Wix vs WordPress - Mana yang Lebih Baik? (Pro dan kontra yang harus kalian tau)

Wix vs WordPress - Mana yang Lebih Baik? (Pro dan kontra yang harus kalian tau)

Apakah Anda mencoba untuk memutuskan antara Wix vs WordPress dalam membangun situs web Anda? Sementara WordPress adalah sistem manajemen konten terpopuler (CMS) di dunia, ini bukan satu-satunya pilihan. Wix adalah pembangun populer lain yang mungkin pernah Anda dengar melalui salah satu dari banyak iklan TV Wix. Pada artikel ini, kita akan membandingkan Wix vs WordPress dan menyoroti pro dan kontra. Kami harap ulasan ini dapat membantu Anda merencanakan dalam pemilihan antara mix atau wordpress.
Wix vs WordPress

Kami telah merinci perbandingan ini menjadi 5 kategori: Biaya, Kemudahan Penggunaan, Desain, Fleksibilitas, dan eCommerce.

Wix vs WordPress


Perlu diketahui bahwa artikel ini membandingkan Wix vs Self Hosted WordPress.org NOT WordPress.com. Lihat perbedaan antara situs WordPress.org vs WordPress.com sendiri .

Harga dan Biaya


Biaya pengembangan situs web merupakan faktor penting saat memilih platform Anda. Total biaya pengembangan dan pemeliharaan situs Anda sepenuhnya tergantung pada kebutuhan Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan sesuai anggaran Anda.

Wix

Pembangun situs dasar di Wix gratis. Namun ada dua kerugian besar untuk itu. Pertama, ia menambahkan iklan bermerek Wix di bagian atas dan bawah situs Anda. Kedua, Anda tidak dapat menggunakan domain khusus untuk situs Anda, jadi alamat situs Anda adalah: username.wix.com/sitename

Selain itu, Wix tidak menawarkan tambahan yang diperlukan seperti Google Analytics, Favicons, eCommerce, dll. Untuk menghapus iklan dan mendapatkan fitur tambahan, Anda harus melakukan upgrade ke salah satu paket premium yang mereka tawarkan.

Wix memiliki keterbatasan penyimpanan dan bandwidth yang berbeda. Anda bisa membayar bulanan atau memilih rencana tahunan.

Wix Pricing Plans

Rencana terbaik pada Wix adalah Unlimited ($ 12,42 / bulan), dan jika Anda menginginkan toko eCommerce ($ 16.17 / month), Anda memerlukan rencana eCommerce.

Biaya ini tidak termasuk aplikasi yang nantinya Anda pilih untuk digunakan dengan situs Wix Anda.

WordPress

Perangkat lunak WordPress tersedia gratis bagi siapa saja untuk digunakan. Kita sering ditanya tentang mengapa WordPress dan apa tangkapannya?

Nah, tangkapan terbesar adalah Anda memerlukan domain dan hosting sendiri untuk menginstalnya. Ada beberapa penyedia hosting WordPress yang bisa Anda pilih. Lihat panduan kami tentang cara memilih hosting WordPress terbaik .

Bergantung pada anggaran Anda, Anda bisa memulai dengan rencana dasar dengan penyedia hosting WordPress seperti Siteground yang akan menelan biaya $ 3,95 per bulan. Jika anggaran Anda mengizinkan, Anda bisa menggunakan penyedia hosting WordPress yang dikelola seperti WPEngine dengan biaya $ 29 per bulan.

Biaya situs WordPress akan meningkat jika Anda memutuskan untuk menggunakan tema atau plugin premium WordPress. Namun, ada ribuan tema dan plugin WordPress gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi biaya. Anda dapat menambahkan fitur apapun ke situs WordPress Anda menggunakan plugin tanpa meningkatkan versi rencana hosting Anda.

Kesimpulan:

WordPress mengalahkan Wix dengan rencana fleksibel yang tersedia dari berbagai perusahaan web hosting. Biaya tergantung pada berapa banyak sumber daya yang Anda gunakan, dan Anda bebas untuk menggunakan situs WordPress Anda dengan cara apapun yang Anda inginkan.

Kemudahan penggunaan
Kebanyakan pemula tidak mau menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari keterampilan baru. Baik Wix dan WordPress memungkinkan Anda membuat situs web tanpa mempelajari kode.


