Daftar Minuman yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Daftar Minuman yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kita semua pasti tidak ingin sakit. Sebisa mungkin untuk menjaga diri dari berbagai penyakit, misal saja dari penyakit yang disebabkan dari tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain dengan menjaga pola makan, kalian wajib tahu aneka kebiasaan baik yang bisa menurunkan kadar kolesterol kalian. Yuk coba

Daftar Minuman yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi


Ketika mendengar kata kolesterol, kita pasti berfikir sebuah penyakit yang berbahaya. Kolesterol merupakan sejenis lipid molekul lemak dalam plasma darah. Jika kadar kolesterol tinggi, maka ada banyak bahaya yang mengancam. Kolesterol bisa meningkat ketika kita jarang olahraga dan bergerak aktif. Kadar kolesterol dalam tubuh kita bisa semakin tinggi apabila kita sering mengkonsumsi aneka makanan dan minuman dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Jika hal ini dibiarkan saja, maka kadar kolesterol darah bisa membuat kalian mengalami berbagai masalah kesehatan.


Ketika kolesterol kita tinggi akan muncul berbagai penyakit misal saja, penyakit peripheral arterial desease. Ketika pembuluh darah arteri ditungkai atau lengan tersumbat, maka bisa saja terjadi nyeri , kram, mati rasa, dan lainnya ketika tubuh kita terllau aktif bergerak. Hal ini juga membuat kita mudah kesemutan, luka sulit sembuh dan saat diraba terasa dingin. 


Terakhir, kolesterol tinggi juga bisa membuat kalian mengalami penyakit batu empedu. Kolesterol memang dibutuhkan untuk memproduksi cairan empedu untuk mencerna lemak dan menyerap nutrisi makanan. Namun, jika kadar kolesterol ini terlalu tinggi, maka bisa saja menyebabkan terbentuknya batu empedu.

Gaya Hidup yang dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Berolahraga rutin

Kita semua wajib berolahraga rutin agar bisa terhindar dari tinggi nya kadar kolesterol. Olahraga rutin tidak hanya bisa menurunkan berat badan kalian bisa ideal. Olahraga juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik ddan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cukup lakukan olahraga ringan selama 30 menit perhari selama minimal 4 kali seminggu. 

Kalian bisa melakukan olahraga seperti jalan, berlari , berenang, yoga, zumba, dan lain sebagainya. Lakukan olahraga yang ringan dan membuat kalian bahagia salam melakukannya. 

2. Kurangi makanan berlemak

Jangan lupa juga untuk mengurangi aneka makanan berlemak. Perhatikan jumlah lemak yang kalian konsumsi. Bukan hanya makanan saja, tapi juga minuman juga harus kalian jaga. Hndari makanan dan minuman yang kaya dengan lemak jenuh dan lemak trans. 

3. Jaga berat badan

Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Namun kadang terasa sangat menyulitkan karena kebiasaan hdup kita yang kurang sehat, entah karena makanan yang kurang bergizi, kurang olahraga dan lain sebagainya. Jika kalian ingin terhindar dari kolesterol tinggi maka kalian wajib menjaga berat badan. Kondisi berat badan yang berlebihan bisa saja berkontribusi dalam tingginya kadar kolesterol kalian. 

4. Batasi rokok dan alkohol

Bagi perokok, sebaiknya kalian mulai dengan membatasi jumlah rokok yang kalian konsumsi. Batasi juga alkohol yang kalian minum. Merokok dan alkohol bisa menurunkan kadar kolesterol baik dan bisa merusak dinding pembuluh darah. Kalau ingin hidup sehat, maka tidak ada salhnya untuk mengurangi dan sebisa mungkin menghindari rokok dan alkohol. 


Daftar Minuman yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

1. Teh hijau

Teh hijau sudah lama sekali dikenal dengan manfaatnya yang baik. Teh hijau  ini bisa dibilang sebagai minuman herbal yang kaya dengan karekin. Zat tersebut bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah. Dalam teh hijau ada juga kafein yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. 

Kolesterol baik ini bisa mengangkut kolesterol jahat dalam darah ke hati dan kemudian memecahnya menjadi limbah agar lebih mudah dibuang dari tubuh.

2. Susu kedelai

Susu kedelai juga merupakan minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol tingi dalam darah. minuman ini kaya dengan isoflavon yang mana mampu menurunkan kolsterol dengan cepat. 

Susu kedelai kaya dengan serat larut, contohnya adalah beta glucan dan inulin. KEduanya serat larut yang bisa membuat sistem pencernaan bekerja dengan optimal. Selain itu, tentu saja dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga kolesterol terjaga seimbang. 

3. Jus jeruk

Minuman yang satu ini selain meredakan dahaga juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Kaya dengan vitamin C, jus jeruk juga kaya dengan fitosterol yang struktunya mirip dengan kolesterol hewan. Kolesterol tersebut bisa mambantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

4. Jus buah beri

Jus buah beri, khusunya raspberry sangat ampuh untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. dalam buah beri berian kaya dengan zat polifenol yang mana merupakan zat antioksidan alami yang baik untuk kesehatan. 

5. Susu gandum

Oat dikenal dengan makanan pokok yang kaya dengan serat. Pada oat juga terkandung beta glukan, bahan tersebut bisa membuat zat dalam usus berinteraksi dengan garam empedu. Interaksi ini mampu mengurangi peyerapan kolesterol. 

6. Jus delima

Jus delima merupakan salah satu jus buah segar yang bisa kalian konsumsi, jus ini banyak mafaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan kolesterol dengan baik. Delima juga kaya dengan antioksidan bernama polifenol yan bisa dijumpai pada buah seperti apel. 

Kadar polifenol dalam delima ini lebih tinggi daripada buah lainnya. bahkan antioksidan yang terkandung dalam buah delima ini tiga kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan teh hijau. Antioksidan ini bisa memberikan perlindungan jantungm dan tentunya juga bisa menueuntkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pstikan saja jus delima yang kalian konsumsi tidak memiliki tambahan gula.

7. Jus alpukat

Jus alpukat merupakan rekomendasi minuman yang bisa membantu menurunkan kadara kolesterol. Buah ini kaya dengan sumber lemak tak jenuh. Buah ini juga baik jika dikonsumsi secara langsung.

Alpukat cocok dikonsumsi mereka yang ingin meningkatkan kesegaran jantung. Buah ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cepat. Buatlah jus namuan, jangan menambahkan pemanis agar kamu bisa mendapatkan manfaat baik dengan lebih maksimal.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.