Kisi-Kisi USBN SMA Biologi 2017 Paling Lengkap!

Kisi-Kisi USBN SMA Biologi 2017 Paling Lengkap!

Kisi-Kisi USBN SMA Biologi 2017 Paling Lengkap!

Quipperian yang duduk di bangku SMA Kelas 12 IPA tentunya nanti ketika Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 pasti akan menghadapi mata pelajaran Biologi. Sudah siapkah kamu? Atau, masih gundah mengenai soal apa saja yang akan muncul nantinya di USBN Biologi?


Tenang dan jangan panik Quipperian. Sebab, Quipper Video Blog akan memberikan beberapa isi kisi-kisi soal USBN Biologi 2017. Sebagai informasi awal, kisi-kisi ini berlaku untuk kamu yang bersekolah dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan Kurikulum 2013. 

Nantinya, pada soal USBN Biologi 2017, kamu akan mengerjakan 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Biar kamu lebih jelas, yuk, langsung disimak kisi-kisinya berikut!

Level Kognitif

Pada USBN 2017, kisi-kisinya menggunakan sistem yang sama dengan Ujian Nasional (UN) 2017, yakni adanya level kognitif pada tiap materinya. Level kognitif tersebut terbagi menjadi tiga, yakni Pemahaman dan Pengetahuan, Aplikasi, dan Penalaran.

Level kognitif Pemahaman dan Pengetahuan mengharuskan kamu untuk mampu menyebutkan, menentukan, dan menjelaskan perihal materi yang masuk level tersebut. Lalu, level kognitif Aplikasi mengharuskan kamu untuk bisa mengidentifikasi, membandingkan, dan mengklasifikasikan perihal materi yang akan diujikan. 

Dan, level Penalaran mengwajibkan kamu untuk mampu menginterpretasikan, menyimpulkan, menganalisis, menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual, hingga merancang percobaan perihal materi yang diujikan. Sederhananya, pada soal tipe level penalaran ini Quipperian harus bisa menggunakan nalar logikamu dalam menjawab soal yang ada.

Masing-masing materi yang kemungkinan akan muncul pun mengikuti tiga level kognitif tersebut. Ada kemungkinan, pembagian level kognitif ini akan berpengaruh pada soal jenis pilihan ganda ataupun soal uraian yang akan muncul pada USBN Biologi 2017. Saat ini, Quipper Video Blog belum bisa menentukan level kognitif mana yang akan muncul pada soal pilihan ganda ataupun soal uraian.
Untuk itu, kamu harus benar-benar menguasai materi-materi yang kiranya akan muncul pada soal USBN Biologi nantinya. Dengan begitu, baik muncul di soal pilihan ganda ataupun soal uraian kamu sudah siap menghadapinya. 

Permalink: https://video.quipper.com/id/blog/ini-materi-biologi-sosiologi-dan-sejarah-paling-lengkap-dari-quipper-video/

Materi Keanekaragaman Hayati dan Ekologi

Materi ini sebenarnya pernah kamu pelajari pada Kelas 10. Pada level kognitif Pemahaman dan Pengetahuan, kamu harus menguasai sub materi keanekaragaman tingkat genetika, spesies, dan ekosistem. Selain itu, kamu harus memahami ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan di bumi serta ekosistem makhluk hidup beserta ragam jenisnya.

Untuk level Aplikasi, kamu harus mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip klasifikasi makhluk hidup, mulai dari bakteri hingga vertebrata. Kamu juga harus menguasai materi aliran energi dan daur materi pada ekosistem. Dan, level Penalaran, sub materi yang akan muncul seputar jaring-jaring makanan, perubahan lingkungan, dampak, dan cara mengatasinya.

Materi Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

Materi kedua ini kiranya masih sedikit berhubungan dengan materi pertama. Dengan begitu, kamu bisa menyelaraskan pembelajaran materi pertama dengan materi kedua ini. Untuk level kognitif Pemahaman dan Pengetahuan, kamu harus menguasai mengenai sub materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi, struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata, dan sistem organ beserta fungsinya.

