langkah untuk memulai usaha

langkah untuk memulai usaha



  LANGKAH UNTUK MEMULAI USAHA

 Setelah saya mengikuti kuliah lingkungan bisnis yang diselenggarakan oleh STIMIK AMIKOM Yogyakarta,pada kesepatan kali ini saya akan sedikit menerangkan tentang langkah untuk memulai usaha,dalam salah satu buku karangan Prof.Dr. M. Suyanto, MM,dalam buku smart in entrepreneur,dalam buku tersebut menerangkan langkah untuk memulai usaha,


hal yang pertama yaitu:
1.Hukum memulai bisnis
Hukum memulai bisnis sama halnya dengan hukum gaya gesek suatu benda.Suatu benda yang diam mempunyai gaya gesek relatif lebih besar dibandingkan dengan benda yang bergerak.Gaya gesek terbesar terjadi pada saat benda akan bergerak.Demikian halnya dengan memulai usaha,saat baru memulai usaha hambatannya besar.Setelah usaha berjalan hambatannya relatif kecil.Itulah hukum untuk memulai usaha.

2.Memulai usaha dari ide sederhana
Banyak yang berpendapat bahwa untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan ide yang sangat kreatif dan inovatif.Hal ini tidak berlaku bagi Michael Dell, ia membuka sebuah usaha dengan ide yang sederhana yaitu menjual komputer tidak ke pedagang perantara tetapi menjual langsung ke konsumen, untuk menekan harga PC.Michael Dell memulai usaha dengan $1.000, dan melakukan pemasaran “Mail Order”, dalam waktu 16 tahun penjualan meningkat dari 6 juta dolar menjadi 36,9 Milyar dolar.
Inovasi lainnya adalah merakit komputer setelah ada order.Dell menggunakan pendekatan Mass customization yaitu memproduksi dengan jumlah besar dengan maksud mengurangi biaya per unit.
Pada 2001, Dell Computer merupakan perusahaan yang mengagumkan dunia peringkat 23 dan peringkat 4 pada tahun 2003,Dell memperoleh manfaat nyata dari penggunaan e comerce.Kisah sukses Dell merupakan kisah sukses yang sulit di percaya,tetapi nyata dan berawal dari ide yang sederhana.

3.Memulai usaha dari pendidikan
Sesungguhnya untuk memulai bisnis dapat kita lakukan dengan denganberbagai macam cara,salah satunya dengan pendidikan yang kita punyai.
Jerry Yang dan David Fillo,pendiri yahoo memulai bisnis dengan menggunakan pendidikannya.Mereka  merupakan mahasiswa Stanford University.Yahoo dimulai dari bagian belakang lapangan parkir ini sekarang berkembang pesat.Mereka memulai bisnis dari kecil dan hal yang sederhana.Jerry Yang menggambarkan bahwa penenemuan yahoo merupakan “kecelakaan” ketika ia dan Fillo menyelesaikan tesisnya.Mereka mamulai bisnis dengan melakukan listing beberapa situs web yang mereka sukai dan menulis beberapa perangkat lunak yang memungkinkan sebuah situs web mendapatkan situs web lain yang akan diletakkan pada web yang biasa disebut portal.Pada saat didirikan tahun 1994, namanya Terry’s Guide To The World Wide Web.ketika mengetahui bahwa situs mereka dikunjungi oleh orang orang 90 negara spontan mengucapkan “Yahoo” dan akhirnya kata itulah yang dipakai untuk nama prusahaan mereka.Sekarang Yahoo merupakan portal terbaik pada tahun 2002.

4.Memulai usah dari pekerjaan
Selain dari pendidikan dapat memulai bisnis dari pekerjaan yang pernah anda lakukan.
Prof. Dr. M. Suyanto, MM ketika akan menyelesaikan tugas akhirnya di FMIPA Fisika UGM,yaitu menghitung sudut fase hamburan atom dengan menggunakan metode numerik, maka Prof. Dr. M. Suyanto, MM bekerja dengan bantuan komputer.Dari pekerjaan tersebut tercipta Pusat Pendidikan Komputer IMKI pada tahun 1988. Prof. Dr. M. Suyanto, MM memulai dari satu komputer apple yang dikredit.Ketika selama 3 bulan tidak dapaat mengangsur kredit komputer apple tersebut,sehinnga komputer tersebut ditarik oleh tempat ia mengkredit.Peluang yang muncul ketika itu adalah Program Profesi Komputer satu tahun yang  pertama di yogyakarta dan awal melepas diri dari kesulitan.Dari IMKI-lah, STMIK AMIKOM Yogyakarta dimulai.Adapun anda dapat memulai bisnis dari pekerjaan yang telah anda lakukan.

