11 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

11 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Artikel kali ini kita akan membahas tentang markisa lebih khususnya manfaat buah markisa bagi kesehatan, ada 2 jenis markisa yang kita kenal yaitu buah markisa ungu dan kuning. Dalam kasus lain untuk rasanya juga ada 2 buah markisa yang manis dan asam.

Manfaat Buah Markisa


Nama lain yang diketahui buah ini termasuk maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Liliko Hawai'i (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây Chanh atau leo ​​(Viet Nam) dan yang terakhir adalah markisa (indonesia)

Disini kita bahas adalah buah markisa kuning, Buah markisa kuning memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia, hal ini terkait dengan kelimpahan nutrisi yang terkandung dalam markisa.

Apa manfaat buah markisa kuning? Buah gairah memiliki tingkat keasaman tinggi, karena markisa kaya akan vitamin c. Selain itu, markisa memiliki kandungan gizi dan nutrisi seperti vitamin, mineral, kalsium, protein, energi, lemak, serat, fosfor, besi, beta karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam folat, asam sitrat, asam askorbat dan banyak lagi lainnya. kandungan gizi Tak heran jika markisa sangat manjur dalam kesehatan dalam mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan


1. kaya akan antioksidan

Buah markisa adalah buah yang kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan yang tinggi dari buah bisa dilihat melalui warna kulit dan daging buah ini, fungsi antioksidan itu sendiri mampu membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh yang kita. Salah satu antioksidan yang bisa ditemukan pada markisa adalah beta-karoten, antioksidan yang terkandung dalam markisa ternyata bisa larut dalam tubuh gemuk.

2. Menyembuhkan Insomnia / Gejala Insomnia

Buah markisa itu sendiri memiliki efek menenangkan saraf sehingga bisa membuat perasaan tenang dan bisa membantu menenangkan pikiran yang kacau, memakan buah markisa sebelum tidur bisa membantu kita tidur nyenyak.

3. Kaya serat

Buah markisa mengandung serat tinggi di dalamnya, fungsi serat dalam buah markisa saja bisa membantu tubuh dalam melancarkan gairahnya sendiri, pencernaan bisa dijadikan obat alami alternatif di pencernaan tubuh, diluncurkan dan bisa dijadikan obat bius. mengobati mulas

4. Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh

Buah markisa adalah buah dengan sumber vitamin C yang baik untuk fungsi tubuh manusia sendiri, vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita dan merupakan salah satu antioksidan kuat bagi tubuh dalam memerangi penyakit ini.

Selain vitamin C, markisa itu sendiri mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu tubuh melawan infeksi.

5. Cure asma

Buah markisa sangat baik untuk penderita asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang bisa menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, gairah nampaknya memiliki efek pemblokiran histamin yang menyebabkan gejala asma.

6. melawan kanker

Menurut penelitian di University of Florida menunjukkan bahwa ekstrak markisa mengandung phytochemical yang dapat membantu melawan sel kanker. Karena itu, markisa juga bermanfaat sebagai obat untuk melawan sel kanker. Kandungan fitokimia pada markisa terdiri dari passaflorine, harmol, carotenoid, krisin, harman, harmalin, viteksin, harmine, dan isoviktesi.
Baca Juga : Manfaat minum air hangat di pagi hari


7. Punya efek santai

Minum segelas jus buah markisa yang dingin bisa membantu kita mengendurkan saraf dan pikiran dan menciptakan perasaan tenang.

8. Bagus untuk Diet

Bagi seseorang yang sedang menjalani Diet, buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Ini karena markisa memiliki kalori rendah, hanya 97 kalori per 100 g markisa juga rendah sodium dan lemak. Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

9. Sumber energi

Bagi Anda yang mengalami kelelahan karena aktivitas yang terlalu berat, maka dengan mengkonsumsi markisa bisa menghidupkan kembali stamina tubuh yang hilang. Selain itu, markisa kaya akan kandungan mineral yang berguna untuk mencegah dehidrasi.


10. Khasiat yang baik

Buah markisa memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien hati dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan dan kekuatan antibodi dalam darah. Padahal, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Jangan lupa markisa akan lebih baik jika dipetik langsung dari pohonya, jangan menunggu buah markisa jatuh dari pohon. Anda lebih baik menunggu karena buah ini bisa matang dengan sendirinya asalkan sudah tua .

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.