Lalu, pada level Aplikasi, kamu harus menguasai sub materi mekanisme kerja sistem organ. Untuk sub materi ini, kamu harus benar-benar paham bagaimana kalsifikasi mekanisme kerja sistem organ makhluk hidup, khususnya manusia.

Dan, sub materi yang masuk pada level Penalaran mengenai gangguan atau penyakit berdasarkan uji laboratorium, gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia, dan percobaan tentang faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Bila melihat sub materi tersebut, kemungkinan besar sub materi itu akan muncul pada soal uraian. Sebab, materi itu berisikan banyak sub materi yang harus dijawab dengan menjelaskan dengan contoh.

Materi Biomolekuler dan Bioteknologi

Nah, untuk materi ini, kamu harus benar-benar menguasainya dengan baik. Sebab, materi ketiga ini sepertinya jauh lebih rumit ketimbang dua materi sebelumnya.

Bagian materi Biomolekuler dan Bioteknologi yang harus kamu kuasai untuk menghadapi tipe soal level kognitif Pemahaman dan Pengetahuan ialah struktur dan fungsi sel, karakteristik DNA dan RNA, serta bioteknologi konvensional dan modern. Bila melihat sub materi tersebut, kemungkinan kemunculannya pada soal pilihan ganda. Sebab, ketiga sub materi itu masih pada tataran dasar pemahaman tentang sel dan bioteknologi.

Lalu, pada level kognitif Aplikasi, sub materi yang harus kamu pelajari ialah mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme, pembelahan sel, dan sintesis protein. Sub materi ini sudah masuk ke dalam kategori yang cukup kompleks. Oleh sebab itu, kemungkinan sub materi ini akan muncul pada soal uraian.

Untuk level Penalaran, sub materi yang akan muncul ialah perihal transpor membran dan percobaan kinerja enzim. Kemungkinan besar, sub materi ini bisa muncul pada soal tipe pilihan ganda ataupun uraian. Jadi, kamu harus benar-benar siap ya Quipperian!

Permalink: https://video.quipper.com/id/blog/catat-ini-6-contoh-soal-un-biologi-sma-lengkap-dengan-pembahasannya/

Materi Genetika dan Evolusi

Materi Genetika dan Evolusi ini kemungkinan besar akan menjadi materi paling sulit dalam USBN Biologi 2017. Sebab, dalam materi ini kamu harus benar-benar memahami tiap sub materi dengan baik yang kebanyakan membutuhkan pemahaman dan penalaran yang cukup tinggi.

Untuk level kognitif Pemahaman dan Pengetahuan, kamu harus menguasai dan memahami perihal asal usul kehidupan secara biologis, mutasi genetika, dan teori evolusi. Pemahaman mengenai sub materi ini harus menyeluruh ya Quipperian, sebab sub materi ini cukup kompleks dan banyak varian teori perihal asal usul kehidupan, mutasi genetika, dan evolusi makhluk hidup, khususnya manusia.

Kemudian, untuk level Aplikasi, kamu benar-benar harus menguasai mengenai Hukum Mendel. Mulai dari penyimpangan semu Hukum Mendel, pautan dan pindah silang, hereditas manusia dalam peta silsilah, hingga petunjuk atau bukti-bukti evolusi. Melihat dari kompleksitas pembahasannya, kemungkinan besar sub materi ini akan muncul pada soal pilihan ganda ataupun uraian.
Dan, sub materi yang termasuk ke dalam level kognitif penalaran ialah penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah. Melihat dari kompleksitas pembahasannya, kemungkinan besar soal ini akan masuk ke dalam jenis soal uraian. Untuk itu, kamu harus benar-benar paham periham sub materi tersebut.

Itulah beberapa kisi-kisi materi USBN Biologi 2017. Bila kamu hanya melihat materi-materinya, mungkin akan terlihat sulit dan rumit. Namun, jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh maka bisa saja materi-materi itu tak serumit bayanganmu. Tentunya, kalau kamu mau mempelajari materi-materi itu lebih mendalam, kamu bisa mendapatkannya di Quipper Video.

Dengan sering membaca dan memahami materi-materi dari Quipper Video kamu akan lebih siap menghadapi USBN Biologi 2017. Untuk itu, kamu harus semangat ya!

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.