Cara Optimasi SEO Offpage Agar Blog Masuk Di Page One Google Dan Menjadi Peringkat 1 Google

Cara Optimasi SEO Offpage Agar Blog Masuk Di Page One Google Dan Menjadi Peringkat 1 Google

Cara optimasi SEO Offpage -  sesuai dengan janji saya. Saya akan membahas bagaimana sih optimasi SEO Offpage pada blog kita agar bisa masuk di halaman pertama google dan bisa menjadi peringkat pertama di google. Untuk kalian yang belum mengetahui optimasi SEO Onpage kalian bisa melihat  artikel yang kemarin saya bahas tentang optimasi SEO Onpage.

Selain melakukan optimasi SEO Onpage kalian juga harus melakukan optimasi SEO Offpage ini agar blog kalian bisa masuk di page one google. Apa saja caranya ? yuk langsung saja. 

Cara Optimasi SEO Offpage Agar Blog Masuk Di Page One Google

Cara Optimasi SEO Offpage Agar Blog Masuk Di Page One Google

1. Mencari Backlink Berkualitas 

Backlink merupakan tautan dari website orang lain yang menuju ke website kita. Backlink ini sangat baik bagi blog kita, karena ini bisa membantu blog kita mendapatkan trafik yang bagus dan sekaligus bisa mempengaruhi rangking blog kalian. 

Sebuah blog atau website yang memiliki backlink yang berkualitas dari berbagai situs besar dan terkenal, biasanya akan mendapatkan perhatian dari search engine dan mesin pencar akan menempatkan blog tersebut di page 1.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas ? yuk simak 

Melakukan BlogWalking ( BW )

Cara membuat backlink berkualitas pertama dengan cara mengunjungi blog orang lain, lalu meninggalkan komentar dan sekaligus kita bisa meninggalkan URL blog atau website kita di halaman tersebut. Dengan ini kita bisa mendapatkan backlnk dan kita juga bisa dapat kunjungan dari blog tsb.

Mejadi Guest Blogger

Cara membuat backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan menjadi guest blogger, cara ini dapat kalian lakukan untuk membangun backlink yang berlualitas dengan cara menjadi penulis di blog orang lain. Sesudah itu kalian bisa sisipkan link sumber yang mengarah ke blog kita pada artikel yang kita buat. 

Forum Signature

Cara membuat backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan melalui forum signature, sekarang ini banyak sekali forum seperti ni yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat backlink berkualitas. Salah satu forum yang terkenal adalah kaskus.co.id pada forum tersebut sangat luas sekali pembahasan topiknya. Ada juga Ads-id, yang berisi forum untuk para publisher di Indonesia. Di forum ads-id ini para mastah yang sudah ter verified aken membagikan fasilitas untuk memasang signature yang mana ini akan terlihat pada setiap post yang telah kita kirimkan di forum tsb.

Dengan Sosial Media 

Cara membuat backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan menggunakan social media, backlink dari situs social media ini merupakan backlink yang baik. Contoh nya adalah dari Facebook, twitter, google plus.
Walaupun ini bersifat no follow, tapi mesin pencari dari google akan tetap menghitng visitor dari backlink yang telah kalian buat. 

Melalui Press Release

Cara membuat backlink berkualitas ke 5 dengan menggunakan Press Release, ini meupakan cara yang belum begitu popular, biasanya ini hanya digunakan oleh perusahaan besar. Berbeda dengan luar negeri, di sana situs situs release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan meningkatkan traffic pengunjung dan untuk membangun backlink berkualitas,baik dari perusahaan kecil maupun besar. 

Melalui Sosial Bookmarking

Cara membuat backlink berkualitas ke 6 adalah dengan melalui situs social bookmarking.  Ini adalah cara untuk memudahkan pembaaca untuk menyimpan url blog ataulink situs yang mereka sukai. Situs social bookmarking ini banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu membuat popular blog mereka dan untuk mendatangkan trafik dari sebuah halaman website.

Melalui Artikel Direktori

Cara membuat backlink berkualitas ke 7 adalah dengan melalui artikel direktori, kita bisa menggunakan ini untuk membuat backlink yang berkualitas, caranya dengan membuat artikel yang berkualitas lalu mem submit ke situs situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah terkenal saat ini. seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, Artikeloke.com, Cuitcuit.com dll.