Wix:

Wix hadir dengan alat yang sangat kuat dan mudah digunakan untuk membangun situs Anda sendiri. Ini menawarkan antarmuka drag and drop sederhana di mana Anda dapat memilih elemen apa pun di situs Anda dan mulai mengeditnya di antarmuka WYSIWYG.

Wix comes with drag and drop, and WYSIWYG page builder

Anda dapat menarik dan melepas item di manapun di situs Anda, mengatur ulang hal-hal di halaman Anda, menulis konten, dan menambahkan media ke lingkungan yang ramah pengguna. Banyak pemula akan menganggap fitur ini sebagai berkah karena menyelamatkan mereka dari berurusan dengan kode.


WordPress:

WordPress hadir dengan editor visual untuk menulis konten dan penyesuai tema yang memungkinkan Anda mengedit properti tema Anda di lingkungan WYSIWYG. Namun, secara default WordPress tidak dilengkapi built-in dengan pembangun halaman drag and drop .

Editing a post in WordPress visual editor

Untuk mendapatkan kontrol penuh dari penampilan, pengguna harus membiasakan diri dengan bagian yang berbeda seperti menu, customizer, editor posting visual, dll. Ini berarti bahwa WordPress memerlukan kurva belajar kecil untuk para pemula.

Di sisi lain, ada ribuan tema yang membuat kustomisasi sangat mudah.

Kesimpulan:

Wix jelas pemenangnya disini. Pengguna tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mempelajari platform atau memasang plugin sebelum mereka dapat mulai membangun situs web mereka. Di sisi lain, mereka perlu memahami dasar-dasar WordPress dan mungkin memerlukan bantuan plugin untuk membangun situs mereka.

Seiring berjalannya, dengan lebih banyak kekuatan datang sedikit lebih banyak tanggung jawab.

Deisgn dan Layout

Desain dan tata letak situs Anda memainkan peran penting dalam kesuksesannya. Setiap pemilik situs membutuhkan disain yang tidak hanya tampan, tapi juga user friendly dan membuat brand stand-out mereka.

Wix:


Wix hadir dengan lebih dari 500+ template pra-dibuat untuk dipilih. Semua desain Wix sepenuhnya responsif dan ditulis dalam HTML5. Dengan menggunakan alat yang ada di dalamnya, Anda dapat menyesuaikan desain situs Anda dengan lebih baik, mengubah tata letak, dan mengatur ulang item sesuai keinginan Anda.

Wix Templates


Ada desain yang tersedia untuk setiap jenis situs. Template dibagi ke dalam kategori seperti bisnis, eCommerce, hobi, seni dan kerajinan, pribadi, dll.

Salah satu kelemahan besar adalah begitu Anda memilih template, Anda tidak dapat mengubahnya. Anda dapat memodifikasinya dan menyesuaikannya sebanyak yang Anda inginkan hanya menggunakan alat built-in, namun Anda tidak dapat beralih ke template lain.

WordPress:


Ada ribuan tema gratis dan berbayar yang tersedia untuk WordPress. Tema gratis hadir dengan dukungan terbatas, namun juga melalui proses peninjauan yang ketat. Tema berbayar umumnya menawarkan lebih banyak fitur dan hadir dengan opsi dukungan premium.

WordPress Themes


Tema WordPress berkisar dari situs pribadi kecil hingga situs eCommerce matang penuh. Sebagian besar tema dilengkapi dengan pilihan penyesuaian bawaan mereka sendiri. Anda juga bebas menyesuaikannya dengan tema dan plugin anak Anda sendiri.

Pengguna dapat mendownload tema gratis dari direktori WordPess.org. Untuk tema berbayar ada beberapa toko tema WordPress seperti ThemeLab , StudioPress , Headway Themes , Themify , dll.

Selanjutnya, Anda dapat menyewa pengembang atau belajar membuat tema yang sepenuhnya sesuai untuk perusahaan Anda.

Kesimpulan:

WordPress memiliki rentang tema dan tata letak desain yang jauh lebih besar daripada Wix. Pengguna WordPress juga dapat mengganti tema atau menyesuaikannya sebanyak yang mereka inginkan tanpa batasan.
Plugin dan Apl

Plugin dan Apps adalah perangkat lunak pihak ketiga yang dapat Anda gunakan dengan platform Anda untuk menambahkan lebih banyak fitur. Wix memanggil mereka aplikasi, dan di ekosistem WordPress mereka disebut plugin.

