Cara Mempromosikan Aplikasi di Playstore yang Paling Efektif

Cara Mempromosikan Aplikasi di Playstore yang Paling Efektif

Cara Mempromosikan Aplikasi di Playstore yang  Paling Efektif


Di era digital ini, penggunaan aplikasi sudah semakin meningkat dan tersebar luas. Banyak sekali aplikasi yag begitu memudahkan para pengguna dalam kesehariannya. Seperti misalnya aplikasi yang menyediakan kendaraan, makanan, atau bahkan sampai pekerjaan. Hampir semua smartphone memanfaatkan aplikasi yang di download di playstore. 

Sedangkan bagi developer, tantangan yang akan ditemui para pengembang aplikasi ini setelah membuat aplikasi adalah bagaimana cara agar aplikasi nya dikenal oleh banyak orang. Tentunya hal yang pertama yang kalian harus lakukan adalah dengan memasangnya di app store / playstore. Namun, rasanya itu tidak cukup untuk mempromosikannya. 

Ada banyak yang harus dilakukan oleh para pengembang aplikasi dalam memviralkan aplikasi yang dibuat. Harus ada langkah lain sebagai bentuk usaha selain memasang di playstore lalu membiarkan pengguna menemukan sendiri. Membuat dan mempromosikan ini merupakan dua hal yang seharusnya di lakukan dengan sebaik mungkin oleh para developer dan pengembang aplikasi tadi. 

Contoh beberapa aplikasi yang sukses berkat promosi

Di Indonesia sendiri banyak sekali aplikasi yang bahkan merajai halaman pencarian di app store. Tentunya kesuksesan ini dikarenakan manfaat yang besar dan juga promosi yang melalui berbagai macam media. Tentu impact dari promosi ini membuat aplikasi tersebut mendulang kepopularitasan. Apa saja aplikasi tersebut ?

1. Ruang Guru

Ruang guru nenjadi salah satu aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak. Aplikasi belajar online ini memang menjadi platform belajar yang banyak digunakan oleh para pelajar. Melalui promosi influencer dan juga media, aplikasi ini mendulang traffic yang besar. 

2. Grab, Gojek

Tidak hanya platform untuk belajar saja, salah satu aplikasi yang juga dipakai oleh banyak orang adalah grab dan gojek. Aplikasi yang dipromosikan melalui iklan dan layanan masyarakat ini juga sudah dikenal sebagai salah satu alternatif transportasi. 

3. Shoppee

APlikasi marketplace ini juga sudah mengambil tempat di hati masyarakat indonesia. Kemudahan berbelanja yang ditawarkan membuat aplikasi ini paling banyak diunduh. Promosinya pun tidak tanggung tanggung, media televisi hampir setiap hari menjadikannya iklan loh.

Mengapa promosi aplikasi menjadi penting?

Jika ada pertanyaan seperti itu, pasti jawabanya hanya satu, pastinya aplikasi yang dibuat ingin dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas kan ? untuk itulah penting melakukan promosi. Bayangkan saja, jika aplikasi yang dibuat hnya dipajang di app store tanpa ada yang mengunduhnya. miris kan ?

Nah promosi ini bisa kalian lakukan dengan berbagai cara dan metode, baik itu melalui online maupun offline. Pastinya semua itu kembali kepada para pengembang dalam mengusahakan yang terbaik untuk eksistensi aplikasi yang dibuat. Tentunya semua itu memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. 

Kunci dari kesuksesan promosi adalah dengan ketekunan. Namun dibalik itu yang terpenting adalah memastikan bahwa palikasi yang kita punya benar benar layak digunakan oleh masyarakat luas. Berikan daya tarik dan ciri khas sendiri kepada aplikasi yang dibuat. Sebisa mungkin hindari membuat aplikasi yang sama persis dengan aplikasi sebelumnya. 

Apa Saja Metode Promosi Paling Efektif ?

1. App Store Optimization ( ASO )

Metode yang paling efektif untuk digunakan pertama adalah dengan mengoptimalkan aplikasi di playstore. Tindakan ini merupakan langkah yang ditempuh melalui beberapa teknik agar aplikasi bisa berada di ranking teratas pencarian. Selain itu, dengan menerapkan metode ASO ini bisa mendatangkan banyak traffic ke halaman aplikasi di app store para developer. 

Sama halnya seperti SEO, ASO ini bisa menggiring banyak penggun datang ke halaman aplikasi dan meningkatkan unduhan. ASO ini sendiri dalam penerapanya dilakukan banyak langkah konkrit seperti desain ikon aplikasi, memberi deskripsi tentang aplikasi, memberikan kata kunci, dan terakhir memberikan nama pada aplikasi.

2. Melalui Influencer

Influencer merupakan istilah yang diberikan kepada merka yang bergelut dibidang tertentu dalam sosial media, baik itu sebagai content creator, selebgram, atau semacamnya. Biasanya para pengguna sosial media yang jumlahnya tidak sedikit itu selalu terpengaruh dan cenderung menggunakan apa yang digunakan influencer yang mereka sukai. Jadi, tugas para pengembang aplikasi adalah dengan merekrut beberapa influencer terkenal untuk ikut mempromosikan aplikasi yang telah dibuat melalui akun sosial media yang mereka punya.

3. Memasang iklan web

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa website adalah sesuatu yang paling sering dibuka oleh orang orang. Peluang dari memasang iklan web ini memang sangat menjanjikan, peminatnya lebih besar. untuk para developer yang akan memasarkan aplikasi disini tidaklah sembarangan. APlikasi nya harus dipastikan memiliki nilai guna yang besar untuk masyarakat dan aktivitasnya.

4. Rajin mengikuti event

Menghadiri sebuah event atau bahkan menjadi sponsor akan membuat promosi aplikasi semakin menyebar. Bayangkan jika aplikasi yang dibuat diiklankan dalam suatu event besar yang diikuti oleh banyak orang dari berbagai kalangan, tentunya sangat baik kan ? untuk itu mulailah dengan ikut berpastisipasi dalam kegiatan tertenu.

Jadi, selain membuat aplikasi benar benar berkualitas dan memiliki nilai manfaat yang tinggi, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mempromosikannya. Memang membutuhkan waktu, tenaga dan juga uang yang tidak sedikit.

Namun, itu semua akan terbalas jika promosi dan aplikasi sudah dimanfaatkan dengan baik oleh banyak pihak. Untuk para developer jangan menyerah dalam mempromosikan aplikasi. Ingat tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam waktu semalam saja. Semua itu butuh proses yang tida sebentar.

Nah sekan aritkel kali ini. semoga membantu

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.