para blogger sedang berlomba agar blog mereka masuk menjadi rangking pertama di google, dengan demikian blog yang mereka kelola mempunyai banyak peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. So, untuk mendapatkan visitor pada blog kita, kita harus membuat konten yang berkualitas agar blog kita di sukai oleh google, selain itu kita juga harus pintar dalam menentukan niche blog yang sering di incar oleh visitor. 

Bagaimana  Agar Blog Bisa Masuk Page One Google ?

Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google

Cara agar blog menjadi peringkat 1 google sebenarnya bisa di bilang gampang gampang susah. Maksud saya tergantung kata kunci yang kita bidik. Jadi semisal kita akan menargetkan keyword saingan cukup sulit dan banyak , maka kita akan susah menjadi page one di google.

Lalu bagaimana agar bisa bersaing dengan blog orang lain dan menjadi rangking 1 di google ? untuk cara ini saya kira tergantung si pemilik blog atau website. Selagi dia konsisten dalam membuat konten yang berkualitas, untuk mejadi ranking 1 di google akan terlihat mudah.

Rahasia cara masuk di page one google akan terlihat mudah di dapatkan, bahkan bisa tanpa bantuan backling. Terlepas dari itu, kita juga harus menguasai apa itu SEO, karena teknik SEO ini penting bagi sebuah website. Teknik SEO ini dibagi menjadi dua, SEO Onpage dan SEO Offpage. Namun pada kesempatan ini saya akan lebih mendetail tentang SEO Onpage. 

Apa itu SEO Offpage?

SEO Offpage adalah suatu teknik optimasi yang dilakukan dari luar blog/website. Beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam SEO Offpage adalah : 
  • Backlink
  • Social media marketing
  • Konten marketing

Apa itu SEO Onpage ?

SEO Onpage adlah optimasi blog yang dilakuka dari dalam blog. Berikut hal yang harus kalian pelajari : 
  • Internal link
  • Optimasi template
  • Optimasi konten


Lalu bagaimana agar blog kita muncul di halaman pertama google ? cara yaitu konsisten dan kerja keras. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

Cara Optimasi SEO Onpage Blog Agar Masuk Page One Google

1. Menentukan Niche Dan Template Yang SEO

Sebelum kita membuat sebuah blog, ada beberapa hal yang harus kita siapkan, yaitu Niche yang akan kita bahas dan template yang akan kita gunakan. Niche sendiri merupakan bagian teroenting yang akan menentukan kemajuan sebuah blog. Ada beberapa Niche yang dapat kalian coba, seperti :
  • Teknologi
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Otomotif
  • Blogging dan SEO
  • Bisnis Online


Nah setelah kalian menentukan niche untuk blog kalian, selanjutnya kamu harus bisa memilih template atau tema yang akan kalian gunakan. Pilihlah tema yang mempunyai fitur Mobile Friendly dan Fast Loading. Karena kedua hal itu sangat penting untuk membuat blog kita menjadi professional dan agar bisa masuk di halaman pertama google. Jadi utamakan saat memilih template yang memiliki fitur kedua diatas. 

Agar niche blog kita lebih baik lagi, kalian harus menambahkan deskripsi blog atau meta deskripsi. Meta Deskripsi yang baik itu harus ada tujuan blog dan target pembaca yang dirangkum menjadi kalimat yang singkat dan jelas. Misal kan saja kita ingin membuat blog tentang “ bisnis online “, maka meta deskripsi yang bisa kita pakai adalah sebagai berikut.

“ Blog Yang Memberikan Panduan Lengkap Mengenai Belajar Bisnis Online Pagi Pemula “ 
Atau kalian bisa sekaligus menargetkan banyak keyword sekaligus 
“ Tempat Beljar Bisnis Online Dan Berbagai Tips Seputar Cara Bisnis Online Pakaian “ 

Nah setelah kalian menentukan kalian silakan menerapkannya pada blog kalian, jika menggunakan bloggspot. Kalian bisa menambahkan langsung pada bagain HTML template kalian.

2. Konten Berkualitas Dan Bermanfaat

Cara ke 2 agar blog masuk di page one google adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Jika kita memiliki artikel yang bermanfaat maka pengunjung akan suka dengan blog kita dan bisa juga blog kita menjadi langganan pada blog kita. Tentu hal ini akan menaikan rangking di pencarian google. Dalam membuat konten yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan terapkan . 

Tentukan keyword

Jadi hal pertama yang kalian perhatikan dalam membuat konten yang berkualitas adlaah dengan menentukan keyword bidikan. Ada beberapa website yang bisa kalian gunakan untuk mencari keyword seperti : Google keyword planer, suggestion keyword, keyword LSI dll. 