Wix:


Wix hadir dengan hampir 200 + aplikasi yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti menambahkan formulir kontak, galeri, komentar, daftar email dan sebagainya.

Sebagian besar aplikasi gratis atau memiliki versi lite. Aplikasi lain memerlukan pembayaran bulanan dan harga bervariasi. Meskipun ada koleksi aplikasi yang terbatas, aplikasi ini mencakup fitur yang paling sering diminta oleh pemilik situs.

WordPress


Pada saat menulis artikel ini, ada lebih dari 38.000 plugin gratis yang tersedia di direktori plugin WordPress.org saja. Belum lagi, plugin premium tersedia di pasar lain.

Kata pepatah: jika Anda bisa memikirkannya, mungkin ada plugin WordPress yang mewujudkannya.

Apakah Anda ingin membuat formulir kontak , membuat milis , membuat galeri , atau menambahkan slider , ada plugin untuk itu.

Anda bisa melakukan apapun yang Anda suka dengan WordPress. Ada banyak plugin baik gratis maupun berbayar yang bisa Anda manfaatkan di situs Anda segera.


Kesimpulan:

WordPress mudah mengalahkan Wix di area ini juga. Meskipun perpustakaan aplikasi Wix berkembang, namun masih sebanding dengan pilihan besar yang tersedia bagi pengguna WordPress.

eCommerce

Menjual barang secara online adalah fitur penting lainnya yang kebanyakan pencari pemula cari. Mari kita lihat bagaimana perbandingan WordPress dan Wix di eCommerce.


Wix:


Wix menawarkan eCommerce dengan rencana pembayaran mereka. Ini berarti pengguna dengan rencana gratis tidak dapat menjalankan toko eCommerce mereka di Wix tanpa meningkatkan ke rencana berbayar. Dengan WixStore, Anda hanya dapat menerima pembayaran menggunakan PayPal atau Authorize.net.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk menjual barang secara online, namun aplikasi tersebut akan menghabiskan lebih banyak uang dengan biaya bulanan mereka. Belum lagi Anda memiliki gateway pembayaran terbatas dan fungsionalitas terbatas.


WordPress:


WordPress memiliki beberapa plugin gratis yang dapat Anda gunakan untuk membangun toko online Anda dan menjual apapun yang Anda inginkan. Masing-masing plugin ini memiliki plugin addon mereka sendiri yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan gateway pembayaran yang Anda inginkan.
baca juga Pro dan Kontra Blogger VS Wordpress - Mana Yang Lebih Baik ?
Kebanyakan plugin eCommerce untuk WordPress bahkan memiliki tema khusus mereka sendiri dan memiliki banyak tema yang dirancang khusus untuk bekerja dengan plugin tersebut.


Kesimpulan:


Jika Anda ingin membangun toko yang tepat dan siap untuk tumbuh, WordPress menawarkan fleksibilitas, kebebasan dan pilihan yang lebih banyak.
Ringkasan

WordPress jauh lebih unggul daripada Wix sebagai platform penerbitan web untuk segala jenis situs web. Sementara Wix menawarkan pembuat situs web yang mudah digunakan, Anda dapat melakukannya lebih banyak dengan WordPress dalam jangka panjang.

Jika anda menyukai artikel ini silakan untuk di share ke teman kalian, apabila ada kesalahan dalam pemaparan dalam artikel ini kami mohon koreksi nya di kolom komentar di bawah ya. salam blogging

2 comments

  1. Dari segi otorisasi personal wordpress lebih bagus karena full control. Pluginnya juga banyak. Namun kalau ga top level domain (bayar hosting) kurang maksimal.
    Sementara blogger mudah dan SEO nya juga ga bisa dianggap sebelah mata. Gratis. Bahkan saya pernah kirim beberapa tulisan ke search engine kurang dari 3 menit bisa diurutan pertama dengan persaingan kata kunci yang cukup bagus. Tentunya dengan teknik SEO.

    Sekarang bukan sekedar nama blogger/ wordpress. Jika sama-sama dioptimasi, dari sisi search engine sama sama bagus.
    Bedanya hanya di plugin, blogger ga bisa, wordpress bisa.

    Sekarang google tambah ketat untuk menempatkan mana tulisan terbaik di posisi terbaik indeks nya.

    ReplyDelete
  2. What's up, always i used to check website posts here in the early hours in the morning, as i like to find
    out more and more.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.