Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Android

Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Android

Pasti kita semua akan sebal rasanya jika baterai smartphone kita cepat habis. Kita akan kesusahan untuk menggunakan berbagai macam keperluan, apalagi jika ada urusan yang mendesak. Memiliki baterai yang berkapasitas besar menjadi salah satu modal utama agar baterai tidak cepat habis. Selain itu, cara kalian menggunakannya juga penting, agar baterai bisa lebih hemat dan awet. 

Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Android


Berikut ini kami akan membagikan sedikit tips yang bisa memperpanjang masa pakai baterai. Dengan ini kalian tidak perlu khawatir lagi dengan baterai amrtphone kalian yang cepat habis dan tentunya kalian bisa menggunakan smartphone kalian selama seharian penuh. 

Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Android


1. Hapus Aplikasi yang tidak perlu

Hampir setiap pengguna android pasti menginstall sesuatu yang sering aktif di latar belakang, yang tentunya akan menguras baterai. Tetapi aplikasi tersebut justru jarang atau malah tidak pernah digunakan. 

Jadi, jika kalian memiliki aplikasi yang tidak digunakan lagi, sebaiknya kalian menghapus / menguninstall saja aplikasi tersebut. Daripada tidak bermanfaat, dan malah membuat baterai smartphone kalian akan cepat habis. 

2. Sesuaikan kecerahan layar android

Semakin cerah layar kalian, maka akan semakin besar pula pemakaian baterai pada smartphone kalian. Maka dari itu, ada baiknya kalian mengatur tingkat kecerahan layar android kalian agar tidak terlalu tinggi dalam pemakaian baterai pada android kalian. 

Atau bisa juga kalian mengaktifkan "kecerahan adaptif" yang mana akan menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi lingkungan yang ada pada sekitar kalian. Dengan ini, kalian bisa tetap melihat layar smartphone dengan jelas tanpa mengahiskan banyak baterai. 


3. Isi daya android kalian dengan cara yang benar

Sebuah penelitian menemukan bahwa kalian tidak boleh membiarkan perangkat kalian tetap tersambung ketika terisi penuh. Daripada melakukan pengisian daya yang terlalu lama, kalian bisa memilih untuk mengisi daya android kalian dalam waktu yang singkat saja. Namun, hindari juga mengisi daya smartphone kalian secara terus menerus ya. 

Jangan menunggu sampai kapasitas baterai klaian 0%. Lakukan pengisian daya sebelum baterai kalian benar benar habis. 

4. Nonaktifkan WiFi / Data seluler / Bluetooth

Gunakan WiFi, data seluler atau bluetooth ketika kalian perlu saja. Ketika kalian tidak membutuhkannya, lebih baik langusng dimatikan. Jika koneksi tersebut dibiarkan tetap menyala kaetika tidak digunakan, mereka akan menyedot baterai dengan sangat cepat. 

Cara yang simple ini bisa kalian terapkan dan jadikan kebiasaan agar penggunaan baterai smartphone klaian bisa lebih hemat dari sebelumnya. 

5. Menggunakan mode baterai saver

Tiap smartphone pasti akan memiliki mode ini, yang mana bisa kalian gunakan untuk menghemat daya baterai android kalian. Mode ini akan membantu kalian dalam menghemat baterai android kalian. 

Perlu diperhatikan jugaketika mode ini diaktifkan biasanya sejumlah fitur akan dibatasi dan tidak bisa digunakan. 

6. Wallapaper gelap dan tampilan ringan

Layar dengan tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika kalian menggunakan tampilan lebih gelap. Wallpaper dengan warna gelap akan membantu smartphone kalian dalam menghemat baterai dari layar. 

Gunakan juga widget dan tampilan yang ringan untuk membantu menghemat baterai smartphone. Jangan menggunakan widget yang memiliki animasi dan berat untuk dijalankan.

7. Hindari streaming

Koneksi internet sangat memakan daya baterai jika terus menerus terhubung, Apalagi jika menjalanka streaming, baik itu cideo maupun musik. Gunakan pemutar musik atau video luring untuk menghemat baterai smartphone. APlikasi seperti youtube dan spotify memiliki fitur offline yang membantu.

Demikian Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Android. Semoga bisa membantu baterai android kalian menjadi lebih hemat. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.