Rumah Kalian Sering Dimasuki Ular ? Berikut Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Rumah Kalian Sering Dimasuki Ular ? Berikut Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah


Siapa sih yang nggak bergidik kalau rumah atau tempat tinggal kalian didatangi sama ular liar? Walaupun ular tersebut nggak berbisa, atau nggak mengganggu penghuni rumah, tapi kan tetap saja, ular dianggap sebagai hewan yang berbahaya oleh sebagaian orang. 

Ular hidup di alam bebas seperti di pekarangan atau dekat sungai, tapi dalam kondisi tertentu, ular akan mampir dan masuk ke rumah untuk mencari tempat berteduh, mencari mangsa, atau bahkan nyasar tanpa disengaja. 

Demi kenyamanan kalian dan keluarga, apalagi jika rumah kalian berada di dekat pekarangan, kebun, hutan atau sungai, terapkan cara mencegah ular masuk ke rumah dan halaman berikut ini. 

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah


1. Pastikan rumah bersih dan rapi dari tumpukan batu, kayu atau barang bekas

Ular suka dengan kondisi yang dingin dan lembab seperti pada tumpukan batu dan tumpukan kayu atau bahkan barang bekas yang mungkin ada di rumah kalian. Pstikan rumah kalian selalu bersih dari sampah, dan buatlah lingkungan rumah kalian selalu kering. 

Singkirkan barang barang yang nggak terpakai untuk meminimalisir tumpukan yang bisa jadi itu sebagai sasaran tempat peristirahatan ular liar, terutama yang berada pada pojok pojok rumah.

2. Tutup semua lubang dan celah rumah 

Lubah atau celah merupakan jalur yang sangat disukai oleh ular, karena badannya yang flexibel. Pastikan untuk menutup semua lubang dan celah yang ada di dinding atau dasar lantai pada rumah kalian. 

Seperti menutup saluran air dengan saringan dan menambal celah celah rumah yang rusak agar ular nggak bisa menerobos masuk ke dalam rumah. 

3. Pangkas semak belukar, rumput dan daun yang tebal

Jika kalian memiliki pekarangan pastikan selalu memangkas dan merapikan tanaman yang tinggi dan bergerombol. Tempat tersebut sangat disukai oleh ular. 

4. Bereskan masalah tikus pada rumah kalian

Tikus yang sering berkeliaran di rumah kalian juga mengundang untuk datangnya ular loh. Memang sulit sih mencegah tikus nggak masuk ke dalam rumah,  tapi kalian bisa mengupayakan dengan cara menjaga rumah agar tetap bersih dan memasang jebakan tikus untuk mengurangi populasi tikus pada rumah kalian. 

5. Gunakan wewangian atau cairan bawang putih

Ular sangat sensitif dan nggak suka dengan aroma yang menyengat. Lidahnya yang juga berfungsi sebagai sensor akan menganggap bau yang menyengat sebagai predator. 

Selalu gunakan pewangi di ruangan rumah kalian untuk mencegah ular masuk ya. Atau bisa kalian menggunakan penyemprotan ekstrak bawang putih di sekitar rumah kalian , karena bau yang menyengat dari bawang putih bisa menjauhkan ular untuk nggak mampir ke rumah. 

Ular bisa menjadi hewan yang tenang dan nggak berbahaya, tapi ular juga bisa menjadi sangat berbahaya jika mereka terancam dan terusik. Jadi jangan pernah mencoba menangani ular sendiri walau kalian menemukannya dalam atau sekitar rumah. Jangan juga membunuh ular, karena pada dasarnya, ular juga menjaga ekosistem lingkungan. Jika memungkinkan, mintalah bantuan orang yang ahli untuk menangani ular.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.