Perbedaan Android dan iPhone yang Wajib Kalian Tahu

Perbedaan Android dan iPhone yang Wajib Kalian Tahu

Adroid dan iPhone adalah dua jenis gadget dengan basis pengguna kuat. Beberapa perbedaan antara keduanya cukup jelas. Mulai dari sistem pengenalan wajah dan layanan pelanggan sampai kerentanan malware dan aksesibilits sistem. 

Perbedaan Android dan iPhone yang Wajib Kalian Tahu


Dilansir dari jatimnetwork dari popsugat, inilah beberapa perbedaan antara android dan iPhone. 

1. Interface dan Gaya

Perbedaan yang paling jelas antara iPhone dan android adalah yang pertama kali dilihat adalah gayanya. Antarmuka, aplikasi dan emoji semuanya terlihat berbeda, dengan iPhone umumnya dianggap memiliki estetika yang lebih ramping. 

2. Pengenalan wajah ( facial recognition )

Walaupun android memiliki fitur pengenalan wajah terlebih dahulu, ID wajah iPhone jauh lebih mau dan disebut lebih aman. 

Faktanya, versi android dianggap sebagai fitur bonus daripada komponen kunci, apalagi digunakan sebagai cara utama untuk masuk dan keluar dibandingkan dengan iPhone. 

Karena itu, pengenalan ID melalui wajah yang lebih baik, kemungkinan dapat dimasukan dalam android Q, sistem OS seluler google yang akan datang. 

3. Dukungan dan Aksesibilitas

Berusaha sekuat tenaga, google dan pengembang android lain masih belum kuat untuk bersaing dengan aksesibiltas langsung aple. 

Akan tetapi sementara aple telah lama menetapkan standar untuk lokasi toko, sumber daya, dan desain, Google menang dalam hal dukungan layanan pelanggan onlinem telepon dan obrolan. 

4. Sistem tertutup vs. Sistem terbuka

Perbedaan terbesar antara perangkat android dan iphone cukup jelas adalah jenis sistem mereka. Apple memiliki sistem tertutup, yang berarti pengguna hanya dapat mengunduh perangkat lunak dan aplikasi melalui apple itu sendiri. 

Sedangkan untuk google android, dapat didownload dan dipasangkan dengan berbagai sumber dan aplikasi karena sifatnya yang lebih open source.

5. Keamanan dan malware

Karena sifat OS yang open source, akan lebih banyak kerentanan, walalupun apple dapat juga terinfeksi virus dan malware. Namun kerentanan pada apple ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan android. Hal ini disebebkan karena sifatnya yang open source tadi.

Faktanya, sekitar 88% sistem operasi smartphone adalah android, dengan sekitar 12% di iOS

6. Asisten

Siri meungkin memiliki lebih banyak karakter, google asisten lebih berkuasa dalam hal pemahaman dan penyampaian informasi, pada dasarnya, google asisten lebih baik dalam hal menjawab pertanyaan. 

Tetapi siri tentu memiliki beberapa keunggulan juga, termasuk integrasi tanpa batas anrata asisten dan aplikasi untuk musik dan petunjuk arah. 

7. Merek

Tentu saha, persepsi merek merupakan pembeda penting antara android dan iphone. Karena perbedaan dalam desain, popularitas diseluruh dunia, dan eksklusif, iPhone telah mengembangkan reputasi yang terkait dengan desainer, kreatif, pengusaha, dan selebriti. 

Nah berikut adalah Perbedaan Android dan iPhone yang Wajib Kalian Tahu, semoga membantu

1 comment

  1. Perbedaan yang dimiliki antara iphone dan android memang jauh berbeda, namun dimasing masing os memiliki keunggulan masing-masing. hingga saat ini iphone dan android benarbenar bersaing dalam meluncurkan hp terbarunya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.