Susah hidup Sehat ? Tips Mudah Memulai Hidup Sehat

Susah hidup Sehat ? Tips Mudah Memulai Hidup Sehat

Sebagian orang pasti merasa jika olah raga adalah hal yang sangat penting, karena selain bagus untuk tubuh kita, olah raga juga bisa membangun "me time" dengan diri kita sendiri. Ketika olah raga, kita akan di tuntun untuk fokus dan melakukan gerakan dengan benar supaya hasilnya maksimal. Nah olahraga kan ada banyak sekali jenisnya, lalu apa ya yang kalian suka?

Selain itu, buat sebagian kaum wanita dengan berolahraga mereka berharap menjadikan tubuh mereka indah dan body goals, maka dari itu di masa pandemi seperti ini, orang orang akan berlomba dalam mencari jenis olah raga yang cocok, karena banyak sekali waktu untuk dirumah kan. Terlepas dari itu, kita harus selalu konsisten dalam berolah-raga. Karena dengan konsisten ini merupakan kuncinya. Jadi jangan hanya semangat di awal saja ya. 

Olah raga ini tdak hanya menambah aktivitas sehari-hari kita, bagus juga untuk merubah pola hidup kita. Dalam melakukan olah raga kita juga tidak di wajibkan untuk setiap hari kok, bisa seminggu sekali atau bisa menyesuaikan dengan jadwal kita. Biasanya hal yang paling susah itu adalah memulainya dan menjaga itu agar konsisten. Untuk memulai hidup sehat itu perlu motivasi tinggi agar kita selalu nyaman dalam melakukannya. 

Tips Mudah Memulai Hidup Sehat


Tips Mudah Memulai Hidup Sehat


1. Cari olahraga yang buat kalian nyaman

Ketika awal kita akan memulai hidup sehat, kita tidak salah kok mencoba semua olahraga. Bukan karena mau upload foto di sosmed ya, tapi untuk mencari olahraga apa yang sebenarnya cocok dan seru untuk kita. Kalian pasti rau kan, kalau kita melalukan hal yang kita suka itu gak bakalan menjadi beban bagi kita jika ingin melakukannya, dan mungkin kita akan menjadi ketagihan dalam melakukannya. 

Nah rekomendasi dari mimin nih, coba kalian lakuin olahraga seperti jogging, yoga, boxing, pilates seperti itu. Semuanya cukup mudah untuk dilakukan kan? dan kalau mau ngelakuin itu tidak harus memerlukan tempat yang khusus juga. Nah selain itu banyak juga tempat fitnes yang sudah membuka kelas offline dengan protokol kesehatan.  

2. Jangan langsung merubah pola makan secara ekstrim

Hal yang menurut mimin salah itu jika udah ngecut makanan sehari-hari dan langsung mengurangi porsi makanan dan mungkin sampai melakukan ganti menu. Ini bisa backfire loh.

Kenapa saya katakan bisa backfire ? well, berat badan dan perubahan massa otot bisa menjadi lebih cepat, tapi konsistensi kita juga menjadi cepat hilang! mungkin ini tidak berlaku untuk semua orang, tapi banyak juga mereka disana, setelah berat badan sudah turun, jadi balik lagi ke pola makan sebelumnya. Terus akan lebih mudah naik berat badannya. Duh, jangan sampai ya, pelan pelan saja. Bisa dari ngurangin makanan gorengan, makan malam diubah menjadi makan sore, dan ngurangin ngemil, terutama di malam hari. 

3. Kurangi konsumsi gula

Tips Mudah Memulai Hidup Sehat


Nah buat kalian yang sudah candu banget sama kopi nih, bisa mulai ubah untuk pesanan kopinya, jangan terlalu banyak gula atau sirup. Pelan pelan cari yang lebih ringan dan kurangin gulanya. Nanti jika sudah terbiasa dengan yang pahit, bisa deh untuk mencoba minuman kopi seperti americano atau cold brew. Sipaya kebutuhan kopi kalian tetap terpenuhi, dan badan kalian gak semakin lebar. Tapi americao atau cold brewnya jangan kebanyakan gula juga ya, kalau bisa jangan memakai gula. Kalau mimin sendiri sih lebih suka tanpa gula biasanya.

Nah jika kalian selesai makan, terus ngemil manis, coba untuk merubah mindsetnya. Mungkin di awal kalian bisa mengurangi nya dikit, baru kalau kalian sudah terbiasa, gak makan manis setelah makan yang asin, dilepas untuk kebiasannya itunya ya.

4. Konsumsi buah dan sayur

Apakah kalian belum mementingkan buah dan sayur dalam keseharian kalian ? ditambah lagi kalian sering makan makanan junkfood atau fastfood. Lebih baik perlahan untuk mengganti ke makanan yang lebih sehat deh, dan jangan lupa untuk menambah porsi makan buah dan sayur. Gampangnya, camilan kalian, bisa diganti dengan buah buahan, kan sama sama manis juga. 

Untuk sayuran, coba kalian masak atau makan sayur yang kalian sukai dulu, terus eksperimen tentang resep masakan sayuran agar lebih lezat. 

Nah kira kira ada lagi gak tips memulai hidup sehat ini? kalau ada, kalian bisa share di kolom kementar di bawah ya. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.