Melalui Web 2.0

Cara membuat backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan melalui web 2.0 . selain dignakan untuk memuat sebuah web gratisan , ini bisa kalian manfaatkan untuk membuat backlink yang berkualitas. Web 2.0 yang bisa kalian manfaatkan antara lain : blogger.com, wordpress.com, blog.com, blurty.com, livejournal.com dll.

2. Konten Marketing

Jadi agar bisa masuk di page one google , kalian jangan melupakan langkah yang satu ini. disini tigas kita hanya mempromosikan konten dan mendatangkan pengunjung sebanyak banyak nya. Ada beberapa konten marketing yang dapat kalian manfaatkan , yaitu : 
  • Melalui Guest Posting Relevan
  • List Building
  • Promosi ke Sosial Media

3. Sosial Media Marketing

Kita tahu jika social media adalah tempat paling bermanfaat untuk mendatangkan sebuah visitor dan sekaligus memasarkan konten kita. Apalagi social media ini sangat luas. Jadi kalian bisa menyebar suatu konten agar bisa menjadi popular. 

Salah satu yang dapat kalian manfaatkan yaitu dengan melalui Google+, tips dari saya ,setiap kalian membuat konten, kalian jangan lupa membagiknya di Google+. Selanjutnya ada juga Facebook, facebook juga memiliki potensi yang luar biasa untuk dapat mendatangkan trafik ke blog kita.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang SEO Offpage

Apa Sosial Share Bisa Meningkatkan Rangking Di Google?

Tidak , karena sosial share ini hanya berfungsi agar mendatangkan trafik dan membuat backlink alami dari pengunjung blog kita. Walaupun kita sering melihat artikel yang nangkring dii peringkat 1 google ini pasti share nya banyak, namun ini bukan menandakan jika social share mempengaruhi peringkat artikel kamu ya. Jadi yang sebenarnya menurut saya adalah , jumlah share ke social media itu sebanding dengan peringkat artikel tinggi di mesin pencari google. Jadi jangan kebalik ya,

Apa Backlink bisa dari blog zombie? Dan apa bagus untuk meningkatkan Rangking di google ?

Secara keseluruhan hal ini cukup berisiko dan banyak juga yang menganggap ini sebagai teknik blackhat SEO, dan ini sangat di benci oleh google. Kalau ini tergantung kalian saja, mau pilih yang mana. Semua ada di tangan kalian. 

Mana Yang Lebih Penting Antara Backlink Dofollow Dengan Nofollow ?

Menurut saya, semua nya penting. Karena kita perlu keduanya untuk meningkatkan konten kita di mesin pencari google, jadi keduanya harus ber keseimbangan agar SEO blog kita semakin bagus. 

BONUS !

Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Di Webmaster Tool Google

Langkah terakhir agar konten kita berkualitas dan memnuhi SEO. Kita hanya tinggal mendaftarkan blog kita ke google webmaster tool. Lebih baiknya sih ada 3 , yaitu yandex, bing dan google. Karena saat ini rajanya mesin pencari adalah google. Maka saya akan memasukan cara mendaftar dan memverifikasi di google webmaster tool saja. :v, kalau kalian masih bingung. Bisa kalian chat saya.

Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool

1. masuk ke Google Webmaster Tool https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en
2. Cari Menu ADD A PROPERTY 
3. masukan URL blog atau website kalian 
Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool 1

4. klik gambar ikon gerigi lalu pilih verification details
Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool 2

5. klik verify using different method 
Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool 3

6. disini saya pilih opsi HTML tag
Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool 4

7. kopi kode tadi ke blog kamu.
8. jangan tutup dulu tab yang ini

Cara memaskan kode verifikasi webmaster google ke blog

1. masuk ke blog kalian
2. masuk ke template lalu pilih edit html 
verifikasi webmaster google ke blog 1

3. lalu cari kode <Head> di dalam template kamu. Lalu paste kode tadi
verifikasi webmaster google ke blog 2

4. setelah itu simpan.
5. silakan kalian kembali ke google webmaster lalu klik verify. Dan SELESAI 

 Oke sekian artikel Cara membuat backlink berkualitas versi adimasrosid. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian, jangan lupa share apabila ini bagus ya. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.