5.Melalui usaha dari keahlian
Anda dapat memulai usaha dengan keahlian yang anda miliki, seperti halnya Soichiro Honda.Berawal dari keahlian sebagai mekanik,akhirnya Soichiro Honda meraih sukses.ia mendapatkan pekerjaan pertama di bengkel mobil Tokyo pada 1922 setelah keluar dari sekolah ,ia hanya mengannya pendidikan hanya 15 tahun.Setelah mengalami ombang ambing kesulitan pada suatu saat Soichiro Honda membangun pabrik untuk memenuhi permintaan toyota,tetapi pabrik itu di bom dua kali semasa perang,dan diguncang gempa bumi yang dahsyat.setelah selesai semua itu dari pabrik tersebut menghasilkan produk “The Super Cub”menjadi kenyataan dan meraih sukses.Pada tahun 2003 menjadi perusahaan peringkat 26 yang paling mengagumkan dunia.

6.Memulai usaha dari kejadian
Berbagai macam cara untuk memulai usaha.Salah satu cara untuk memulai usaha adalah melalui suatu kejadian,seperti yang dilakukan oleh Ruth Handler,penemu boneka Barbie.
Demikian juga Elton John,menciptakan lagu “Candle In The Wind II” pada kejadian meninggalnya Lady Diana.Lagu tersebut sukses,karena dalam satu bulan terjual 32 juta keping.Bahkan pada tahun 1997,keping VCD yang berisi Candle In The Wind II,sebagai The Best Product of the year 1997.

7.Memulai usaha dari hobi
Hobi merupakan suatu yang disenangi.Anda dapat memulai usaha dari hobi.Banyak pengusaha sukses memulai dari hobi.Dalam ilmu psychology of succes,dari 200 orang sukses yang diteliti,ternyata 80 persen-nya adalah orang menyukai apa yang dia lakukan.Faktor menyukai menghadirkan energi sukses yang punya daya dorong luar biasa.Seperti Bill Gates,sewaktu masih muda mempunyai hobi komputer dan melakukan-nya dengan tekun,sehingga menjadi usaha yang sukses dan terkaya di dunia.
Selain itu ada Mooryati Soedibyo pendiri dan pemilik PT. Mustika Ratu memulai usaha dari hobi.yang suka meracik jamu perawatan kesehatan untuk diri sendiri.

8.Memulai usaha dari keprihatinan
Banyak cara untuk memulai usaha.Salah satunya dengan melihat perubahan lingkungan yang terjadi.Henri Nestle,seorang ahli kimia Jerman yang berdomisi-li di Vevey Swiss,merasa prihatin dengan tingginya angka mortalitas bayi di akhir abad 19,tepatnya 1866 di Swisss.Pada tahun tersebut beberapa apoteker dilatih untuk mulai mengadakan percobaan dengan berbagai kombinasi susu sumber alternatif gizi bayi untuk para ibu tidak mampu menyusui.Dari situlah peluang usaha tercipta, yaitu dari keprihatinan.Nestle akhirnya menciptakan “Farine Lactee”,sebagai makanan pendamping bayi yang tidak cukup mendapat air susu ibu(ASI), dari makanan tersebut banyak bayi yang terselamatkan jiwanya pada saat itu, yang menjadikan Nestle mendapat kepercayaan masyarakat.

Sekian postingan saya kali ini..terima kasih dan tetap ingat “Tiada suatu kesuksesan tanpa tindakan nyata, dan kesuksesan menjadi otomatis, itu jika Anda menjalankan suatu rencana bagus, sederhana dan dengan sungguh-sungguh mengikutinya.”

1 comment

  1. Hey There. I found your weblog the use of msn. That is a very smartly written article.

    I'll make sure to bookmark it and return to learn extra of your helpful info.
    Thanks for the post. I will certainly return.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.