Pro dan Kontra Blogger VS Wordpress - Mana Yang Lebih Baik ?

Pro dan Kontra Blogger VS Wordpress - Mana Yang Lebih Baik ?

WordPress vs Blogger - Mana yang lebih baik? (Pro dan kontra)


blogger vs wordpress

Kita sering ditanya oleh pengguna baru mengapa mereka harus menggunakan WordPress daripada layanan blogging gratis seperti WordPress.com atau Blogger? Lalu Mana yang lebih baik ? Blogger Vs Wordpress? Pada artikel ini, kita akan melakukan perbandingan Blogger vs WordPress, untuk membantu Anda dalam memutuskan mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda. Kami akan membahas semua pro dan kontra Blogger vs wordpress, sehingga Anda dapat membuat keputusan terbaik saat meluncurkan Blogger vs. WordPress sebagai platform untuk situs Anda.

Blogger vs WordPress - Pros and Cons

Penting: Perlu diketahui bahwa perbandingan ini antara self-hosted WordPress.org dan Blogger, bukan WordPress.com vs Blogger. Silakan lihat panduan di internet tentang perbedaan antara blog WordPress.org vs Free WordPress.com yang di -host sendiri.

1. Kepemilikan

Blogger adalah layanan blogging yang disediakan oleh raksasa teknologi Google. Ini gratis, dapat diandalkan sebagian besar waktu, dan cukup untuk mempublikasikan barang Anda di web. Namun, itu tidak dimiliki oleh Anda. Google menjalankan layanan ini dan memiliki hak untuk mematikannya, atau mematikan akses Anda kapan saja.

Sedangkan WordPress, Anda menggunakan penyedia hosting WordPress untuk meng-host situs Anda sendiri. Anda bebas menentukan berapa lama Anda ingin menjalankannya dan kapan Anda ingin mematikannya. Anda memiliki semua data Anda, dan Anda mengendalikan informasi apa yang Anda bagikan dengan pihak ketiga mana pun.

2. Kontrol

Blogger adalah layanan yang sesuai dengan alat yang sangat terbatas sehingga Anda hanya dapat melakukan tugas tertentu di situs Anda. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di blog blogspot Anda terbatas, dan tidak mungkin Anda bisa memperpanjangnya untuk memenuhi kebutuhan.

WordPress adalah perangkat lunak open source , sehingga Anda dapat dengan mudah memperpanjangnya untuk menambahkan fitur baru. Ada ribuan plugin WordPress yang memungkinkan Anda memodifikasi dan memperpanjang fitur default seperti menambahkan toko ke situs web Anda, membuat portofolio, dll.

Saat membandingkan WordPress vs Blogger untuk situs web bisnis, WordPress dapat memberikan solusi jangka panjang terbaik untuk setiap pemilik bisnis yang serius.

3. Penampilan

Blogger secara default hanya menyediakan satu set template yang terbatas untuk digunakan. Anda dapat memodifikasi warna dan tata letak template ini menggunakan alat built-in, namun Anda tidak bisa membuat layout sendiri atau melakukan modifikasi. Ada beberapa template Blogger non-resmi yang tersedia, namun template tersebut biasanya berkualitas sangat rendah.

Ada ribuan tema Wordpress gratis dan premium yang memungkinkan Anda membuat situs web profesional. Ada tema WordPress untuk hampir semua jenis situs web. Tidak masalah apa situs Anda, Anda akan menemukan banyak tema berkualitas tinggi yang mudah diubah dan disesuaikan.

4. Portabilitas

Memindahkan situs Anda dari Blogger ke platform yang berbeda adalah tugas yang rumit. Ada risiko signifikan bahwa Anda akan kehilangan SEO Anda (peringkat mesin pencari (, pelanggan, dan pengikut selama beraktivitas) Meskipun blogger memungkinkan Anda untuk mengekspor konten Anda, data Anda akan tetap berada di server Google untuk waktu yang sangat lama.

Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa memindahkan situs Anda ke manapun Anda mau. Anda dapat memindahkan situs WordPress ke host baru , mengubah nama domain , atau bahkan memindahkan situs Anda ke sistem manajemen konten lainnya.

Juga jika Anda membandingkan WordPress vs Blogger SEO, maka WordPress menawarkan kelebihan SEO lebih banyak.

5. Keamanan

Menggunakan Blogger Anda memiliki keuntungan tambahan dari platform aman Google yang kuat. Anda tidak perlu khawatir mengelola sumber daya server Anda, mengamankan blog Anda, atau membuat backup.

WordPress cukup aman, tapi karena ini adalah solusi yang di-host sendiri, Anda bertanggung jawab atas keamanan dan backup . Ada banyak plugin WordPress yang memudahkan Anda.

6. Dukungan

Ada dukungan terbatas yang tersedia untuk Blogger. Mereka memiliki dokumentasi yang sangat mendasar dan forum pengguna. Dalam hal dukungan, pilihan Anda sangat terbatas.

WordPress memiliki sistem pendukung komunitas yang sangat aktif. Ada dokumentasi online, forum komunitas, dan chat room IRC tempat Anda bisa mendapatkan bantuan dari pengguna dan pengembang WordPress yang berpengalaman. Selain dukungan masyarakat, ada banyak perusahaan yang menawarkan dukungan premium untuk WordPress. Lihat panduan kami tentang cara meminta dukungan WordPress dengan benar dan mendapatkannya.

7. Masa Depan

Blogger belum pernah melihat update besar sejak lama. Kami telah melihat Google membunuh layanan populer mereka seperti Google Reader, Adsense for feed, dan kemungkinan kematian FeedBurner . Masa Depan Blogger bergantung pada Google, dan mereka berhak mematikannya kapan pun mereka mau.

WordPress adalah perangkat lunak Open Source yang berarti masa depannya tidak tergantung pada satu perusahaan atau individu (lihat riwayat WordPress ). Ini dikembangkan oleh komunitas pengembang dan pengguna. Menjadi sistem pengelolaan konten terpopuler di dunia, ribuan bisnis di seluruh dunia bergantung padanya. Masa depan WordPress cerah dan meyakinkan.

Kami berharap perbandingan Blogger vs WordPress ini membantu Anda memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang WordPress, sebaiknya Anda membaca panduan tentang Mengapa WordPress Gratis?

Jika anda menyukai artikel ini silakan untuk di share ke teman kalian, apabila ada kesalahan dalam pemaparan dalam artikel ini kami mohon koreksi nya di kolom komentar di bawah ya. salam blogging.

4 comments

  1. Kalo menurut saya sih blogger lebih baik. Tapi di samping itu memang keduanya memiliki kelebihan masing masing, tergantung orang yang menggunakannya...

    Izin share gan artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua baik maybe, kan kalau itu tidak baik, kedua hal tersebut diatas tidak akan diluncurkan hhe ,
      makasih udah mampir gan .

      Delete
  2. Ditunggu update update artikel menariknya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.