MENCIPTAKAN VISI, MISI, DAN STRATEGI

MENCIPTAKAN VISI, MISI, DAN STRATEGI



MENCIPTAKAN VISI, MISI, DAN STRATEGI


Selamat malam sobat blogger,pada kesempatan hari ini saya akan membuat posting tentang bisnis.dalam membangun suatu bisnis salah satu langkah yang kita harus lakukan yaitu dengan MENCIPTAKAN VISI, MISI, DAN STRATEGI. Dari buku karangan Prof. Dr. M. Suyanto, MM dengan judul buku SMART IN LEADERSHIP BELAJAR DARI PEMIMPIN TOP DUNIA.
Dari buku karangan Prof. Dr.M. Suyanto, MM dan beliau juga menjabat sebagai ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta  ini ,ada 3 hal yang diperhatikan yaitu:

1.Pemimpin menciptakan Visi
Menurut Drucker,fondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah memikirkan visi dan misi organisasi, mendefinisakannya secara jelas dan nyata.Pemimpin menetapkan tujuan, menentukan prioritas, serta menetapkan dan memonitor standar.sebagai contoh Bill Gates yang mempunyai visi ‘sebuah komputer di atas setiap meja kerja di setiap rumah menjalankan perangkat microsoft’.
Setelah Bill Gates menciptakan MS-DOS kemudian ia membuat sisttem operasi windows seperti halnya rumah menggunakan jendela(window).Hal itu menyebabkan Bill Gates menjadi wirausahawan terkaya di dunia.Memang bukan Bill Gates semata yang berperan dalam menempatkan PC di kantor kantor dan di rumah-rumah di seluruh dunia,tetapi Bill Gates lah yang mempunyai visi untuk melihat apa yang tidak mungkin dan keinginan untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan.
Pemimpin besar yang tidak bergelimpang harta, tidur di tikar yang membekas di tubuhnya,dan bersahabat dengan kemiskinan dan orang orang lemah , tetapi hidupnya penuh makna adalah Muhammad SAW.Ia merupakan pemimpin yang mempunya visi menjadi rahmat seluruh alam.

2.Pemimpin Menciptakan Misi
Misi pemimpin merupakan perwujudan dari visi pemimpin.Kedua merupakan acuan utama dari dari segal perubahan yang terjadi dalam perusahaan.Misi menggambarkan perjalanan dari titik berangkat sebagai keadaan awal ke arah titik pencapaian sebagai keadaan perubahan tersebut.
“Misi kami adalah kepuasan total pelanggan yang merupakan tanggung jawab tertinggi setiap orang.perusahaan adalah sebuah orkes.Banyak unsur terus menerus dicampur untuk memperoleh keserasian.
Pada saat itu,satu bagian mungkin serasi atau mungkin juga tidak serasi.Mungkin ini contoh yang terlalu kasar .Dalam perusahaan kami,masing-masing biasa memikirkan bahwa pusat alam semesta adalah departemen kami.Dalam menjalankan misi kami berpikir tentang hal-hal berharga dengan menekankan bahwa tanggung jawab merupakan hal yang sangat pribadi.Pendapat setiap orang sangat penting karena itu berarti tidak ada seorangpun diantara kami yang ditinggalkan.Ini berarti kami bertanggung jawab secara eksklusif dan langsung karena kami merupakan,” kata Bob Galvin, putra pendiri perusahaan Motorola.Motorola yang berusia 75 tahun lebih tersebut didirikan oleh Paul V. Galvin dan Joseph E Galvin

3.Pemimpin menciptakan strategi
Menurut Webter’s New World Dictionary,definisi strategi adalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar.Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisis paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh.Jack Trout dalam bukunya Trout On Stategy menuliskan bahwa inti dari strategi adalah bertahan hidup,persepsi,menjadi berbeda,persaingan,spesialisasi,kesederehanaan,kepemimpinan,dan realitas.

Oke cukup sekian postingan dari saya mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta.semoga bermanfaat

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.