Android Kalian Sering Panas ? Berikut Alasan dan Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas

Android Kalian Sering Panas ? Berikut Alasan dan Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas

Ada sejumlah alasan kenapa HP android kita sering terasa cepat panas, berikut cara untuk mengatasi nya.

Alasan dan Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas


Salah satu sebab Android cepat panas atau malah overheating adalah karena ponsel yang digunakan untuk waktu yang cukup lama. Namun, hal ini juga bisa disebebkan karena sejumlah sebab lain. Lalu apa saja yang membuat ponsel terasa cepat panas? dan cara seperti apa untuk mengatasinya ?

Alasan Smartphone cepat panas

Ponsel sering terjadi panas karena ada perangkat keras yang mungkin bermasalah, atau bisa juga dipicu karena software juga. Umumnya, smartphone menjadi panas karena baterai bekerja keras. 

Terdapat 3 bagian android yang akan terasa panas, yaitu, baterai, CPU dan layar ponsel. Nah berikut cara untuk mengatasinya. 
  1. Jika panas berasal dari belakang ponsel, maka itu bisa saja disebabkan karena baterai bekerja terlalu keras. 
  2. Jika panas berasal dari bagian depan ponsel,  kemungkinan itu karena chipset ( CPU dan GPU ) android kalian bekerja keras
  3. Jika panas berasal dari bagian bawah ponsel, kemungkinan masalah terdapat pada sistem pengisian daya pada smartphone kalian
Selain masalah hardware, ponsel yang cepat panas juga bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang aktif. Selain itu, kemungkinan ponsel menjadi cepat panas, biasanya ponsel kalian terkena malware, pernagkat lunak yang berperilaku tidak semestinya, atau karena paparan sinar matahari langsung.

Hal hal tersebut menjadi penyebab yang wajar jika smartphone kalian terasa sedikit panas. Tapi jika panas android kalian terjadi terus menerus, itu menjadi tanda masalah yang lebih serius.

Hangat atau overheat

Terdapat batas suhu untuk ponsel disebut sekedar hangat atau sudah terlalu panas. Rata rata ponsel dalam kondisi normal antara 37 sampai dengan 43 derajat celcius. Jadi, jika ponsel sudah ada diatas suhu normal, maka android kalian bisa dibilang sudah overheat alias terlalu panas.

Merupakan hal yang normal jika ponsel kalian terasa sedikit panas. Suhu ponsel kalian akan meningkat setiap kali kalian menggunakan dalam waktu yang lama, menjalankan aplikasi yang memakan daya, atau menggunakan lebih banyak aplikasi dari biasanya. Smartphone menjadi terlalu panas, umunya dapat terjadi dalam situasi berikut :

1. Bermain game dalam waktu yang lama

Smartphone memiliki banyak sekali game yang bisa dimainkan, namun aplikasi game berintensitas tinggi menggunakan inti pemrosesan pusat ponsel kalian selain unit pemrosesan grafis ( GPU ) yang dapat membuat ponsel kalian memanas.

2. Streaming konten

Menonton youtube atau netflix selama berjam jam juga bisa menjadi penyebab ponsel kalian akan cepat panas. Straming konten online mewajibkan ponsel kalian untuk memuat data video dan menjaga layar tetap aktif dalam waktu yang lama

3. Pengaturan tida optimal

Apakah tingkat kecerahan layar kalian selalu pada mode maksimal ? apakah kalian menggunakan wallpaper animasi dengan widget dimana mana ? sebagai gantinya. Cobalah latar belakang statis dan biarkan smartphone kalian secara otomatis dalam menyesuaikan kecerahan layar, agar sesuai dengan lingkungan anda. Ini akan meringankan beban penggunaan CPU pada android kalian, dan tentunya tetap menjaga suhu dalam temperatur yang rendah

4. Aplikasi usang

Jika aplikasi memiliki bug atau masalah lain, itu bisa menjadi penyebab peningkatan asuhu pada ponsel, karena menggunakan prosesor perangkat android kalian secara berlebihan. Menjaga agar aplikasi dan sistem opersi terus diperbarui merupakan hal yang sangat penting, karena pembaruan aplikasi ini sering menyertakan perbaikan bug. Setelah kalian menerapkan pembaruan, ponsel akan memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih jarang kepanasan.

5. Update software

Telepon mungkin terlalu panas itu bisa saja terjadi karena ada bug di OS, yang memerlukan perbaikan melalui updating software, yang dapat memerlukan peningkatan daya. 

6. Isi daya dengan benar

Gunakan charger yang berkualitas untuk mengisi daya ponsel dan untuk menjaga baterai ponsel tidak diisi berlebihan atau menghasilkan panas berlebihan ketika diisi. Selain itu, ketika mengisi daya ponsel, pastikan ditaruh ditempat yang rata.  Jangan menaruh di sofa atau tempat tidur. KArena dikhawatirkan permukaan yang tidak rata ini akan menyebabkan panas ponsel ketika mengisi daya malah terperangkap.

Selain itu, kabel charger yang bermaslah juga bisa menyebabkan panas. Jika panas terasa di sekitar port kabel, maka sebaiknya ganti dengan kabel pengisi daya yang baru, seperti dikutip di avast.

Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas


1. Gunakan lebih sedikit daya

Mode penghemat baterai diponsel bisa mengurangi jumlah daya yang digunakan oleh ponsel dan juga membantu menghemat masa pakai baterai.

2. Install peranglat linak pembersih sampah

File sampah menambah pekerjaan ekstra untuk prosesor dan baterai ponsel

3. MAtikan aplikasi yang tidak dipakai

Jika ponsel kalian memanas setelah kalian mengaktifkan aplikasi tertentu, maka matikan aplikasi dengan terlebih dahulu untuk mengamankannya. 

4. Lepas case

Case atau penutup telepon dapat bertindak sebagai insuliasi atau pengekang panas, yang mana bisa menyebabkan penumpukan panas. Lepaskan case untuk membiarkan ponsel agar cepat dingin. 

5. Hindari sinar matahari langsung

Jangan tinggalkan hp dilokasi yang terpapar oleh sinar matahari secara lsngsung. Karena hal tersebut akan memanggang ponsel kalian. Jangan lupa mengecas ponsel di area dekat dengan cendela. Intinya jauhka perangkat android kalian dari sinar matahari secara langsung

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.