Rekomendasi Makanan yang Lezat Berguna Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami dan Menyehatkan

Rekomendasi Makanan yang Lezat Berguna Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami dan Menyehatkan

Makanan yang Lezat Berguna Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami


Bagi sebagian orang, menaikan berat badan sama sulitnya dengan menurunkannya. Jika kalian sudah mencoba berbagai cara namun belum berhasil juga, mungkin ada yang salah dari pilihan makanan yang kalian konsumsi. 

Makanan dengan tinggi lemak dan gula seperti gorengan, soda, dan makanan tinggi kalori lainnya memang bisa menambahkan berat badan, namun jenis makanan tersebut juga akan meningkatkan resiko munculnya penyakit sistemik seperti diabetes, jantung, sampai dengan darah tinggi.

Bagi kalian yang mau menambah berat badan ideal, atau nafsu makan yang menurun. Kalian bisa mencoba beberapa cara alami seperti perbanyak makan, kurangi minum sebelum makan, minum susu dan sebagainya. Tapi, kalian juga bisa menambahkan beberapa jenis makanan berikut ini yang berguna untuk meningkatkan berat badan secara alami. Apa saja itu ? Dikutip dari Medical News Today, senin (17/8/2021) Berikut adalah bahakn makanan yang bisa meningkatkan berat badan. 

Makanan yang Berguna Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami dan Menyehatkan

1. Susu

Kita semua pasti tahu jika susu memiliki kandungan lemak, karbohidrat dan protein. Susu juga bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk dengan kalsium. Kandungan protein yang ada pada susu menjadikannya pilihan bagi orang yang ingin menaikan berat badan. Satu studi menemukan jika setelah latihan ketahanan, minum susu skim bisa membantu meningkatkan masa otot yang lebih efektif dari pada produk berbasis kedelai loh. 

2. Nasi

Kalian tahu nggak, jika sesondok nasi itu mengandung sekitar 200 kalori, dan nasi juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak oang yang merasa mudah dalam memasukan nasi ke dalam makanan yang mengandung protein dan sayuran. 

3. Daging merah

Mengkonsumsi daging merah sudah terbukti dapat membantu membangun otot dan menambah berat badan, Steak mengandung leusin dan creatine, nutrisi tersebut bisa memainkan peran penting dalam meningkatkan masa otot. Steak dan daging emrah lainnya juga mengandung protein dan lemak yang bisa membantu kalian dalam menaikan berat badan.

4. Kacang dan selai kacang

Mengkonsumsi kacang secara teratur ternyata bisa membantu seseorang dalam meningkatkan berat badan juga loh, dan cara ini juga termasuk cara yang aman. Karena kacang merupakan camilan yang enak dan dapat disandingkan ke banyak makanan. Termasuk salad, kacang panggang mentah atau kering juga memiliki manfaat kesehatan banyak juga ya. 

5. Roti gandum

Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks, yang bisa meningkatkan berat badan kalian.

6. Makanan yang mengandung pati

Pati juga bisa membantu dalam meningkatkan pertumbuhan otot dan penambahan berat badan loh. Beberapa makanan yang kaya dengan pati meliputi kentang, jagung, biji gandum, kacang polong, labu dll.

7. Ikan salmon

Enam ons salom bisa mengandung sekitar 240 kalori, dan ikan salmon juga kaya dengan lemak sehat, yang bisa menjadi pilihan kalian yang ingin menambahkan berat badan. Ikan salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk dengan omega-3 dan protein. 

8. Telur

Telur merupakan makanan pembentuk otot yang paling menyehatkan, makanan tersebut merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan lemak sehat yang baik demi kesehatan tubuh. Tidak heran jika didapuk sebagai makanan untuk meningkatkan berat badan yang aman dan efektif.

Namun, jangan hanya memilih makan telur putih jika ingin meningkatkan berat bada. Konsumsi telur secara utuh agar nutrisi bisa kalian dapatkan secara maksimal.

9. Yogurt

Pilih yogurt yang menganudng lemak ( full fat yoogurt ) jika kalian ingin menggunakannya sebagai cara untuk menambah berat badan. Selain protein, ada lemak dan karbohidrat dalam kandungan yogurt. Makanan ini juga meudah jika di sandingkan dengan asupan harian kalian. 

10. Pasta

Pasta juga bisa menjadi pilihan kalian untuk menambah berat badan, karena pasta memiliki sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Lebih sehat lagi, pilihlah pasta dengan kandungan gandum utuh.


Selain beberapa makanan diatas, ada beberapa bahan lainnya yang bisa kalian konsumsi untuk meningkatkan berat adan seperti : Coklat hitam, buah yang dikeringkan, aplpukat, dan keju

Tips menambah berat badan yang sehat

Untuk bisa menambah berat bdan sebenarnya caranya hanya satu, yaitu dengan menambah asupan kalori yang lebih banyak dari biasanya. Cara paling mudah untuk menambah asupan kalori adalah dengan cara mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat. Selain itu, menambah kaloru dar mengkonsumsi protein dan lemak sehat pun juga dapat kalian lakukan. 

Silakan mencoba untuk mengahabiskan 2500 kalori dalam sehari. Kebanyakan orang akan mengalami peningkatan berat badan setelah mengkonsumsi kalori dalam jumlah tersebut. Perhatikan juga keseimbangan menu makanan pilihan kalian. Jangan hanya fokus pada kalori, tapi kalian juga harus menambahkan serat serta nutrisi lain. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.