Disini saya contohkan menggunakan google keyword planer 

Pertama kalian masuk ke google keywprd planner >> alat >> perencanaan kata kunci. 
Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google 1

Silakan pilih bagian telusuri kunci dan masukan keyword yang sedang kalian targetkan. Contoh nya adalah bisnis online, jika sudah maka kalian akan mendapatkan kata kunci yang banyak sekali. Sekarang kamu tinggal megambil katakunci yang memiliki jumlah pencarian paling tinggi. 
Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google 2

Langkah selanjutnya silakan kalian cari sugesti keyword dengan menggunakan kata kunci utama atau bisnis online tadi. Caranya mudah, kalian masuk ke pencarian google, lalu ketik “ Bisnis Online “ . 
Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google 3

Selanjutnya kalian harus menentukan keywod LSI, ini biasanya ada di bagian bawah halaman google. 
Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google 4

Dan setelah semua kalian lakukan. Selanjutnya kalian padukan semua yang kita dapatkan tadi. 

Lihat Competitor Kita 

Coba sekarang kamu langsung mencari di google sesuai dengan kata kunci mu disini saya menggunakan “ Bisnis Online “ 
Tips Ampuh Agar Blog Bisa Masuk Page One Google 5

Cara nya gini. Kalian silakan ambil 5 web atau blog teratas. Kalian baca dan kalian rangkum menjadi satu. Disini kalian akan memiliki konten yang lebih banyak dan lebih lengkap.

3. Internal Link 

Internal link adalah bagian penting dari optimasi SEO Onpage, caranya dengan memasukan internal link yang menuju halaman lain di website kamu. Jika kamu sudah memiliki konten yang sudah mempunyai banyak pengunjung, sebaiknya distribusikan visitor ke artikel yang masih sepi. Bingung ? gini , jika kalian mempunyai konten A yang sudah berada di halaman pertama google, dan mendapatkan banyak pengunjung. Selanjutnya kamu beri link di konten A tersebut yang mengarah ke artikel kalian yang lain.

4. Meta Description, Heading Tag dan Title Tag

Google menentukan apakah halaman kita relevan dengan sebuah kata kunci itu dipadang dari title nya. Jadi letak sebuah title tag  berada di judul artikel pada title bar browser kalian,untuk itu kamu juga harus mengoptimasi aa google bisa mudah dalam mengindex blog kamu. 

Selanjutnya untuk memberi meta description, kalian harus perhatikan hal berikut ini. 
  • Jangan Mengulang Suatu Kata Lebih Dari Dua Kata.
  • Panjang Maksimal 160 Karakter
  • Letakkan Kata Kunci Di Bagian Awal Deskripsi

Lalu menambahkan Heading tag. Dengan menambahkan heading tag , kalian sama saja berkata ke google “ ini adalah bagian penting, ini lebih penting,ini bagian terpenting “

5. Optimasi dengan Outbond Link

Outbond link merupakan suatu link yang kita keluarkan, atau mengarah ke blog orang lain. Ini sangat berpengaruh terhadap SEO, dengan banyaknya outbond link , mencirikan jika halaman ini semanata mata bukan hanya untuk search engine melainkan untuk pengunjung. 

Jadi jika kamu melihat halaman yang mengincar kaa kunci kompetitif  ada baiknya kamu melakukan outbond link ke blog authority yang sudah mempunyai artikel yang cocok dengan artikel kamu. Dengan seperti itu, kamu akan meningkatkan relevansi artikel kamu dan juga membantu pengunjung untuk melihat referensi dari blog orang lain. 

6. Melakukan Emphasize

Emphasize adalah memberikan bolg, italic dan underline pada artikel kalian. 

7. Image ALT Tag

Ternyata dalam memasukan gambar ini kalian bisa melakukan suatu optimasi dengan memberikan kata kunci kepada gambar kalian, caranya ada di bagain properties saat kalian men-klik gambar yang sudah kalian masukan atau upload.

8. Optimasi URL

Optimasi URL yang baik untuk wordpress itu sebagaiberikut : namadomain/kategori/judulartikel

Sedangkan jika kalian menggunakan blogspot, kalian bisa menggunakan permalink. Begini contohnya.
  • https://www.adimasrosid.blogspot.com/bisnis/online/belajar-bisnis-online.html
  • https://www.adimasrosid.blogspot.com /2018/07/belajar-bisnis-online.html

jadi setiap bagian harus berisi dengan kata kunci yang jelas. 

Nah itu cara optimasi blog agar masuk di page one google. Memang dalam mendapatkan rangking 1 di google bukan perkara yang mudah. Yang terpenting buat konten yang berkualitas dan terus berusaha dan tekun. Semoga bermanfaat. 

Untuk artikel bagaimana optimasi SEO Offpage agar blog masuk di page one google akan saya buat setelah ini. sekian. Salam adimasrosid Blog. 

sumber artikel 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.